Sebuah Catatan Kecil

We are agree that Knowledge is FREE…

Luruskan Shaf Kalian dan Merapatlah…

Posted by Heri Setiawan pada Mei 9, 2007

Meluruskan dan merapatkan shaf merupakan bagian dari kesempurnaan shalat berjamaah. Rasulullaah bersabda:

Artinya, “Luruskan shafmu, karena sesungguhnya meluruskan shaf itu merupakan bagian dari kesempurnaan shalat”. (Muttafaq ‘Alaih).

Meluruskan dan merapatkan shaf saat ini banyak dilupakan oleh kebanyakan umat muslim, terutama dari kalangan orang tua padahal meluruskan dan merapatkan shaf merupakan perkara yang penting dalam shalat berjamaah.

Nabi ShalAllohu ‘alaihi wa sallam bersabda, yang artinya:“Tegakkan shaf-shaf kalian dan rapatkan bahu-bahu kalian dan tutuplah celah-celah dan jangan kalian tinggalkan celah untuk syaithan, barangsiapa yang menyambung shaf niscaya Alloh akan menyambungnya dan barangsiapa memutus shaf niscaya Alloh akan memutuskannya”. (HR: Abu Dawud dan dishahihkan oleh Ibnu Khuzaimah dan Al Hakim )

Di riwayatkan oleh Abu Dawud dari Jabir bin Samurah ia berkata, “Rasulullah Shallallaahu alaihi wa Sallam bersabda, “Tidakkah kalian ingin berbaris, sebagaimana para malaikat berbaris di hadapan Rabb mereka.” Maka kami bertanya, “Bagaimanakah para malaikat berbaris di hadapan Rabb?” Beliau menjawab, “Mereka menyempurnakan barisan yang depan dan saling merapat di dalam shaf.”

Berikut akan dijelaskan bagaimana membentuk sebuah shaf (barisan) shalat yang lurus dan rapat.


A. Posisi Kaki

Posisi kaki agar dapat membentuk shaf yang rapat adalah seperti berikut:

Free Image Hosting

Dalam satu riwayat disebutkan, “Aku telah melihat salah seorang kami menempelkan bahunya ke bahu kawannya, kakinya dengan kaki temannya. Jika engkau lakukan pada zaman sekarang, niscaya mereka bagaikan keledai liar (tidak suka dengan hal itu, pen). (HR Abu Ya’la dalam Musnad, no. 3720 dan lain-lain, sebagaimana dalam Silsilah Shahihah, no. 31)


B. Posisi Pundak

Rasulullaah bersabda:

Artinya “Rapatkankan shaf, dekatkan (jarak) antara shaf-shaf itu dan ratakan pundak-pundak.” (HR. Abu Daud dan An-Nasai, dishahihkan oleh Ibnu Hibban).

shaff shalat berjamaah

Dan sabda Nabi ShalAllohu ‘alaihi wa sallam yang lain, yang artinya: “Sebaik-baik kalian adalah yang paling lembut bahunya (mau untuk ditempeli bahu saudaranya -pent) ketika shalat, dan tidak ada langkah yang lebih besar pahalanya daripada langkah yang dilakukan oleh seseorang menuju celah pada shaf dan menutupinya. (HR: Ath Thabrani, Al Bazzar dan Ibnu Hiban)

“Adalah Rasulullah meluruskan shaf kami. Seakan-akan beliau meluruskan anak panah. Sampai beliau melihat, bahwa kami telah memenuhi panggilan beliau. Kemudian, suatu hari beliau keluar (untuk shalat). Beliau berdiri, dan ketika hendak bertakbir, nampak seseorang kelihatan dadanya maju dari shaf, Beliaupun berkata: Hendaklah kalian luruskan shaf kalian, atau Allah akan memecah-belah persatuan kalian.”(HR. Muslim no. 436)

6 Tanggapan to “Luruskan Shaf Kalian dan Merapatlah…”

  1. Raffaell said

    Wah, thanks atas infonya, kadang yang tua tua suka egois, ngga mau deket deket, ngga mau sempit kali, pencerahan yang bagus, aku suka topik ringan dan dasar seperti ini, keep posting ya

  2. Syam said

    Selain kerapatan shof, Masalah sutroh/pembatas depan sholat, juga masih banyak dilanggar dikalangan bapak2 di masjid kami. Mohon dipoting juga masalah pembatas sholat. Jazzakallah khoiron..

  3. diar said

    yup… bete banget lihat shaf yang bolong2 atau renggang2 gitu. Gemes deh.. pengen ane lem aja tuh biar nempel semua :D… syukran infonya akh..

  4. bud said

    Aslmkm. Akhi..
    Ane kopi ya artikelnye..
    mau ane tempel di mading masjid…
    Jazakallahu khair..

    Wslmkm. Wrwb.

  5. bud said

    walah kok gbrnya gak ada akh😦

  6. sekarang sudah ada…
    terimakasih atas pemberitahuannya… maklum nih ambil gambar dari tempat lain…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: