Sebuah Catatan Kecil

We are agree that Knowledge is FREE…

56% Remaja Melakukan Hubungan Sex di Luar Nikah

Posted by Heri Setiawan pada Agustus 15, 2008

Seperti biasanya, pagi hari menyaksikan siaran televisi yang baru saya sukai… tvone… acara Apa Kabar Indonesia pagi… hari ini 15/08/08 bahas beberapa diskusi antara lain ttg survey remaja 56% telah melakukan hubungan sex di luar nikah, ttg Supriyadi, pemimpin pemberontakan PETA yang muncul di media masa, tentang baju koruptor yang digagas KPK dan beberapa info lainnya…

Saya cukup tertarik dengan bahasan masalah remaja kita yang berdasarkan survey ada 56% udah melakukan hubungan sex diluar nikah, dengan kata lain sedikitnya 28 wanitanya udah tidak virgin lagi… Penasaran sama beritanya, caya coba searching di Internet, dan akhirnya ketemu juga di Tribun
Sangat memprihatinkan… harus jeli kalo nyari pasangan hidup.. :)
Berikut beritanya:

BANDUNG, TRIBUN – Sedikitnya 56 persen remaja Kota Bandung pada rentang usia 15 hingga 24 tahun sudah pernah berhubungan seks atau making love (ML) di luar nikah. Hubungan seks dilakukan dengan pacar, teman, dan pekerja seks komersial.

Hal itu terungkap dalam workshop hasil baseline survei pengetahuan dan perilaku remaja Kota Bandung oleh 25 Messenger Jawa Barat di Wisma PKBI Jabar, Jalan Soekarno Hatta, Selasa (12/8).

Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan 25 Messenger Jabar Kristian Widya Wicaksono mengatakan, survei yang dilakukan rentang waktu bulan Juni 2008 ini melibatkan rata-rata 100 responden remaja usia 15-24 tahun yang ada di setiap kecamatan di Kota Bandung.

Survei dibagi menjadi dua kategori rentang usia di dua jenis kelamin, yaitu laki-laki dan perempuan usia 15-19 tahun dan rentang usia 20-24 tahun. Survei juga mendapat data adanya hubungan sesama jenis dari responden.

“Kita juga melakukan survei dengan melibatkan responden yang biasa nongkrong di tempat-tempat seperti pusat perbelanjaan dan beberapa tempat nongkrong yang dianggap rawan,” kata Kristian.
Dari hasil survei tersebut, Kristian mengatakan sebanyak 56 persen remaja pada rentang usia tersebut pernah melakukan hubungan seksual.

Dari jumlah tersebut, 30 persen menyatakan hubungan dilakukan dengan pacar sendiri, 11 persen dengan pekerja seks komersial (PSK), dan 3 persen dengan seseorang atau teman yang baru dikenalnya (one night standing).

“Dari hasil ini bisa disimpulkan kondisi remaja di Kota Bandung saat ini bisa dikatakan hampir mendekati kondisi parah dalam berperilaku,” katanya.
Menurut Kristian, perilaku remaja tersebut ternyata tidak dipengaruhi tingkat strata sosial. Bukan hanya remaja dari kalangan kelas sosial rendah yang pernah melakukan hubungan seks, tapi di tingkat strata yang lebih tinggi, perilaku semacam ini juga terjadi.

Bahkan tingkat pendidikan juga tidak memengaruhi prilaku mereka berhubungan seks. Ini bisa diketahui dari hasil survei pengetahuan remaja mengenai HIV AIDS dan penularannya. Ternyata, pendidikan tinggi tidak menjamin pengetahuan mereka tentang HIV AIDS lebih baik dibanding mereka yang berpendidikan rendah.

Hanya saja, hasil survei menunjukkan tingkat pendidikan rendah berpengaruh terhadap perilaku menonton film porno. “Ada hasil signifikan, semakin rendah pendidikan, semakin banyak yang menonton film porno. Ini karena rasa ingin tahu mereka,” lanjutnya.

Kristian mengatakan, perilaku remaja yang demikian salah satunya memang paling banyak dipengaruhi oleh tontonan film porno. Selain itu, mereka juga mengetahuinya dari internet. Dan saat ini yang sedang tren adalah memperoleh gambar porno melalui telepon seluler.

Yang cukup mengejutkan, mayoritas remaja/pemuda di rentang usia 15-24, baik laki-laki maupun perempuannya, pernah menonton film porno. Mayoritas lewat VCD/DVD, atau diperoleh dari internet, atau kedua-duanya.

Pengaruh lain dalam perilaku seksual remaja antara lain seringnya orang tua bertengkar serta perceraian orang tua. Dari hasil survei, remaja yang orang tuanya kerap bertengkar membuat mereka mengalihkan kejenuhan tersebut dengan berperilaku menyimpang dengan melakukan hubungan seks.

“Bahkan ada responden yang berhubungan seks dengan PSK sebagai bentuk kompensasi psikologis menghadapi pertengkaran orang tua atau perceraian orang tuanya,” ujar Kristian.

Hasil survei lain menunjukkan bahwa remaja yang tidak aktif dalam kegiatan ekstrakulikuler dan keagamaan sangat memengaruhi perilaku seksual mereka.
Diketahui bahwa mereka yang tidak aktif cukup banyak yang melakukan hubungan seks karena tidak adanya kegiatan lain dan sebaliknya. Namun yang mengejutkan, ada beberapa responden yang aktif dalam kegiatan keagamaan tapi tetap melakukan hubungan seks bahkan dengan PSK.

Dengan perilaku yang demikian, ujar Kristian, 40 persen responden ternyata bergonta-ganti pasangan. Ini menunjukkan ada kecenderungan peningkatan tertular HIV postitif. “Dari sini ada potensi kasus HIV/AIDS bisa meningkat bila tidak segera dicari solusi,” katanya.

Ketua Granat Kota Bandung Edi Herwansyah mengatakan, narkoba juga memengaruhi perilaku seks remaja. Dari hasil penelitian, narkoba seperti minuman keras, ganja, dan sabu-sabu memicu mereka melakukan hubungan seks.

“Saat ini trennya ganja dan sabu. Bila remaja lebih terbuka saat menggunakan narkoba, orang dewasa cenderung melakukannya di tempat tertentu agar orang lain tidak tahu. Dan di Bandung pengguna narkoba juga cenderung meningkat,” katanya. (tif)

45 Tanggapan to “56% Remaja Melakukan Hubungan Sex di Luar Nikah”

  1. eko supriyanto said

    memang risih bila mendengar remaja berperilaku menyimpang, oleh karena itu perlu peran kita semua untuk meminimalisir perilaku tersebut, jangan memberi peluang kearah amoral. ok

  2. farieh said

    na’udzubillah. moga tidak terjadi pada dirikita dan anak cucu keturunan kita. amiin.

    ironi sekali memang.

  3. ndro said

    sebenarnya peran keluarga yang harusnya sangat dominan mencegah itu.

  4. yayan_re3 said

    hiks…hiks…
    gw juga pernah punya pcr yg sdh di “habisi” sm mantan pcrnya terdahulu.
    sedih hati gw liat tu cwe, cantik2 kok dah ga per****.
    masalahnya mereka punya rmh kos, jadi waktu senggang kul pergi kesana ML (huwaaaa!!)
    dalam kurun waktu hampir 1 tahun, gituan melulu kerjanya, ga tau klo bulan puasa??
    ortunya dah pisah selama 2 thn, anak pak haji lagi. IRONI BGT!!!!

    ne jaman, jaman edan! pinggin rasanya mati, mendengar semua ceritanya
    gw jadi kasihan…..cwe2 Indonesia. klo cwe bule biariiiin…..emang udh dari sononye!!!

    ya Allah, jauhilah anak cucu kami dari godaan setan yang terkutuk. dan limpahkanlah mereka dengan rahmat dan hidayahmu. Amin….

    • eva said

      AMIEN………..Moga2 qta tdak terjerumus

      • uLi' adjah said

        hub. seks diluar nikah bisa dihindari kok….
        perbanyak pengetahuan bahaya seks bebas…
        kuatkan pelajaran moral dan tanamkan prinsip yang kuat juga untuk hidup kita…
        cari info tentang kesehatan reproduksi remaja…jangan info kenakalan remaja aja…

  5. yayan_re3 said

    ahhhh……
    gw benci tuh pacarnya…
    udah cantik, cwonya?? ah jelek bgt. tukang ojek man!!!
    sumpah ga bohong, klo lu2 pada liat, pasti lu ga percaya 100%

  6. yayan_re3 said

    apa sih yg ada dipikiran kita??
    tiap hari nonton sinetron berbau “pacaran” yg meracuni pikiran anak SD, SMP, SMA bahkan Mahasiswa.
    nonton film barat, ada adegan ciu***** n adegan ML.
    kenapa mesti Undang2 Pornografi dilarang? bukankah itu baik buat moral kita.
    percuma masuk Masjid sholat trz pas keluar masjid liat cwe2 pada pamer2 da** n ping***, ane tobat!
    apa ini yg dibilang Dian Sastro pencekalan seni? ntr diper**** baru tau rasa tu artis.
    dengar tuh lagunya Jamrud – Putri.mp3, dengarin baik2 apa katanya.
    ga sadar apa ne jaman udah mau ketemu buntutnya, nyadar donk Dewi Persik!!!
    gw jg manusia biasa man, bisa sj salah, tp gw trz berupaya untuk tidak ikut gaya orang kafir kayak Bunga C. Lestari. So Alim lu…

    Allhamdulliah gw blm pernah ML, syukur bgt wkt SMA takut nyoba2. ga seperti tmn2.
    sering2 dengar kajian agama, baca fadilah amal, hadist, arti Alquran, Tabliq, Salafi atau yang semacamnya, tapi jgn terpecah belah n mari kita satukan perbedaan masing2.

    gw pengen cerita bnyk sama2 org2 yg berpikiran sama seperti sy. sy juga dulu perokok, peminum, penjahat wanita, preman, tapi Allah telah menunjukan sy Hidayahnya, dgn bgt perlahan-lahan sy mulai ubah cara hidup saya yang dulu.

  7. [...] 56% Remaja Melakukan Hubungan Sex di Luar Nikah Ditulis pada Oktober 22, 2008 oleh oyonghairudin 56% Remaja Melakukan Hubungan Sex di Luar Nikah [...]

  8. rendi said

    wah kalau bandung..mah jangan heran nyak….edones semua masyarakat bandung…????sulit sekali cari perwan di kota bandung..????kenytaan bener khan..?????bandung theaaaaaaaaaaaa!!

  9. neira sintya said

    justru itu….kita harus biasakan begitu….kata orang kan indonesia kekurangan penduduk…..makanya yuk….bersama sama buat penduduk yang buanyak amiiiieeenn

  10. yana said

    Dlu waktu sbelum gw nikah,nyokap slalu bilang..BOLEH AJA PUNYA TEMEN BANYAK,TP JANGAN SAMPE DEH NGLAKUIN YG SATU ITU..NTAR HARGA DIRI SBAGAI CWE JD JATOH BGT..gt..dan emang bner..buktiny ada tmen2 yg MBA,Eh jadiny kluarga cwokny jd mandengny sbelah mata gt..memang keluarga dan agama bs jd benteng dr hal buruk itu

  11. wijayanto said

    kasus sex remaja tidak bisa melulu disalahkan media aja.., tapi dicoba juga komunikasi dan “doktrinasi” kaidah moral agama dalam keluarga…, yang puenting itu kehidupan harmonis yang sehat dalam keluarga koq..,

  12. Ranny said

    huah!!!!
    ni zaman emang udah berubah, nggak banyak anak SMP, SMA atu bahkan yang udah mahasiswa terjerumus dalam dunia sex before married kalo gini generasi muda indonesia, apakabarnya indonesia dewasa nanti?
    tobat ouy! tu cuman kesenangan dunia sementara, toh Allah juga udah ngasih kita kesempatan buat ngerasainnya, asal musti sabar, married dulu, itu yang bener!

    bodo banget orang yang ngerasain nikmat itu secara nggak sah, Allah udah ngasih kesempatan, kenapa enggak kesempatannya dipake, udah gitu berpahala lagi, iya dunk bermesraan ma yang bukan muhrim itu kan haram, makannya harus di halalkan dulu, yupz lewat izab qobul alias married, kalo belum siap sabar aja, coz semua orang pasti bakal ngerasainnya, so sabar dlu, tahan aja, kalo nggak bisa nahan tuhan juga udah ngasih solusi puasa cuy!
    semoga kita termasuk dalam hambanya yang selalu istiqommah amiiiiin….

  13. RAYAP said

    Ada masalah psikologis disini,dorongan keinginan yang amat sangat dari provokasi oleh media sosialisasi spt internet membuat remaja yang rentan,ingin menjajal dalam btk empiris so terjadi freesex.Cara mencegahnya adl dg me-redesign paradigma.Sbnernya c org yg melakukan freesex tu org sakit jiwa.Utk menyembuhkan maka obat yang manjur adl pendekatan religius dari sisi hakekat penciptaan manusia,trus jgn lupa payung hukum bagi mereka2 yang suka mempertontonkan auratnya

  14. son said

    kalo penasaran pengin yoba free sex, dan itu dah ga ketahan lagi, dah masturbasii aja, bis itu banyak bayak beribadah , iringi keburukan dengan selalu sholat, puasa baca quran,dijamin dah kamu bakal secara alami akan terjadi konflik batin yang berkcamuk hebat,antara potensi buruk dan potensi baikmu, nah…..kalo dah gitu baru alihkan kehal-hal yang positif,ingat tu hanya kesenangan sementara, kalo ga pengin nyeseellll di buatnya, sabar mas / mba…….smoga bermanfaat

  15. santo said

    gimana remaja ga’ banyak yg ngelakuin kaya’ gt. abis enak sich…. aku juga mau buangeeeetttttt……..

  16. D-Engine said

    udhlah klo dibukain celana cew nya, jg mw coba, ga usah munafik dech, krn udh kodrat manusia tmpatnya salah,

  17. Venny said

    Manusia memang tempatnya salah, tapi manusia punya hati dan akal yang ngebedain dia dengan binatang. Dan berfungsinya itu semua tergantung iman.

  18. yoyo said

    Hati2 buat lo2 pada yang suka tuding kanan kiri bilang ‘lo kafir ato lo muna’!! lo mesti inget orang yang religius sekalipun bisa jatuh juga. Dan menurut gw itu jadi tanggung jawab masing2.
    Klo gw bilang sih mending lo jangan pada ML di luar nikah deh.. lo ga tau apa yang lo hadapin di balik semua kenikmatan sesaat itu. Ce lo Hamil ato paling nggak Beban Psikologis yang lo ato cewe lo derita.
    klo lo bener2 sayang sama cewe lo mending lo buang jauh2 pikiran ML sblm nikah.

  19. siti nur rahmah said

    Saya jadi bingung , gimana ya nanti saya bakal mendidik anak saya kelak.

  20. coba arahkan lingkungan pergaulannya mbak… :)

  21. Edew said

    kalau dipikir2 gimana manusianya jg sich!!!

  22. wening said

    banyak cwe atau cwo yang melakukan itu,,,
    semoga sudah tidak ada lagi pasangan muda yang melakukan itu…
    semoga ajja,,,,,,,,

  23. ino said

    hancur sudah ni bangsa……jangan sampe gue kayak gitu..jangan sampeeekk!!

  24. kambing gak suka mesum said

    welehh..lagi cari rangkaian elektro buat belajar malah baca berita yang komennya lucu semua…
    wah..nih jaman mang udah edan kalu kalian edan siapa lagi yang waras…hahahaa….
    pantesan banayk bayi ajaib, karena dalam tempo 3 bln sudah lahir..

  25. [...] 56% Remaja Melakukan Hubungan Sex di Luar Nikah [...]

  26. [...] 56% Remaja Melakukan Hubungan Sex di Luar Nikah [...]

  27. ahmad said

    cwe bandung masih ada gak ni yag mau ml? mendingan sama gw daripada ama tukang ojek

  28. ecko said

    saya pikir ini karna awalnya pergaulan yg salah.. bergaullah dengan orang2 yg baik

  29. eri said

    memang zaman cakarng bnyak y tlah ml dluan,,,,
    karna pengaruh zaman y tak di filter,,,,
    kbnyaka rmaja ckrang lkukan hubngan ml di lur nikah karna kurangnya pengawasan dari ortu,,, kurangnya pendi2kan agama,,,,

  30. AGGI said

    EMNG JAMAN SEKRG ANAK” REMAJA MSA KINI DAH PDA GILA ????????
    PENASARAN SEE TPI MO GMNA LGE LOM WKTU’A NGLAKUIN BEGITU ..

  31. DORA said

    HHHHHHHAH ANAK SEKARANG PDA GILA

  32. raihan said

    kenyataan memang banyak terjadi seperti artikel di atas… tapi jangan sampai kita begitu mudah memfonis hanya karena hasil survey dari segelintir orang…karena masih banyak orang2 yang menjaga amanah yg ada pada dirinya… jadi jangan sampai kita tergelincir dalam fitnah global hanya karena sebuah artikel

  33. CksRefo Cool said

    haahaa…..lo….n0 bac0t….@!!!!

  34. CksRefo Cool said

    HIDUP PB….(Point Blank)

    Hidup Cheater Dewa,,,,,

    Hidup KONTOL BESAR

    HIDUP PPEK BOLONK

  35. CksRefo Cool said

    DASAR ANK BUJANG

    HIDUP TETEK,,,balGA ………qontooll…..

    KONTOL BLCAK

  36. IP_[L0NT3]BoYz_ARMY said

    HIDUP………………

  37. keren

  38. tari said

    emmmm ga usah komen orang tapi benahi diri sendiri dulu dan berikan contoh yg baik untuk adik2 mu dan org di sekitar kita….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 62 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: