Sebuah Catatan Kecil

We are agree that Knowledge is FREE…

Yahya Yopie dan Keluarganya, Mantan Pendeta Yang Memeluk Islam

Posted by Heri Setiawan pada Juni 15, 2007

Kisah MualafWarga di kota Tolitoli di penghujung bulan Ramadan 1427 Hijriah belum lama ini, dihebohkan dengan salah seorang pendeta bersama seluruh keluarganya memeluk Islam. Di mana-mana santer dibicarakan soal Pendeta Yahya Yopie Waloni dan keluarganya masuk Islam. Bahkan media internet pun sudah mengakses kabar ini. Bagaimana aktivitas eks pendeta itu setelah memeluk Islam. Berikut kisahnya:

PAGI menjelang siang hari itu, nuansa Idul Fitri 1427 Hijriah masih terasa di Tolitoli. Hari itu baru memasuki hari ke-9 lebaran. Kendati terik panas matahari masih mengitari Tolitoli dan sekitarnya, tetapi denyut aktivitas warga tetap seperti biasa.

Begitupun di sekitar Jalan Bangau, Kelurahan Tuweley, Kelurahan Baru, Kabupaten Tolitoli. Aktivitas sehari-hari warga berjalan seperti biasa. Kecuali di salah satu rumah kost di jalan itu, pintunya tampak masih tertutup rapat. Di rumah kost inilah, Yahya Yopie Waloni (36), bersama istrinya Lusiana (33) dan tiga orang anaknya tinggal sementara.

“Pak Yahya bersama istrinya baru saja keluar. Sebaiknya bapak tunggu saja di sini, sebelum banyak orang. Karena kalau pak Yahya ada di sini banyak sekali tamunya. Nanti bapak sulit ketemu beliau,” jelas ibu Ani, tetangga depan rumah Yahya kepada Radar Sulteng.

Yahya bersama istrinya memeluk Islam secara sah pada hari Rabu, 11 Oktober 2006 pukul 12.00 Wita melalui tuntunan Komarudin Sofa, Sekretaris Pimpinan Cabang Nahdlatul Ulama (NU) Tolitoli. Hari itulah Yahya dengan tulus mengucapkan dua kalimat syahadat.

Setelah memeluk Islam, nama Yahya Yopie Waloni diganti dengan Muhammad Yahya, dan istrinya Lusiana diganti dengan Mutmainnah. Begitupun ketiga anaknya. Putri tertuanya Silvana (8 tahun) diganti dengan nama Nur Hidayah, Sarah (7 tahun) menjadi Siti Sarah, dan putra bungsunya Zakaria (4 tahun) tetap menggunakan nama itu.

Mohammad Yahya sebelum memeluk Islam, pernah menjabat Ketua Sekolah Tinggi Theologia Calvinis di Sorong tahun 2000-2004. Saat itu juga ia sebagai pendeta dengan status sebagai pelayan umum dan terdaftar pada Badan Pengelola Am Sinode GKI di tanah Papua, Wilayah VI Sorong-Kaimana. Ia menetap di Sorong sejak tahun 1997. Tahun 2004 ia kemudian pindah ke Balikpapan. Di sana ia menjadi dosen di Universitas Balikpapan (Uniba) sampai tahun 2006. Yahya menginjakkan kaki di kota Cengkeh, Tolitoli, tanggal 16 Agustus 2006.

Sambil menunggu kedatangan Yahya, ibu Ani mempersilakan Radar Sulteng masuk ke rumahnya. Sebagai tetangga, Ibu Ani tahu banyak aktivitas yang terjadi rumah kontrakan Yahya. “Pak Yahya pindah di sini kira-kira baru tiga minggu lalu. Sejak pindah, di sini rame terus. Orang-orang bergantian datang. Ada yang datang dengan keluarganya. Malah ada yang rombongan dengan truk dan Kijang pickup. Karena rame sekali terpaksa dibuat sabua (tenda, red) dan drop kursi dari kantor Lurah Tuweley,” cerita ibu Ani.

Hari pertama Yahya pindah di Jalan Bangau itu, orang-orang berdatangan sambil membawa sumbangan. Ada menyumbang belanga, kompor, kasur, televisi, Alquran, gorden dan kursi. Mereka bersimpati karena Yahya sekeluarga saat pindah dari tempat tinggal pertamanya hanya pakaian di badan. Rumah yang mereka tempati sebelumnya di Tanah Abang, Kelurahan Panasakan adalah fasilitas yang diperoleh atas bantuan gereja. Sehingga barang yang bukan miliknya ia tanggalkan semuanya.

Tidak lama menunggu di rumah Ibu Ani, datang dua orang ibu-ibu yang berpakaian dinas pegawai negeri sipil. Keduanya juga mampir di rumah Ibu Ani. Salah satu dari mereka adalah Hj Nurdiana, pegawai di Balitbang Diklat, Pemkab Tolitoli. Ibu berjilbab ini ternyata guru mengaji. Dia adalah guru mengaji yang khusus membimbing istri Yahya.

“Saya baru tiga kali pertemuan dengan ibu Yahya. Supaya ibu Yahya mudah memahami huruf hijjaiyah, saya menggunakan metode albarqy. Alhamdulillah sekarang sedikit sudah bisa,” kata Nurdiana.

Menurutnya, dia tidak kesulitan mengajari ibu Yahya. Malah, katanya, ibu Yahya cepat sekali memahami huruf-huruf hijaiyah yang diajarkan. Karena itu dia memperkirakan kemungkinan dalam waktu tidak lama ibu Yahya sudah bisa lancar mengaji.

Hanya sekitar 20 menit menunggu di rumah ibu Ani, bunyi kendaraan sepeda motor butut milik Yahya terdengar memasuki halaman rumah kontrakannya. Radar Sulteng diterima dengan senang hati, lalu dipersilakan duduk di sofa. Sementara Yahya memilih duduk di lantai alas karpet. Badannya disandarkan ke kursi sofa. “Kita lebih senang duduk di bawah sini,” tuturnya dengan logat kental Manado.

Cara duduk Yahya, tampak tidak tenang. Sesekali ia membuka kedua selangkangnya. Ternyata karena baru beberapa hari selesai disunat. “Setelah tiga hari saya masuk Islam, saya langsung minta disunat di rumah ini,” cerita Yahya, sesekali disertai canda.

Penataan interior rumah kost Yahya tampak apik. Di dinding ruang tamu tampak terpampang kaligrafi ayat kursi yang dibingkai dengan warna keemasan. Di sisi lain, kaligrafi Allah-Muhammad juga terpampang. Di meja ruang tamu terdapat dua buah Alquran lengkap terjemahannya. Di tengah meja itu, juga masih ada tiga toples kue lebaran. “Rumah ini saya kontrak sementara. Saya sudah bayar Rp2,5 juta,” rinci Yahya.

Di tengah asiknya bercerita, istri Yahya, Mutmainnah menyuguhkan beberapa cangkir teh panas. “Silakan diminum air panasnya,” kata ibu tiga anak ini yang saat itu mengenakan jilbab cokelat.

Tidak lama kemudian, dia masuk di salah satu kamar dan mengajak guru mengajinya Hj Nurdiana bersama rekannya. Dari balik kamar itulah terdengar suara Mutmainnah yang sedang mengeja satu per satu huruf hijaiyah. Terdengar memang masih kaku, tetapi berulang-ulang satu per satu huruf-huruf Alquran itu dilafalkannya.

Lain halnya dengan suaminya, Yahya. Pria kelahiran Manado ini mengaku sudah bisa melafalkan beberapa ayat setelah beberapa kali diajarkan mengaji oleh Komarudin Sofa. Selain Komarudin, selama ini ia juga mendapat bimbingan dari ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Tolitoli, Yusuf Yamani. “Hanya lima menit saya diajarkan. Saya langsung paham. Surat Fatihah saya sudah hafal,” ujar Yahya.

Selain belajar mengaji dan menerima tamu, aktivitas Yahya juga kerap menghadiri undangan di beberapa masjid. Tidak hanya dalam kota, tetapi sampai ke desa-desa di Kabupaten Tolitoli. “Saya ditemani beberapa orang. Ada juga dari Departemen Agama,” katanya.

Yahya bersama istrinya memeluk Islam secara sah pada hari Rabu, 11 Oktober 2006 pukul 12.00 Wita melalui tuntunan Komarudin Sofa, sekretaris Pimpinan Cabang Nahdlatul Ulama (NU) Tolitoli. “Hari itu saya sudah mengucapkan dua kalimat syahadat yang dituntun Pak Komarudin,” cerita Yahya. Apa yang melatari sampai Yahya dan keluarganya memeluk Islam.

PAK Yahya, begitu sapaan akrabnya. Pria kelahiran Manado tahun 1970 ini lahir dari kalangan terdidik dan disiplin. Ayahnya seorang pensiunan tentara. Sekarang menjabat anggota DPRD di salah satu kabupaten baru di Sulawesi Utara. Sebagai putra bungsu dari tujuh bersaudara, Yahya saat bujang termasuk salah seorang generasi yang nakal. “Saya tidak perlu cerita masa lalu saya. Yang pasti saya juga dulu pernah nakal,” tukasnya.

Lantaran kenakalannya itulah mungkin, sehingga beberapa bagian badannya terdapat bekas tato. Di lengannya terdapat bekas luka setrika untuk menghilangkan tatonya. “Ini dulu bekas tato. Tapi semua sudah saya setrika,” katanya sambil menunjuk bekas-bekas tatonya itu.

Postur tubuhnya memang tampak mendukung. Tinggi dan tegap. Meski ia pernah nakal, tetapi pendidikan formalnya sampai ke tingkat doktor. Ia menyandang gelar doktor teologi jurusan filsafat. Saat ditemui, Yahya memperlihatkan ijazah asli yang dikeluarkan Institut Theologia Oikumene Imanuel Manado tertanggal 10 Januari 2004. Sehingga titel yang didapatnya pun akhirnya lengkap menjadi Dr Yahya Yopie Waloni, S.TH, M.TH.

Sebelum menyatakan dirinya masuk Islam, beberapa hari sebelumnya Yahya mengaku sempat bertemu dengan seorang penjual ikan, di rumah lamanya, kompleks Tanah Abang, Kelurahan Panasakan, Tolitoli. Pertemuannya dengan si penjual ikan berlangsung tiga kali berturut-turut. Dan anehnya lagi, jam pertemuannya dengan si penjual ikan itu, tidak pernah meleset dari pukul 09.45 Wita.

“Kepada saya si penjual ikan itu mengaku namanya Sappo (dalam bahasa Bugis artinya sepupu). Dia juga panggil saya Sappo. Tapi dia baik sekali dengan saya,” cerita Yahya.

Setiap kali ketemu dengan si penjual ikan itu, Yahya mengaku berdialog panjang soal Islam. Tapi Yahya mengaku aneh, karena si penjual ikan yang mengaku tidak lulus Sekolah Dasar (SD) tetapi begitu mahir dalam menceritakan soal Islam.

Pertemuan ketiga kalinya, lanjut Yahya, si penjual ikan itu sudah tampak lelah. “Karena saya lihat sudah lelah, saya bilang, buka puasa saja. Tapi si penjual ikan itu tetap ngotot tidak mau buka puasanya,” cerita Yahya, yang ditemui di rumah kontrakannya.

Sampai saat ini Yahya mengaku tidak pernah lagi bertemu dengan penjual ikan itu. Si penjual ikan mengaku dari dusun Doyan, desa Sandana (salah satu desa di sebelah utara kota Tolitoli). Meski sudah beberapa orang yang mencarinya hingga ke Doyan, dengan ciri-ciri yang dijelaskan Yahya, tapi si penjual ikan itu tetap tidak ditemukan.

Sejak pertemuannya dengan si penjual ikan itulah katanya, konflik internal keluarga Yahya dengan istrinya meruncing. Istrinya, Lusiana (sekarang Mutmainnah, red), tetap ngotot untuk tidak memeluk Islam. Ia tetap bertahan pada agama yang dianut sebelumnya. “Malah saya dianggap sudah gila,” katanya.

Tidak lama setelah itu, kata Yahya, tepatnya 17 Ramadan 1427 Hijriah atau tanggal 10 Oktober sekitar pukul 23.00 Wita. Ia antara sadar dengan tidak mengaku mimpi bertemu dengan seseorang yang berpakaian serba putih, duduk di atas kursi. Sementara Yahya di lantai dengan posisi duduk bersila dan berhadap-hadapan dengan seseorang yang berpakaian serba putih itu. “Saya dialog dengan bapak itu. Namanya, katanya Lailatulkadar,” ujar Yahya mengisahkan.

Setelah dari itu, Yahya kemudian berada di satu tempat yang dia sendiri tidak pernah melihat tempat itu sebelumnya. Di tempat itulah, Yahya menengadah ke atas dan melihat ada pintu buka-tutup. Tidak lama berselang, dua perempuan masuk ke dalam. Perempuan yang pertama masuk, tanpa hambatan apa-apa. Namun perempuan yang kedua, tersengat api panas.

“Setelah saya sadar dari mimpi itu, seluruh badan saya, mulai dari ujung kaki sampai kepala berkeringat. Saya seperti orang yang kena malaria. Saya sudah minum obat, tapi tidak ada perubahan. Tetap saja begitu,” cerita Yahya.

Sekitar dua jam dari peristiwa itu, di sebelah kamar, dia mendengar suara tangisan. Orang itu menangis terus seperti layaknya anak kecil. Yahya yang masih dalam kondisi panas-dingin, menghampiri suara tangisan itu. Ternyata, yang menangis itu adalah istrinya, Mutmainnah.

“Saya kaget. Kenapa istri saya tiba-tiba menangis. Saya tanya kenapa menangis. Dia tidak menjawab, malah langsung memeluk saya,” tutur Yahya.

Ternyata tangisan istri Yahya itu mengandung arti yang luar biasa. Ia menangis karena mimpi yang diceritakan suaminya kepadanya, sama dengan apa yang dimimpikan Mutmainnah. “Tadinya saya sudah hampir cerai dengan istri, karena dia tetap bertahan pada agama yang ia anut. Tapi karena mimpi itulah, malah akhirnya istri saya yang mengajak,” tandasnya.

Masuknya Yahya ke agama Islam, menimbulkan banyak interpretasi. Menurut Yahya, ada yang menyebut dirinya orang gila. Ada juga yang meragukannya, dan mungkin masih banyak interpretasi lain lagi tentang dirinya. “Tapi cukup saja sampai pada interpretasi, jangan lagi melebar ke yang lain,” pungkasnya.***

Sumber:
http://www.radarsulteng.com/berita/index.asp?Berita=Utama&id=40935
http://mualaf.com/modules.php?name=News&file=article&sid=425

Iklan

115 Tanggapan to “Yahya Yopie dan Keluarganya, Mantan Pendeta Yang Memeluk Islam”

  1. suryadhie said

    segala puji bagi Allah SWT yang telah menunjukkan jalan kepada hamba-hamba-Nya.

  2. mrlekig said

    saya yakin semua agama itu baik, tetapi saya tetap yakin pada agama saya sendiri, karena tidak mungkin saya memeluk semua agama.

    pindah agama pun hak pribadi seseorang dan tentunya keputusan itu diambil dengan penuh pertimbangan..

    semoga pak Yahya bahagia dan menemui kedamaian dalam agamanya yg baru.. selamat.. 🙂

    • shah said

      agama bukan hak,, tapi adalah keselamatan. kalau betul pilih akan selamatlah kita didunia dan diakhirat,, tp kalau salah pilih akan celakalah kita, didunia dan akhirat..

  3. reynald said

    saya pernah tinggal di Manado, dan tidak pernah sekalipun mendengar nama sekolah teologi dimana pak yahya mendapatkan gelarnya

    • Idham said

      Seminari Tinggi Theologia Oikumene Manado
      Pakowa Lingkungan IV/560, Kec. SARIO MANADO..

      Bung Reynald.., klo anda pernah ke tomohon atw tondano pasti anda akan melewati sekolah ini.., posisinya ada di sebelah kanan jln menuju tomohon..,

  4. Heri Setiawan said

    Coba ditanyakan ke yang bersangkutan mas, Calvinis itu sejenis aliran/sekte khan..?

  5. djaelani said

    Alhamdulillah Hidayah telah datang pada kel.pak yahya
    jadilah islam sejati sebelum kita mati,ikuti contoh teladan kita Nabi Muhamad Saw.

  6. Subhanallah, semoga Allah senantiasa memberkahi mereka yang berusaha dan berupaya senantiasa mencari dan meniti jalan kebenaran.

  7. Peggy said

    hahahha….gak ada tuh Institut Theologia Oikumene Imanuel Manado …

    • rahmat said

      Sekolah Tinggi Theologia Indonesia Manado
      Jl. Tololiu Supit Tebing Atas Manado, Kotak Pos 129, MANADO 95001
      Telp. (0431) 66457

  8. Denny Wahyudi said

    Assalamu’alaikum.Wr.Wb.
    Saya Mau Bertanya Apa nama judul buku yang dikarang Ayah Muhammad Yahya, Mungkin itu saja dulu yg mau saya tanyakan.
    Wassalam Denny Wahyudi By Banjarmasin.

  9. heri said

    hahahha….gak ada tuh Institut Theologia Oikumene Imanuel Manado

    Coba googling dulu…. ntar pasti ketemu deh… dah terbukti kok…

  10. ardie said

    Alahamdulillah..segal puji bagi ALAH SWT,Penguasa semesta alam..
    semakin kita pelajari ISLAM akan semakin cinta kita pada ISLAM..
    hidayahpun akan datang..amien
    selamat datang di cahaya ISLAM saudaraku

  11. B Ali said

    Pertanyaan: Apakah Islam agama teroris?
    Jawaban: Tidak ada agama yang mengajarkan umatnya untuk menjadi teroris.

    Tetapi, di dalam Al-Qur’an, ada banyak sekali ayat-ayat yang menggiring umat untuk melakukan hal-hal yang tidak manusiawi, seperti: kekerasan, anarki, poligami dengan 4 istri, anggapan selain muslim adalah orang kafir, dsb. Sikap-sikap tersebut tidak sesuai lagi dengan norma-norma kehidupan masyarakat modern.

    Al-Qur’an dulu diracik waktu jaman tribal, sehingga banyak ayat-ayat yang tidak bisa dimengerti lagi seperti seorang suami diperbolehkan mempunyai istri 4. Dimana mendapatkan angka 4? Kenapa tidak 10, 25 atau bahkan 1000? Dalam hal ini, wanita tidak lagi dianggap sebagai manusia, tapi sebagai benda terhitung dalam satuan, bijian, 2, 3, 4 atau berapa saja. Terus bagaimana sakit hatinya istri yang dimadu (yang selalu lebih tua dan kurang cantik)? Banyak lagi hal-hal yang nonsense seperti ini di Al-Qur’an. Karena semua yang di Al-Qur’an dianggap sebagai kebenaran mutlak (wahyu Tuhan), maka umat muslim hanya menurutinya saja tanpa menggunakan nalar.

    Sedangkan, tidak ada saksi dan bukti untuk memverifikasi dan memfalsifikasi apakah isi Al-Qur’an betul-betul wahyu dari Tuhan atau bukan? Yang dapat dikaji secara obyektif adalah isi atau ajaran yang dikandung Al-Qur’an itu apakah ia sesuai dengan dan mempromosikan nilai-nilai kemanusiaan, seperti cinta kasih, kesetiaan, ketabahan, rajin bekerja, kejujuran, kebaikan hati atau mengajarkan kebencian dan kekerasan?

    Saat ini, banyak pengemuka muslim yang berusaha menafsirkan ayat-ayat Al-Qur’an supaya menjadi lebih manusiawi. Tapi usaha ini sia-sia saja karena ayat-ayat Al-Qur’an itu semuanya sudah explisit sekali. Sehingga tidak bisa ditawar lagi. Disamping itu, pemuka muslim atau siapa saja yang coba-coba memberi tafsiran yang lebih manusiawi tentang Al-Qur’an pasti mendapatkan ancaman terhadap keselamatan fisiknya.

    Pertanyaan atas soal ini, betulkah Tuhan menurunkan wahyu kebencian terhadap sekelompok orang yang memujanya dengan cara berbeda-beda, yang mungkin sama baiknya atau bahkan lebih baik secara spiritual? Bukankah akhirnya ajaran-ajaran kebencian ini menjadi sumber kekerasan sepanjang massa?

    • haflah said

      anda tidak akan mengetahui kebenaran islam jika hanya mengambil sepotong2 dari ayat alquran.pelajari semua isi alQuran dan alhadits maka anda akan menemukan kebenaran islam….semoga Allah memberikan hidayah kpd anda…

    • Suryadi said

      Mari kita belajar agama masing-masing dengan kepala dingin. Kita gali sejarahnya, sejarah kitab sucinya, penulisannya, atau bisa juga bahasa yang pertama kali digunakan. Sehingga kita bisa melihat dengan jelas, mana yang terpelihara dan mana yang tidak terpelihara. Sebab ada kesamaan bunyi bahasa tapi berbeda arti dan tujuannya.MUdah-mudahan kita selalu diberi kemudahan dan kelapangan dalam menerima informasi, bukan emosi yang berlebihan.

    • almasih said

      B Ali kan penyuka seks bebas… jadi dia pikir lebih baik nyoblos sana nyoblos sini tanpa terikat tali pernikahan… ujung2nya kan yg rugi istrinya yang sakit hati…yg di coblos sana sini menjadi hamil anaknya bingung.. mana bapaknya, dan jadilah dia putara tanpa ayah yang jelas dan jangan-jangan menjadikan yesus yesus baru deh..

      nah dimana letak keberpihakan ajaran agama kalian dalam mengangkat harkat wanita? gak usah cari cari kesalahan.. coba ikuti sejarahnya kenapa dan alasan apa yg bisa nejadikan muslim boleh berpoligami.. jangan liat kulitnya.. ada syaratnya kok..

      mempelajari Islam bukan hanya dengan Alquran saja, tetapi juga sunnah nabi..Alquran akan bisa dimengerti bagi orang-orang yang bersih hatinya, sebersih hati kami yang bisa membedakan injil yang benar mana injil yang salah. coba bayangkan.. kami mengakui adanya injil..Taurat, Zabur tapi saudara B. ali tidak mengakui adanya Alquran, Taurat dan Zabur..

      Bahasa Alquran akan dijaga keselamatannya sampai akhir zaman, karena Alquran mujizat yang merupakan wahyu Allah, bandingkan wahyu yang diterima nabi Isa telah berubah dan diperbaiki sana sini setiap zaman, sehingga sudah melenceng dari injil awal yang diturunkan kepada nabi Isya.

      semoga anda diberi hidayah Allah SWT amin

    • rahmat said

      anda mengatakan banyak pengemuka muslim yang berusaha menafsirkan ayat-ayat Al-Qur’an supaya menjadi lebih manusiawi. Tapi kenapa anda tidak agama anda yang kok bisa bisanya ada PERJANJIAN LAMA DAN PERJANJIAN BARU, apa pada saat perjanjian baru tuhan kalian turun lagi ke bumi ya??

    • H.Lale said

      Assl.jauh sebelum Al-Qur’an diturunkan,para nabi dan Rasul membenarkan poligami.coba cari tau sejarah Mariam ibunda Isa AS.tentang asal usul poligami dikeluarga Mariam atau kakek buyutnya Isa AS.dan Al-Qur’an membenarkan poligami.jd teman2 penganut agama lain selain Islam.klu sdh lama mengkaji tentang ke Esaan Tuhan Insya Allah Anda masuk agama Islam.

  12. Ya begitulah kalau melihat sesuatu dari satu sisi…
    Gini aja, kalau B Ali berpendapat seperti itu, coba berikan solusi yang “menurut” B Ali benar…

  13. sejati said

    Agama Islam banyak meminjam dogma dari agama-agama lain, bahkan dari komunitas yang disebut penyembah berhala atau kafir. Salah satu dogma utama adalah “pengadilan terakhir” yang dipinjam oleh agama Islam dari agama Zoroaster Persia, seperti yang diuraikan secara objektif di artikel ini. Ini situsnya: http://religi.wordpress.com/2007/03/16/agama-langit-dan-agama-bumi/

    AGAMA LANGIT DAN AGAMA BUMI

    Ada berbagai cara menggolongkan agama-agama dunia. Ernst Trults seorang teolog Kristen menggolongkan agama-agama secara vertikal: pada lapisan paling bawah adalah agama-agama suku, pada lapisan kedua adalah agama hukum seperti agama Yahudi dan Islam; pada lapisan ketiga, paling atas adalah agama-agama pembebasan, yaitu Hindu, Buddha dan karena Ernst Trults adalah seorang Kristen, maka agama Kristen adalah puncak dari agama-agama pembebasan ini.

    Ram Swarup, seorang intelektual Hindu dalam bukunya; “Hindu View of Christianity and Islam” menggolongkan agama menjadi agama-agama kenabian (Yahudi, Kristen dan Islam) dan agama-agama spiritualitas Yoga (Hindu dan Buddha) dan mengatakan bahwa agama-agama kenabian bersifat legal dan dogmatik dan dangkal secara spiritual, penuh klaim kebenaran dan yang membawa konflik sepanjang sejarah. Sebaliknya agama-agama Spiritualitas Yoga kaya dan dalam secara spiritualitas dan membawa kedamaian.

    Ada yang menggolongkan agama-agama berdasarkan wilayah dimana agama-agama itu lahir, seperti agama Semitik atau rumpun Yahudi sekarang disebut juga Abrahamik (Yahudi, Kristen, dan Islam) dan agama-agama Timur (Hindu, Buddha, Jain, Sikh, Tao, Kong Hu Cu, Sinto).

    Ada pula yang menggolongkan agama sebagai agama langit (Yahudi, Kristen, dan Islam) dan agama bumi (Hindu, Buddha, dll.) Penggolongan ini paling disukai oleh orang-orang Kristen dan Islam, karena secara implisit mengandung makna tinggi rendah, yang satu datang dari langit, agama wahyu, buatan Tuhan, yang lain lahir di bumi, buatan manusia. Penggolongan ini akan dibahas secara singkat di bawah ini.

    Agama bumi dan agama langit.

    Dr. H.M. Rasjidi, dalam bab Ketiga bukunya “Empat Kuliyah Agama Islam Untuk Perguruan tinggi” membagi agama-agama ke dalam dua kategori besar, yaitu agama-agama alamiah dan agama-agama samawi. Agama alamiah adalah agama budaya, agama buatan manusia. Yang termasuk dalam kelompok ini adalah agama Hindu dan Budha. Mengenai agama Hindu Rasjidi mengutip seorang teolog Kristen, Dr. Harun Hadiwiyono, Rektor Sekolah Tinggi Theologia “Duta Wacana” di Yogyakarta sebagai berikut:

    “Sebenarnya agama Hindu itu bukan agama dalam arti yang biasa. Agama Hindu sebenarnya adalah satu bidang keagamaan dan kebudayaan, yang meliputi jaman sejak kira-kira 1500 S.M hingga jaman sekarang. Dalam perjalanannya sepanjang abad-abad itu, agama Hindu berkembang sambil berobah dan terbagi-bagi, sehingga agama ini memiliki ciri yang bermacam-macam, yang oleh penganutnya kadang-kadang diutamakan, tetapi kadang-kadang tidak diindahkan sama sekali. Berhubung karena itu maka Govinda Das mengatakan bahwa agama Hindu itu sesungguhnya adalah satu proses antropologis, yang hanya karena nasib baik yang ironis saja diberi nama agama.” 1)

    Samawi artinya langit. Agama samawi adalah agama yang berasal dari Tuhan (yang duduk di kursinya di langit ketujuh, Sky god, kata Gore Vidal). Yang termasuk dalam kelompok ini adalah agama Yahudi, Kristen, dan Islam. Dalam bab Keempat dengan judul “Agama Islam adalah Agama Samawi Terakhir” Rasjidi dengan jelas menunjukkan atau menempatkan Islam sebagai puncak dari agama langit. Hal ini dapat dipahami karena Rasjidi bukan saja seorang guru besar tentang Islam, tetapi juga seorang Muslim yang saleh.

    Bahkan dengan doktrin mansukh, pembatalan, para teolog dan ahli fikih Islam mengklaim, Qur’an sebagai wahyu terakhir telah membatalkan kitab-kitab suci agama-agama sebelumnya (Torah dan Injil).

    Bila Tuhan yang diyakini oleh ketiga agama bersaudara ini adalah satu dan sama, pandangan para teolog Islam adalah logis. Tetapi disini timbul pertanyaan, apakah Tuhan menulis bukunya seperti seorang mahasiswa menulis thesis? Sedikit demi sedikit sesuai dengan informasi yang dikumpulkannya, melalui percobaan dan kesalahan, perbaikan, penambahan pengurangan, buku itu disusun dan disempurnakan secara perlahan-lahan?

    Tetapi ketiga agama ini tidak memuja Tuhan yang satu dan sama. Masing-masing Tuhan ketiga agama ini memiliki asal-usul yang berbeda dan karakter yang berbeda. Yahweh berasal dan ajudan dewa perang, yang kemungkinan berasal dari suku Midian, dan dijadikan satu-satunya Tuhan orang Israel oleh Musa. Jesus salah seorang dari Trinitas, adalah seorang pembaharu agama Yahudi yang diangkat menjadi Tuhan oleh para pendiri Kristen awal. Allah adalah dewa hujan yang setelah digabung dengan dewa-dewa lain orang Arab dijadikan satu-satunya tuhan orang Islam oleh Muhammad. Jadi Yahweh, Trinitas dan Allah adalah tuhan-tuhan yang dibuat manusia. 2) (Lihat Karen Amstrong: A History of God).

    Dan karakter dari masing-masing Tuhan itu sangat berbeda. Ketiganya memang Tuhan pencemburu, tetapi tingkat cemburu mereka berbeda. Yahweh adalah Tuhan pencemburu keras, gampang marah, dan suka menghukumi pengikutnya dengan kejam, tetapi juga suka ikut berperang bersama pengikutnya melawan orang-orang lain, seperti orang Mesir, Philistin dan Canaan. Jesus juga Tuhan pencemburu, tapi berpribadi lembut, ia memiliki banyak rasa kasih, tetapi juga mempunyai neraka yang kejam bagi orang-orang yang tidak percaya padanya. Allah lebih dekat karakternya dengan Yahweh, tetapi bila Yahweh tidak memiliki neraka yang kejam, Allah memilikinya. Di samping itu, bila Yahweh menganggap orang-orang Yahudi sebagai bangsa pilihannya, Allah menganggap orang-orang Yahudi adalah musuh yang paling dibencinya.

    Jadi jelaslah di langit-langit suci agama-agama rumpun Yahudi ini terdapat lima oknum Tuhan yang berbeda-beda, yaitu Yahweh, Trinitas (Roh Kudus, Allah Bapa dan Tuhan Anak atau Jesus) dan Allah Islam. Masing-masing dengan ribuan malaikat dan jinnya.

    Pengakuan terhadap Tuhan yang berbeda-beda tampaknya bisa menyelesaikan masalah soal pembatalan kitab-kitab atau agama-agama sebelumnya oleh agama-agama kemudian atau agama terakhir. Masing-masing Tuhan ini memang menurunkan wahyu yang berbeda, yang hanya berlaku bagi para pengikutnya saja. Satu ajaran atau satu kitab suci tidak perlu membatalkan kitab suci yang lain.

    Tetapi disini timbul masalah lagi. Bagaimana kedudukan bagian-bagian dari Perjanjian Lama yang diterima atau diambil oleh Perjanjian Baru? Bagaimana kedudukan bagian-bagian Perjanjian Lama dan Perjanjian Baru yang terdapat di dalam Al-Qur’an? Apakah bagian-bagian itu dipinjam dari Tuhan yang satu oleh Tuhan yang lain, yang ada belakangan? Atau persamaan itu hanya kebetulan? Ataukah para penulis kitab-kitab yang belakangan meminjamnya dari penulis kitab-kitab terdahulu?

    Pembagian agama menjadi agama bumi dan agama langit, dari sudut pandang Hindu sebenarnya tidak menjadi masalah. Ini terkait dengan konsep ketuhanan dari masing-masing agama. Agama-agama Abrahamik atau Rumpun Yahudi (nama yang lebih tepat daripada “agama langit”) memandang Tuhan sebagai sosok berpribadi, seperti manusia, yang berdiam di langit (ke tujuh) duduk di atas kursinya, yang dipikul oleh para malaikat. Dari kursinya di langit itu Dia melakukan segala urusan, termasuk antara lain, tetapi tidak terbatas pada, mengatur terbit dan tenggelannya matahari, “menurunkan” wahyu dan lain sebagainya. Dari segi ini benarlah sebutan “agama langit” itu, karena ajarannya diturunkan oleh Tuhannya yang bermukim nun jauh di langit.

    Dalam pandangan agama Hindu, Tuhan bersifat panteistik, yang melingkupi ciptaan (imanen) dan sekaligus di luar ciptaannya (transenden). Menurut pandangan Hindu Tuhan tidak saja lebih besar dari ciptaannya, tetapi juga dekat dengan ciptaannya. Kalau Tuhan hanya ada di satu tempat di langit ketujuh, berarti Ia ada di satu noktah kecil di dalam ciptaannya. Oleh karena itu Dia tidak Mahabesar. Agak mirip dengan pengertian ini, di dalam agama Hindu, dikenal ajaran tentang Avatara, yaitu Tuhan yang menjelma menjadi mahluk, yang lahir dan hidup di bumi – seperti Rama dan Krishna – menyampaikan ajarannya di bumi langsung kepada manusia tanpa perantara.

    Dari segi ini, dikotomi agama langit dan agama bumi tidak ada masalah. Baru menjadi masalah ketika “truth claim” yang menyertai dikotomi ini. Bahwa agama langit lebih tinggi kedudukannya dari agama bumi; karena agama-agama langit sepenuhnya merupakan bikinan Tuhan, yang tentu saja lebih mulia, lebih benar dari agama-agama bumi yang hanya buatan manusia dan bahwa oleh karenanya kebenaran dan keselamatan hanya ada pada mereka. Sedangkan agama-agama lain di luar mereka adalah palsu dan sesat.

    Pandangan “supremasis” ini membawa serta sikap “triumpalis”, yaitu bahwa agama-agama yang memonopoli kebenaran Tuhan ini harus menjadikan setiap orang sebagai pengikutnya, menjadikan agamanya satu-satunya agama bagi seluruh umat manusia, dengan cara apapun. Di masa lalu “cara apapun” itu berarti kekerasan, perang, penaklukkan, penjarahan, pemerkosaan dan perbudakan atas nama agama.

    Masalah wahyu

    Apakah wahyu? Wahyu adalah kata-kata Tuhan yang disampaikan kepada umat manusia melalui perantara yang disebut nabi, rasul, prophet. Bagaimana proses penyampaian itu? Bisa disampaikan secara langsung, Tuhan langsung berbicara kepada para perantara itu, atau satu perantara lain, seorang malaikat menyampaikan kepada para nabi; atau melalui inspirasi kepada para penulis kitab suci. Demikian pendapat para pengikut agama-agama rumpun Yahudi.

    Benarkah kitab-kitab agama Yahudi, Kristen dan Islam, sepenuhnya merupakan wahyu Tuhan? Bila benar bahwa kitab-kitab ini sepenuhnya wahyu Tuhan, karena Tuhan Maha Tahu dan Maha Sempurna, maka kitab-kitab ini sepenuhnya sempurna bebas dari kesalahan sekecil apapun. Tetapi Studi kritis terhadap kitab-kitab suci agama-agama Abrahamik menemukan berbagai kesalahan, baik mengenai fakta yang diungkapkan, yang kemudian disebut ilmu pengetahun maupun tata bahasa. Berikut adalah beberapa contoh.

    Pertama, kesalahan mengenai fakta.

    Kitab-suci kitab-suci agama ini, menyatakan bumi ini datar seperti tikar, dan tidak stabil. Supaya bumi tidak goyang atau pergi ke sana kemari, Tuhan memasang tujuh gunung sebagai pasak. Kenyataannya bumi ini bulat seperti bola. Dan sekalipun ada banyak gunung, lebih dari tujuh, bumi tetap saja bergoyang, karena gempat.

    Kedua, kontradiksi-kontradiksi.

    Banyak terdapat kontradiksi-kontradiksi intra maupun antar kitab suci-kitab suci agama-agama ini. Satu contoh tentang anak Abraham yang dikorbankan sebagai bukti ketaatannya kepada Tuhan (Yahweh atau Allah). Bible mengatakan yang hendak dikorbankan adalah Isak, anak Abraham dengan Sarah, istrinya yang sesama Yahudi. Sedangkan Qur’an mengatakan bukan Isak, tetapi Ismail, anak Ibrahamin dengan Hagar, budak Ibrahim yang asal Mesir

    Contoh lain. Bible menganggap Jesus sebagai Tuhan (Putra), sedangkan Al-Qur’an menganggap Jesus (Isa) hanya sebagai nabi, dan bukan pula nabi terakhir yang menyempurnakan wahyu Tuhan.

    Ketiga, kesalahan struktur kalimat atau tata bahasa.

    Di dalam kitab-kitab suci ini terdapat doa-doa, kisah-kisah, berita-berita tentang kegiatan Tuhan, mirip seperti berita surat kabar, yang ditulis oleh seseorang (wartawan) atas seseorang yang lain (dari obyek berita, dalam hal ini Tuhan). Lalu ada kalimat yang merujuk Tuhan sebagai “Aku, Kami, Dia, atau nama-namanya sendiri, seperti Allah, Yahweh, dll”. Mengapa Tuhan menunjukkan diriNya dengan Dia, kata ganti ketiga? Kata-kata atau kalimat-kalimat pejoratif seperti Maha Adil, Maha Bijaksana, Maha Mengetahui ini pastilah dibuat oleh manusia, sebab mustahil rasanya Tuhan memuji-muji dirinya sendiri.

    Keempat, ajaran tentang kekerasan dan kebencian.

    Di dalam kitab-suci kitab-suci agama-agama langit ini banyak terdapat ajaran-ajaran tentang kebencian terhadap komunitas lain, baik karena kebangsaan maupun keyakinan. Di dalam Perjanjian Lama terdapat kebencian terhadap orang Mesir, Philistin, Canaan dll. Di dalam Perjanjian Baru terdapat ajaran kebencian terhadap orang Yahudi dan Roma. Di dalam Al-Qur’an terdapat ayat-ayat kebencian terhadap orang-orang Yahudi, Kristen dan pemeluk agama-agama lain yang dicap kafir secara sepihak. Pertanyaan atas soal ini, betulkah Tuhan menurunkan wahyu kebencian terhadap sekelompok orang yang memujanya dengan cara berbeda-beda, yang mungkin sama baiknya atau bahkan lebih baik secara spiritual? Bukankah akhirnya ajaran-ajaran kebencian ini menjadi sumber kekerasan sepanjang massa?

    Bagaimana mungkin Tuhan yang Maha Bijaksana, Maha Pengasih dan Penyayang menurunkan wahyu kebencian dan kekerasan semacam itu? Di dalam agama Hindu kebencian dan kekerasan adalah sifat-sifat para raksasa, asura dan daitya (demon, devil, atau syaitan).

    Di samping hal-hal tersebut di atas, agama-agama rumpun Yahudi banyak meminjam dogma dari agama-agama lain, bahkan dari komunitas yang mereka sebut penyembah berhala atau kafir. Dogma utama mereka tentang eskatologi seperti hari kiamat, kebangkitan tubuh dan pengadilan terakhir dipinjam oleh agama Yahudi dari agama Zoroaster Persia, lalu diteruskan kepada agama Kristen dan Islam. Legenda tentang penciptaan Adam dipinjam dari leganda tentang penciptaan Promotheus dalam agama Yunani kuno. Bagaimana mungkin tuhan agama langit meminjam ajaran dari agama-agama atau tradisi buatan manusia?

    Swami Dayananda Saraswati (1824-1883), pendiri Arya Samaj, sebuah gerakan pembaruan Hindu, dalam bukunya Satyarth Prakash (Cahaya Kebenaran) membahas Al Kitab dan AI-Qur’an masing-masing di dalam bab XI II dan XIV, dan sampai kepada kesimpulan yang negatif mengenai kedua kitab suci ini. Bahwa kedua kitab suci ini mengandung hal-hal yang patut dikutuk karena mengajarkan kekerasan, ketahyulan dan kesalahan. Ia meningkatkan penderitaan ras manusia dengan membuat manusia menjadi binatang buas, dan mengganggu kedamaian dunia dengan mempropagandakan perang dan dengan menanam bibit perselisihan.

    Apa yang dilakukan oleh Swami Dayananda Saraswati adalah kounter kritik terhadap agama lain atas penghinaan terhadap Hindu yang dilakukan sejak berabad-abad sebelumnya oleh para teolog dan penyebar agama lainnya.

    Kesimpulan.

    Tidak ada kriteria yang disepakati bersama di dalam penggolongan agama-agama. Setiap orang membuat kriterianya sendiri secara semena-mena untuk tujuan meninggikan agamanya dan merendahkan agama orang lain. Hal ini sangat kentara di dalam agama-agama missi yang agresif seperti Kristen dan Islam dimana segala sesuatu dimaksudkan sebagai senjata psikologis bagi upaya-upaya konversi dan proselitasi mereka.

    Di samping itu tidak ada saksi dan bukti untuk memverifikasi dan memfalsifikasi apakah isi suatu kitab suci betul-betul wahyu dari Tuhan atau bukan? Yang dapat dikaji secara obyektif adalah isi atau ajaran yang dikandung kitab suci-kitab suci itu apakah ia sesuai dengan dan mempromosikan nilai-nilai kemanusiaan, seperti cinta kasih, kesetiaan, ketabahan, rajin bekerja, kejujuran, kebaikan hati atau mengajarkan kebencian dan kekerasan?

    Penggolongan agama-agama menjadi agama langit dan agama bumi, jelas menunjukkan sikap arogansi, sikap merendahkan pihak lain, dan bahkan sikap kebencian yang akhirnya menimbulkan kekerasan bagi pihak yang dipandangnya sesat, menjijikan dan tidak bernilai. Di lain pihak penggolongan ini menimbulkan rasa tersinggung, kemarahan, dan akhirnya kebencian. Bila kebencian bertemu kebencian, hasilnya adalah kekerasan.

    Melihat berbagai cacat dari kitab suci-kitab suci mereka, khususnya ajarannya yang penuh kebencian dan kekerasan, maka isi kitab suci itu tidak datang dari Tuhan, tetapi dari manusia yang belum tercerahkan, apalagi Tuhan-Tuhan mereka adalah buatan manusia.

    Berdasarkan hal-hal tersebut di atas disarankan agar dikotomi agama langit dan agama bumi ini tidak dipergunakan di dalam baik buku pelajaran, wacana keagamaan maupun ilmiah. Dianjurkan agar dipergunakan istilah yang lebih netral, yaitu agama Abrahamik dan agama Timur.

    (Ngakan Putu Putra sebagaian bahan dari SATS ; “Semua Agama Tidak Sama” ).

    Catatan kaki:
    I). Prof . DR. H.M. Rasjidi : “Empat Kuliyah Agama Islam pada Perguruan Tinggi” penerbit Bulan Bintang, Jakarta, cetakan pertama, 1974. hal 10) H.M Rasjidi hal 53
    2). Lihat Karen Amstrong : A History of God
    3). Swami Dayananda Saraswati Satyarth Prakash (Light of Truth), hal 648.
    4). Ibid hal 720.

    • rahmat said

      anda mengatakan Ernst Trults seorang teolog Kristen menggolongkan agama-agama secara vertikal: pada lapisan paling bawah adalah agama-agama suku, pada lapisan kedua adalah agama hukum seperti agama Yahudi dan Islam; pada lapisan ketiga, paling atas adalah agama-agama pembebasan, yaitu Hindu, Buddha dan karena Ernst Trults adalah seorang Kristen, maka agama Kristen adalah puncak dari agama-agama pembebasan ini.
      itu kata Ernst Trults yang jangan2 tidak tau isi injil yang ga jelas dan tidak pernah tau kebenaran al qur’an

      • knapa debat agama,.islam tdk memaksa dirimu mau masuk agama selain islam silahkan apa untungnya memaksa untuk memahami ajaran islam,justru setiap ada muallaf hatiku takut apa beliu2 sanggup menjalankan ajaran islam yang kaafah.seperti anggelina,tamara,jessika,dian sastrow,nassila,kristian sugiono,stevi,dll,,jadi aku tdk gelo apabila da orang islam pindah ke agama lian,silahkan aja,

  14. Itu khan buah pemikiran manusia yang sangat dhaif…
    Btw, saya setuju kalo semua agama tidak sama…

    Islam sangat memperhatikan tauhid/kepercayaan bahwa Tuhan itu satu.
    Memang dalam beragama harus fanatik agar timbul keyakinan yang teguh dan tingginya komitmen dalam beragama… Inilah yang banyak umat Islam tidak memilikinya.

    Islam mengajarkan untuk HANYA menyembah satu Tuhan saja yaitu Allah dan beribadah SESUAI KEINGINAN ALLAH menurut apa yang dicontohkan Rasulullaah. Lihatlah agama selain Islam, adakah contoh dalam beribadah? atau hanya sekedar MENGARANG belaka..?

    Coba gunakan akal kalian untuk memikirkan hal ini.

    Islam mengajarkan untuk tidak mengganggu umat lain, Islam tidak memaksa orang lain untuk memeluk Islam, Islam tidak mengajarkan kebencian sedikitpun kecuali kepada orang atau sekelompok orang yang memang pantas dibenci.

    • Diva Ardie said

      Yahya yopi waloni pindah islam sebenarnya krn ia ingin berpoligami, dia bekomentar utk membela dirinya sampai berbusa mulutnya. Dia ambil S2 dlm bidang filsafat itu jg yg menyesatkan dia. Krn Ke Kristenan itu hrs dgn iman dan iman itu hrs menguasai akal. Kalau islam kan akal sepenuhnya menguasai pikirannya sedangkan pikiran manusia itu sdh rusak total ,spt yg di katakan dlm Qs 75 : 5.
      Jadi org yg hanya mengandalkan akal semata itu sesat dan bodoh, spt umat islam mrk tdk sadar kalau membenci membunuh itu dosa, mrk getol banget krn di anggapnya sbg berbuat bakti bagi alloh (Yohanes 16 : 2)

  15. hatinurani21 said

    @ Heri Setiawan,

    Anda bilang: “Islam tidak mengajarkan kebencian sedikitpun kecuali kepada orang atau sekelompok orang yang memang pantas dibenci.”

    Saya setuju dengan anda bahwa memang Al-Qur’an sudah menentukan banyak kelompok-kelompok yang harus dimusuhi dan dibenci sepanjang massa.

    Dogma-dogma yang ada di Al-Qur’an sudah tidak berlaku lagi. Kita, orang Nusantara, tidak bisa menuruti perlakuan-perlakuan orang Arab waktu jaman Jahiliyah. Apalagi menuruti perlakuan-perlakuan yang sekarang tidak manusiawi dengan kedok Islam.

    Contoh dogma-dogma yang keliru di Al-Qur’an:

    Soal poligami:

    Umat muslim bilang wanita lebih banyak dari pada laki-laki. Hal ini sangat keliru. Di Cina, dengan politik anak tunggal, orang Cina memilih anak laki-laki, hamilan anak perempuan biasanya digugurkan. Akibatnya, saat ini cowok lebih banyak daripada cewek. Jadi Al-Qur’an tidak berlaku di Cina. Jadi “wahyu” Tuhan yang di Al-Qur’an itu hanya berlaku di Arab saja. Dinisi kebenaran wahyu bisa dipertanyakan.

    Soal halal-haram makanan:

    Umat muslim mengharamkan daging babi. Hal ini sangat keliru. Baru-baru ini telah ditemukan bahwa jantung dan paru-paru babi lebih mendekati jantung dan paru-paru manusia. Jantung atau paru-paru manusia yang sakit bisa diganti/dicangkok dengan jantung atau paru-paru babi. Ini adalah solusi yang ideal karena kelangkaan donor. Berarti Al-Qur’an tidak berlaku lagi disini. Terus bagaimana dengan “wahyu” Tuhan. Disini kebenaran wahyu lagi bisa dipertanyakan.

    Soal ke-najis-an binatang anjing:

    Anjing adalah najis buat umat muslim. Hal ini sangat keliru karena anjing saat ini sangat membantu manusia, seperti: pelacakan narkoba dipakai oleh polisi duana, membantu menyelamatkan orang-orang yang masih hidup yang tertimbun oleh runtuhan bangunan akibat gempa bumi, menyelamatkan pendaki gunung yang ditimbun oleh longsoran salju, teman hidup dan pengantar orang buta, membantu peternak domba untuk mengembala ratusan domba di gunung-gunung, membantu menemukan pelaku kejahatan kriminal, menyelamatkan pemilik anjing yang sendirian yang korban kecelakan di rumahnya sendiri (anjing terus-terusan menggonggong sehingga tetangga datang untuk menyelamatkan pemilik anjing tersebut), dan banyak lagi. Disini, Al-Qur’an sama sekali tidak berlaku. Terus bagaimana dengan “wahyu” Tuhan yang ada di Al-Qur’an. Disini kebenaran wahyu lagi bisa dipertanyakan.

    Dan banyak lagi dogma-dogma lainnya yang keliru yang kita dapatkan di Al-Qur’an.

    Sebagai kesimpulan, kita harus menjawab pertanyaan-pertanyaan berikut ini:
    – Melihat dogma-dogma yang ada di Al-Qur’an sudah tidak berlaku lagi, apakah Islam agama universal?
    – Haruskan kita, orang Nusantara, meniru perlakuan-perlakuan orang Arab waktu jaman Jahiliyah?
    – Haruskah kita, orang Nusantara, menuruti perlakuan-perlakuan yang tidak manusiawi sekarang dengan kedok Islam?

    • haflah said

      pelajari yang bener mang…..wek

    • muhammad rifqi said

      udah akh,,biarin aja orang kafir satu ini…kalo udah mati,dikuburan,,,baru deh…MARABBUKA???!!!!!!!!!

      • mar said

        gak bisa membuktikan?? karena bisanya cuma meng_copy-paste dari ajaran lain

      • young java said

        mar…..buktinya nanti d alam kubur….karna percuma d buktikan,hatimu dah sprti batu,bahkan lebih keras lagi,padahal d dlm batu ada yg memancarkan air dari padanya.jd percuma d buktikan,lbih baik kau mati dul baru bisa tau buktinya,stlah itu kmu critain buktinya sama antek-antekmu

    • Suryadi said

      masalah dogma, coba dicermati lebih dalam. Dogma apa yang ada dalam Islam dan bagaimana prosesnya hingga menjadi dogma. Begitu juga dalam Kristen. Dogma Kristen itu lebih ‘dipaksakan’ penggunaannya. Injil yang digunakan sekarang ini apa masih samakah dengan terbitan 50 tahun yang lalu. Silakan baca DIALOG KETUHANAN YESUS atau MUHAMMAD DALAM BIBEL DAN ISA DALAM ALQUR’AN atau BIBEL QUR’AN DAN SAINS MODERN. Saya percaya buku itu adalah buku haram dibaca bagi umat Kristiani, tapi buat pengetahuan, mengapa tidak? demi kebenaran dan keyakinan dari manapun pengetahuan bisa didapat.

    • rahmat said

      soal poligami:

      Umat muslim bilang wanita lebih banyak dari pada laki-laki. Hal ini sangat keliru. Di Cina, dengan politik anak tunggal, orang Cina memilih anak laki-laki, hamilan anak perempuan biasanya digugurkan. Akibatnya, saat ini cowok lebih banyak daripada cewek. Jadi Al-Qur’an tidak berlaku di Cina. Jadi “wahyu” Tuhan yang di Al-Qur’an itu hanya berlaku di Arab saja. Dinisi kebenaran wahyu bisa dipertanyakan.
      al qur’an tidak pernah mengatakan di cina, tapi di dunia, bego? cari tau setengah setengah, sok tau lagi,,

  16. hue..hue… dapet reply lagi toh…

    Masalah poligami…
    Hmm, itu bukan sesuatu yang perlu dilakukan seorang muslim tuh. Diperbolehkan jika memenuhi syarat saja…

    Dan perlu diketahui, poligami tidak dihubungkan dengan banyak sedikitnya jumlah laki2 perempuan lho… jadi jangan membantah poligami dengan jumlah laki2-perempuan. Okey…

    Pikirkan saja hubungan haram dan tidak bermoral yang sudah sangat membudidaya di masyarakat…

    Masalah Babi yak…
    Saya kutip dulu nih tulisan anda,

    Umat muslim mengharamkan daging babi. Hal ini sangat keliru. Baru-baru ini telah ditemukan bahwa jantung dan paru-paru babi lebih mendekati jantung dan paru-paru manusia. Jantung atau paru-paru manusia yang sakit bisa diganti/dicangkok dengan jantung atau paru-paru babi. Ini adalah solusi yang ideal karena kelangkaan donor. Berarti Al-Qur’an tidak berlaku lagi disini. Terus bagaimana dengan “wahyu” Tuhan. Disini kebenaran wahyu lagi bisa dipertanyakan.

    Saya balik nanya, dari tulisan anda, apa hubungannya antara daging, jantung dan paru-paru..? Apa hubungannya pengobatan dan makanan…? Coba deh pikir atau lihat gimana babi disembelih, coba juga cek kandungan daging dalam Babi…

    Masalah Anjing sekarang…
    Saya cuman bisa berkomentar…,”Coba pelajari dulu syariat Islam mengenai masalah anjing…”… saya cuman bisa cengar-cengir nih baca tulisan anda… 😀 . Sekali lagi, pelajari dengan cermat sebelum “menyerang”.

    Okey, kalo mo membantah tulisan saya diatas… silakan anda berikan kepercayaan yang menurut anda benar…

    Bosen nih “diserang” terus, sekali2 pengin “nyerang” juga.. 😀

  17. mank said

    kalu mau komentar tentang islam tolong dipelajari dulu apa isi dari al-Qur’an, karena buatku kita telah melakukan kesalahan besar jika menuding Islam yang tidak-tidak padahal belum tau apa sebenarnya Islam…, lagian banyak ko” debat dan dialog tentang islam dan kristen yang menunjukkan betapa tidak logisnya agama kristen yang menyembah sesuatu yang tidak bisa diharapkan pertolongnnya dengan konsepsi-konsepsi yang keliru.. satu hal yang perlu diingat yah!!!! banyak orang yang menghafal Al-Qur’an tetapi dia tidak tahu berbahasa arab (itu adalah mukjizat maha besar Allah) sedangkan kitab injil yang jelas-jelas bermacam bahasa termasuk bahasa indonesia ehhhh malah tidak dihafal oleh pendetanya sendiri apalagi yang bukan pendeta…. ia khan!!!!! jadi kawan pesan saya jangan bohongi diri kalian tentang kebenaran islam…. gue yakin semua permasalahan yang ada dalam dunia semua diatur dalam hukum Allah (Al-Qur’an) percaya deh!!!!

  18. nur ala nur said

    Pelajarilah al qur’an dengan akal yang sehat dan hati yang bersih, tinggalkan segala keakuan dan emosi…. Tanggalkan dulu segala atribut yang Anda kenakan selama ini maka Anda akan menemukan mutiara yang paling berharga yang akan mengubah kehidupan Anda sekarang dan nanti….
    semoga….

    • mar said

      @ mank….
      banyak ko” debat dan dialog tentang islam dan kristen yang menunjukkan betapa tidak logisnya agama kristen yang menyembah sesuatu yang tidak bisa diharapkan pertolongnnya dengan konsepsi-konsepsi yang keliru..
      ==> hahahaha ga kebalik tuh?? Al-quran mengakui akan adanya Yesus dan mengatakan tidaklah genap iman kamu kalau tidak menyakini Injil. Lalu bagaimana anda sekarang?
      muhammad? apa yang diharapkan dari dia selain mengajarkan kekerasan dan perkawinan yang nota bene menganggap perempuan tidak punya harga diri sama sekali?? sampai sekarang tidak ada yang bisa membuktikan muhammad sudah masuk surga atau masih tetap bercokol di neraka jahanam….lalu bagaimana bisa orang-orang mengikuti ajarannya dia mengenai surga? tahu apa dia soal itu?? lalu bandingkan dengan Yesus yang sudah diangkat kesurga?

      • hamba Allah said

        Begitu indahnya Islam, shg nabi2 terdahulu yg diutus oleh Allah wajib diimani. Dmk jg Nabi Isa .Pembawa wahyu Kitab Injil. Di dalam injil Nabi Isa mengatakan: Aku ini utusan Tuhan, mk sembahlah Tuhan Allah yg satu. Mk Islam mengimani semua nabi dan rasul yg diturunkan oleh Allah pd zamannya masing2.Dan setelah Isa diangkat ke langit oleh Allah ( bukan disalib), Allah menurunkan Nabi Muhammad untuk menyempurnakan kitab2 terdahulu. Di dlm Al Quran tdk ada satu pun ayat yg menyeru kekerasan. Anda salah besar.

  19. Abdillah said

    Sudah banyak sekali saya nemu situs dan komentar yang sangat menyudutkan dan menghina Islam, Al Qur’an, dan Muhammad SAW. Untuk hal yang seperti ini, sebaiknya kaum muslim tidak perlu ngotot mengeluarkan banyak energi membantah tuduhan mereka, tidak ada gunanya, karena dasar keyakinan dan pemikiran kita memang berbeda dengan mereka. Selama tak ada kesamaan keyakinan, nggak akan nyambung, percuma. Biarkan saja, lebih baik energi kita gunakan untuk lebih memberikan pemahaman kepada mereka yang memang berniat tulus menerima dan mempelajari Islam. Dulu Fir’aun mati-matian memerangi pengikut agama Alloh, toh akhirnya ketika sakaratul maut datang dia mengucapkan syahadat juga karena dia melihat tak ada lagi tempat berlindung kecuali Alloh. Tapi semuanya sudah terlambat, taubat yang kadaluwarsa itu tidak diterima. Kalau mereka menghina al quran dan semua tentang islam, cukup kita jawab saja seperti yang dicontohkan Rasulullah SAW dalam surat Al Kaafirun. Yaa ayyuhal kaafirun(Wahai orang-orang yang kufur/ingkar thd agama Islam), laa a’budu maa ta’buduun(aku tidak akan selama-lamanya menyembah apa yang kamu sembah), wa laa antum ‘aabiduuna maa a’bud (dan kalian tidak akan pernah menyembah apa yang kami sembah), walaa ana ‘aabidumma ‘abadtum (dan aku tidak akan pernah selama-lamanya menyembah apa yang kamu sembah), LAKUM DIINUKUM WALIYADIEN (BAGIMU AGAMAMU, DAN BAGIKU AGAMAKU). Kita buktikan saja nanti kalau kita sudah sama-sama mati, siapa di antara kita yang selamat. Sejahtera di dunia tidak menjamin sejahtera di akhirat. Hidup di dunia paling-paling hanya 70 tahun, sedangkan akhirat selama-lamanya, tak sebanding secuwilpun, you know? Salah memilih jalan di dunia, konsekuensinya menderita di akhirat selama-lamanya. Tentunya surga itu ya cuma satu, tidak ada surganya orang Islam, surganya orang kristen, dst, dst, so pasti yang akan masuk surga juga cuma salah satu golongan di antara mereka itu. Kalau kita yakin yang akan bisa masuk surga hanya orang-orang yang bersyahadat dengan keyakinan dalam hidupnya, alias ornag Islam. Kalau pernyataan ini dianggap egois oleh orang non Islam, apa boleh buat, tidak ada jalan lain untuk ke sana selain dengan menjalankan syari’at islam. Itulah yang dikatakan Alloh dalam Al Qur’an. Kalau mereka tidak percaya Al Qur’an, ya wajar orang mereka bukan muslim, soalnya kalau percaya namanya ya muslim. So, kaum muslim tidak perlu kebakaran jenggot kalau dihina, tak perlu dilayani, menghabiskan energi. Kalau diajak diskusi okelah.

  20. onox said

    mendinglu.. pade sholat!! ngaji!! beramal sholeh.. lebh baik gitu dari pada ngelayanin orang kafir… Allahuakbar, islam agamaku sampai mati!

  21. setuju kok kalo diskusi oke, debat no…
    insyaAllah hidayah Allah itu bisa datang melalui diskusi… udah lumayan banyak buktinya…

  22. Ada 3 manusia, Yesus, Paulus dan Muhammad. Yesus sudah diakui sebagai nabi oleh Kristen dan Islam. Paulus bukan rasul bagi Islam dan Muhammad bukan rasul bagi Kristen. Jadi ajaran yang tak sesuai dengan Yesus adalah rasul palsu. Paulus setelah menganiaya murid Yesus, lalu mendengar suara dari langit, yang katanya dari Tuhan Yesus, kemudian memproklamirkan diri sebagai rasul. Muhammad sebagai rasul dengan kitabnya Al-Qur’an. Yesus mengatakan bahwa bapa lebih besar darinya, tetapi Paulus tidak. Yesus menolak bahkan marah disebut Tuhan (baca berulang-ulang Matius Pasal 7 ayat 22 dan 23 sampai paham). Yesus mengatakan bahwa dirinya diutus hanya kepada umat yang sesat dari bani Israil, sesuai dengan Al-Qur’an. Keberadaan Kristen adalah keberhasilan Paulus yang telah mencitrakan Yesus begitu hebat. Kalau Yesus tahu, dia akan menangis dan berkata, JANGAN BERBUAT BEGITU, KARENA AKU ADALAH HAMBA SAMA SEPERTI KAMU (Wahyu kepada Yohannes). Harus tahu arti kiasan dan arti sebenarnya, Yesus adalah anak Allah. Efraim adalah Anak Allah. Berbahagialah orang yang membuat damai, karena mereka disebut anak-anak Allah. Kalau yang membuat damai seribu, berarti anak-anak Allah ada seribu, ditambah Yesus dan Efraim.
    Kemudian harus direnungkan, suara yang didengan Paulus, apakah suara Yesus atau suara setan.

  23. carnicus said

    semoga keselematan tercurah kpd qta semua…

    saya baru bbrp taon yg lalu menyakini kebenaran islam… tak perlu di ceritakan dsini bgmn saya dahulu,…. tapi yg pasti saya menyakini islam hanya dengan mendengar beberapa ayat dalam al-quran! yaitu ayat2 mengenai ilmu pengetahuan dan teknologi yg baru saja ditemukan pada abad ke-21, contohnya 7 lapisan atmosfir, langit dan bumi yg tanpa pilar [sedangkan dlm bibble disebutkan bhwa bumi & langit memiliki pilar], penciptaan alam semesta [yg dlm bibble kitab kejadian semuax serba sembraud], dll, ayat2 ini saja sudah cukup utk saya meyakini al-quran yg telah ada sejak 1400 thn yg lalu.

    lagi yg menarik yaitu konsep tentang ketuhanan 1 hal yg saya simpulkan bahwa “tak ada ruang dalam setiap upaya untuk mengenakan politeisme dalam selubung monoteisme”.

    semoga qta semua dlm kebenaran, karna kebenaran dalam hal ini hanya bersifat “tunggal”.

  24. Alhamdulillah, segala puji bagi Allah, Rabb Semesta alam.
    Sy tertarik untuk searching ttg ust. Muhammad Yahya karena tepat tanggal 27 ramadhan 1428 H atau tgl 9 Oktober 2007 (wallahu ‘alam, smoga gak lupa), beliau (semoga ditunjukkan jalan yg lurus dari islam ini) sempat berceramah di Masjid kami tepatnya Masjid Nurul Munawwir yg terletak di Gedung PT. PLN Persero Wilayah SulSelRa Makassar, Jl.Letjend. Hertasning.

    Acara waktu itu sangat hikmad dan dihadiri oleh GM PLN Persero Wil SulSelRa dan Segenap karyawan PLN dan jama’ah masjid sendiri. Sangat kagum dengan pemaparan beliau ttg kebenaran islam dan kesalahan ajaran kristen yg mengacu kepada bible (perjanjian baru).

    Beliau tetap rendah hati ttg kekurangan ttg ilmu Islam, tapi beliau sangatlaj girah untuk memperjuangkan islam dari segala bentuk pemurtadan malahan beliau bertekad dalam 5 tahun semenjak 2008 ini, untuk mengislamkan Tanah Jawa (semoga mendapat ‘inayah dan pertolongan Allah).

    Satu lagi, beliau dengan gamblang menyebutkan ttg antinya beliau atau pantangnya menerima amplop (royalti atas ceramah) untuk setiap dakwah beliau. Sy juga kagum atas perjuangan dan tekad beliau dalam upaya memeluk dinul Islam.

    Sy selaku muslim, hanya bisa mendoakan semoga beliah diberi kekuatan iman, ‘ilmu dan harta untuk memperjuangkan islam dan beliau tidak terjerumus ke dalam firqah2 Islam yg menyesatkan. Sesungguhnya Ash-Shirotal Mustaqim itu cuma 1.

    Rasulullah pernah menggambar garis2 di atas pasri dengan tangannya. Rasulullah pertama membuat suatu garis lurus dan mengatakan, hadza Sabilullah (ini adalah jalan Allah). Kemudian Rasulullah membuat garis2 yg lain di kanan dan kiri garis tunggal lurus itu, kemudian Beliau berkata, Hadzihissubul (ini adalah jalan2 yg lain selain jalan islam). Kemudian beliau berkata bahwa di setiap jalan2 yg lain tersebut ada syaitan yg menyeru kepadanya.

    Dan juga Rasuluulah bersabda “Sesungguhnya umat Yahudi akan terpecah menjadi 71 Golongan, Dan umat Nasara akan terpecah menjadi 72 Golongan. Dan sesungguhnya ummatku akan terpecah menjadi 73 golongan. Semuanya dalam neraka, kecuali satu. Kemudian para shahabat bertanya, siapakah mereka. Maka Rasulullah menjawab, Maa ana ‘alaihi waa ashhabihi (siapa2 yg yg berdiri di atas ku dan para shahabatku”.

    Artinya Rasulullah, tidak lah menyatakan 1 golongan itu sebagai suatu kelompok atau organisasi tertentu. Tetanpi Rasulullah menyebutnya lebih kepada Al Manhaj. Yaitu siapa saja yg berpegang kepada Tali Agama Allah, sebagai mana Rasulullah dan Para Sahabatnya juga memegangnya. Memahami dan menjalankan agama Allah sebagai mana Rasulullah memahami dan Menjalankan Agama Allah. Itulah Al-Manhaj yg perlu diikuti oleh setiap muslim.

    Dan kami pun berharap, Ust.Yahya kelak menemukan Manhaj yg suci dan mulia ini, yg bebas dari segala bentuk Kesyirikan dan Bid’ah yg diada-adakan.

    Wallahu ‘alam

  25. abu abdirrahman said

    salam sejahtera semua senantiasa kita limpahkan kehadirat Allah SWt smoga tercurah kepada kita semua amin ya rabbal alamin.

    Kami hanya sedikit berkomentar tentang Saudara kita yang baru masuk Islam / maupun sudah lama mengenal Islam.

    Betul apa yang dikatakan saudara Akhi Muhamaad Yasser bahwa pada hakikitnya agama Islam bukan hanya sekadar pengakuan saja akan tetapi bagamaina upaya memahami Islam secara Kaffah ( Total ) apakah keislaman kita sudah benar apa yang dicontohkan oleh Nabi kita Muhammad SAW para sahabat, maupun tabiin , dan tabiut tabiin karena beliulah yang betul – betul memahami agama yang diajarkan oleh nabi saw. sudahkah kita berpikir, belajar mempelajari menelaah Agama Allah SWT, truss mengaplikasikan didalam kehidupan keseharian kita, pernah kah kita berpikir apa yang kita lakukan dalam ajaran agama kita benar – benar bersumber dari al- Quran dan Sunnah nabi ,

    kalau kita melihat kenyataan apa yang terjadi dimasyarakat kita. Islam hanya sekedar slogan saja akan tetapi berbagai macam penyakit – penyakit Kronis yang justru mengancam keislamannya, sungguh sangat disayangkan kalau hal tersebut dibiarkan begitu saja berlarut – larut dalam kedzlaiman ( syirik, bidah dan khurafat )

    saudaraku Dr. Muhammad Yahya Maloni

    Saya sangat bangga atas Ketulusan Pak Dr menerima Islam tanpa ada unsur pemaksaan siapaun juga, ini merupakan hidayah yg sangat besar dr Allah SWT
    yang senantiasa disyukurinya sekalipun orang – orang disekitar Pak DR tidak mau lg diterima sebagai keluarga lg. Ini menunjukkan Bahwa Allah SWT memilih kita selaku hambanya.

    Saya himbau kepada Pa Ust DR.

    Seperti pesan Saudaraku Muhammad Nasser, bahwasanya hendaknyalah mempelajari Aqidah dan manhaj yang lurus yang bersumber dari Al quran dan Sunnah Nabi Sallahu alaihi wasallam .

    Karna kebanykan saudaraku muslimin yang terjatuh dalam syirikan , bidah dan khurafat akibat tidak memahami Agama islam secara Kaffah.

    komentar saya yang terakhir.
    MUdah- mudahan kita diberi ke Istiqamahan diatas jalan yang lurus .

    Salam seluruh keluarga Pa DR

  26. langit said

    plis donk, walo cm pengen tahu tentang islam, jgn cm cari tahu dr orang/buku yg ngk bener2 tahu/sedikit pengetahuannya tentang islam. di Al-Quran sendiri klo cm sekedar membaca tanpa di dipahami (coz kata2 di Al-Quran sendiri begitu indah, Subhanallah), bakal simpang siur pengartiannya. percaya boleh tidak, klo Al-Quran cm dibaca(oleh non muslim utk mencari kesalahannya) utk dibanding2kan dgn kitab agama laen, pasti disesatkan.

    satu lagi nie, Al-Quran sejak diturunkan Allah ke Muhammad SAW dalam bentuk wahyu, NGK pernah sedikit pun BERUBAH kalimatnya sampe sekarang. tidak kurang, tidak juga lebih. dan selalu dalam tulisan Arab. walaupun uda ada terjemahannya dlm berbagai bahasa, tetap aja klo dipakai untuk mengaji pake bahasa Arab juga.

  27. rey said

    kayaknya nda perlu banget deh………..ngejelasin panjang lebar tentang kebenaran alquran kepada orang – orang yang telah di buta tulikan oleh Allah disebabkan karena kekafiran mereka sendiri……”dan mereka itulah orang-orang yang telah menzolimi diri mereka sendiri, dan kelak mereka akan dimasukan kedalam neraka jahanam yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu2″
    intinya mereka itu………selalu mencari2 pembenaran atas kebohongan dari alkitab….padahal nabi isa tidak pernah mengajarkan kepada mereka hal2 yang melalmpau batas kayak begini( tentang trinitas)……..

  28. yopisetiawan said

    untuk memahami agama hendaknya jangan setengah-setengah karena saya yakin kalau pengertiannya cuma sampai situ bisa-bisa menafsirkannya secara keliru. Menurut saya “Lakum dinukum wa liyadin” 😀

  29. kim said

    Sekolah Tinggi Theologia Indonesia Manado
    Jl. Tololiu Supit Tebing Atas Manado, Kotak Pos 129, MANADO 95001
    Telp. (0431) 66457

  30. kim said

    tuhh alamatnya …di cari aja lom dah comentar dasar bego..loo

  31. david kurniawan said

    islam is the best biarlah mereka yg menghujat islam nanti akan mendapatkan hidayah dari ALLAT.SWT sesungguhnya mereka yg mengujat islam merasa angkuh di dalam kesesatan mereka…

    saya punya tetangga dia masuk agama kristen krn dy miskin, mereka hanya mengharap 1 (satu) kardus mie, beras n uang setiap minggunya. memangnya klo di greja org yg masuk agamanya slalu di kasih kyk gitu ya???

    itu sama aja dengan MENYOGOK memang kristen mengajarkan MENYOGOK???

  32. andre said

    ooooooiiiiiii……………….
    org yg SOK TAU islam itu tdk mewajibkan berpoligami hal itu hanya boleh di lakukan jika kalian mampu lahir n batin, mampu adil terhadap yg satu dengan yg laen n yang penting perlu di ingat HARUS IZIN DARI ISTRI YANG PERTAMA……..

    jd poligami bukan hanya sembarangan org yg bisa hanya orang yang mampu lahir batin n harus bisa berlaku adil.yang dapat melakukannya……….

    saya benci sekali sama heri setiawan dia tu sok tau tapi dia tidak tau apa yang di komentarinya……….

    tu pertanyaannya tentang institut yang dia tertawakan ternyata alamatnya benar adanya kan….

    di kasih lengkap lagi sm bg kim…………..

    yang di pertanyakan sebenarnya itu adalah AGAMA ANDA????

    mengapa anda menyembah patung yang di buat oleh manusia????

    saya mau tanya jawaban anda…………

  33. heri said

    saya benci sekali sama heri setiawan dia tu sok tau tapi dia tidak tau apa yang di komentarinya……….
    tu pertanyaannya tentang institut yang dia tertawakan ternyata alamatnya benar adanya kan….

    di kasih lengkap lagi sm bg kim…………..

    yang di pertanyakan sebenarnya itu adalah AGAMA ANDA????

    mengapa anda menyembah patung yang di buat oleh manusia????

    saya mau tanya jawaban anda…………

    alasannya benci sama saya apa ya…? salah pahamkah…?
    btw, saya sama sekali ndak menyembah patung kok… 😀
    yah, mungkin emang salah paham… 😀

  34. Mr. One said

    Subhanallah,ternyata banyak sekali saudaraku sesama muslim yang begitu peduli tentang islam didunia maya ini itu semua merupakan bentuk perjuangan kita (Jihad Fii Sabilillah)semoga apa yang kita lakukan ini mendapat Rahmat dari Allah SWT, Ami.

    untuk mereka yg bukan islam, saya cuman bisa berkata bahwa apapun yang anda katakan untuk menyudutkan Islam, itu merupakan bentuk kebodohan yang anda perlihatkan sebab semua bisa dijawab dengan baik bahkan oleh orang yang baru memeluk Islam sekalipun n kalau kalian orang2 diluar Islam mau memperhatikan n menyimak dengan seksama setiap sanggahan yang diberikan atas apa yang anda komentari tentang Islam maka saya yakin besok Anda skalian (yg tdk beragama Islam) akan memeluk Islam juga.

  35. Mr. One said

    Subhanallah,ternyata banyak sekali saudaraku sesama muslim yang begitu peduli tentang islam didunia maya ini itu semua merupakan bentuk perjuangan kita (Jihad Fii Sabilillah)semoga apa yang kita lakukan ini mendapat Rahmat dari Allah SWT, Amin.

    untuk mereka yg bukan islam, saya cuman bisa berkata bahwa apapun yang anda katakan untuk menyudutkan Islam, itu merupakan bentuk kebodohan yang anda perlihatkan sebab semua bisa dijawab dengan baik bahkan oleh orang yang baru memeluk Islam sekalipun n kalau kalian orang2 diluar Islam mau memperhatikan n menyimak dengan seksama setiap sanggahan yang diberikan atas apa yang anda komentari tentang Islam maka saya yakin besok Anda skalian (yg tdk beragama Islam) akan memeluk Islam juga.

  36. adi isa said

    rasa-rasanya gue pernah baca artikel ini, ditempat lain,
    apa saya salah ingat ya?
    bagaimanapun…toh artikel ini tetap menggugah rasa keimananku

  37. ya, ini copas dari website muallaf…
    http://www.mualaf.com/

  38. hamzahyesy said

    Kalau ada manusia masuk Islam sesungguhnya ia telah kembali ke fitrah, kalau ada manusia yang keluar dari Islam berarti ia telah tersesat, kalau ada orang mencaci Islam berarti ia belum tahu yang sebenarnya, semua kembali kepada hati nurani masing-masing.

  39. HAMZAHYESY said

    komentar lagi deh
    ternyata saya terpaut di situs ini lagi akhirnya beri komentar lagi
    begini aja deh…
    yang mau kristen biarlah
    yang mau hindu biarlah
    yang mau budha biarlah
    yang mau konghucu biarlah
    yang mau tak beragama biarlah
    YANG JELAS TIDAK ADA PAKSAAN DALAM BERAGAMA (QS. Albaqoroh 256) karena sudah jelas mana yang benar dan mana yang salah, tetapi bagi yang sudah masuk Islam berarti dia sudah berpegang pada agama yang benar yang diridlo Allah.
    ok ?
    Gak percaya tanyakan tuh pada para pendeta/pastur yang telah masuk Islam.
    Jangan pandang Islam dari luar saja, pelajarilah Islam dengan hati nurani yang bersih. Pasti kamu semua akan menemukan kebenaran dari Tuhanmu.

  40. 😀 …. berarti nih blog gampang dicari ya.. 😀
    benar, tidak ada paksaan untuk memasuki Islam… sesungguhnya sudah jelas mana yang HAQ dan mana yang BATHIL…

    yah tugas kita hanya menyampaikannya saja, tidak memaksakan….

  41. naya said

    Assalamu’alaykum….

    aNe selalu terharu membaca kisah-kisah mualaf. Dan kalo mbaca coMMent dari wong kafir, aNe justru semakin yaQin bahwa : TIADA TUHAN SELAIN ALLOH, DAN AKU BERSAKSI BAHWA MUHAMMAD ADALAH UTUSAN-NYA.

    Subhanallahu…

    Walhamdulillah

    ALLOHU AKBAR!!!.

    Semoga Alloh memberikan hidayah pada kalian (org kafir). karena, kalo saja kalian tau azab di Neraka…..(jangan tanya tentang betapa pedihnya. karena azab di dunia belum apa-apa)

    buat saudara seiman, semuslim, kokohkan barisan, kuatkan iman, cengkram Islam sampai mati.

    ISY KARIMAN AUMUT SYAHIDAN (hidup Mulia Atau MAti syahid)

    Wassalamu’alaykum….

  42. oakenshield said

    maap saya ambil dari atas

    “Ada 3 manusia, Yesus, Paulus dan Muhammad. Yesus sudah diakui sebagai nabi oleh Kristen dan Islam. Paulus bukan rasul bagi Islam dan Muhammad bukan rasul bagi Kristen. Jadi ajaran yang tak sesuai dengan Yesus adalah rasul palsu. Paulus setelah menganiaya murid Yesus, lalu mendengar suara dari langit, yang katanya dari Tuhan Yesus, kemudian memproklamirkan diri sebagai rasul. Muhammad sebagai rasul dengan kitabnya Al-Qur’an. Yesus mengatakan bahwa bapa lebih besar darinya, tetapi Paulus tidak. Yesus menolak bahkan marah disebut Tuhan (baca berulang-ulang Matius Pasal 7 ayat 22 dan 23 sampai paham). Yesus mengatakan bahwa dirinya diutus hanya kepada umat yang sesat dari bani Israil, sesuai dengan Al-Qur’an. Keberadaan Kristen adalah keberhasilan Paulus yang telah mencitrakan Yesus begitu hebat. Kalau Yesus tahu, dia akan menangis dan berkata, JANGAN BERBUAT BEGITU, KARENA AKU ADALAH HAMBA SAMA SEPERTI KAMU (Wahyu kepada Yohannes). Harus tahu arti kiasan dan arti sebenarnya, Yesus adalah anak Allah. Efraim adalah Anak Allah. Berbahagialah orang yang membuat damai, karena mereka disebut anak-anak Allah. Kalau yang membuat damai seribu, berarti anak-anak Allah ada seribu, ditambah Yesus dan Efraim.
    Kemudian harus direnungkan, suara yang didengan Paulus, apakah suara Yesus atau suara setan.”

    ……………………………………………………………………………..

    “Yesus menolak bahkan marah disebut Tuhan (baca berulang-ulang Matius Pasal 7 ayat 22 dan 23 sampai paham).”

    hohohohoho….
    tulisan ini membuat saya tertarik, langsung saya baca deh…. ternyata….
    baca dulu ayat2 di atasnya…
    maksud pada ayat 22 itu kan sambungan ayat 21…. bahkan sambungan dari ayat2 sebelumnya lagi
    bukan orang yang menyebut2 Tuhan (hanya berdoa saja) yang akan masuk sorga, melainkan yang melakukan perintah Tuhan (salah satunya berdoa)….
    maksudnya berdoa saja tidak cukup… kita juga harus melakukan perintah Tuhan yang lain…

    “Yesus mengatakan bahwa dirinya diutus hanya kepada umat yang sesat dari bani Israil, sesuai dengan Al-Qur’an”

    weiiits…. siapa bilang hanya kepada umat dari bani Israil…
    ngakak gw bacanya ahh…
    baru tau gw di islam nabi2 tuh dibagi2 kedalam wilayah tertentu…
    jakarta-bandung!!! jogja-semarang!!! antar kota dalam propinsi yuk yak yuk….

    “Kalau Yesus tahu, dia akan menangis dan berkata, JANGAN BERBUAT BEGITU, KARENA AKU ADALAH HAMBA SAMA SEPERTI KAMU (Wahyu kepada Yohannes).”

    2 words: wow. keren.

    hamba di situ maksudnya manusia boss…
    Yesus merendahkan diri-Nya hingga sama dengan kita, sebagai manusia…
    waktu itu Yohanes nggak berani mendekat, bahkan Yohanes berkata bahwa membuka tali kasut-Nya pun dia merasa tak layak (padahal di depan murid2nya Yohanes sendiri)… makannya Yesus bilang gitu…. terjemahannya ya…

    “jangan berbuat begitu, karena Aku adalah manusia sama seperti kamu.” (letak kesamaannya adalah sama2 manusia)

    memang sulit sih menjelaskan Yesus yang sungguh Tuhan dan sungguh manusia kepada org muslim…
    sama sulitnya dengan menjelaskan Tritunggal Mahakudus…
    mungkin perlu panggilan khusus agar bisa memahami 2 hal tersebut di atas… yahh… kita bahas lain waktu.

    “Harus tahu arti kiasan dan arti sebenarnya, Yesus adalah anak Allah. Efraim adalah Anak Allah. Berbahagialah orang yang membuat damai, karena mereka disebut anak-anak Allah. Kalau yang membuat damai seribu, berarti anak-anak Allah ada seribu, ditambah Yesus dan Efraim.”

    sipp. yang ini bener. emang cuma kiasan.
    di Alkitab disebutkan bahwa Yesus disebut Anak Allah, bukan anaknya Allah (secara Yesus sendiri adalah Tuhan)

    tapi maksudnya yang terahkir agak nggak ngerti nih –a
    terus masalahnya di mana?

    ………………………………………………………………………………

    oh iya satu lagi soal hapalan…
    coba renungkan: bagusan yang mana…

    hapal seluruh isi buku tanpa mengetahui isi/maksudnya…. (soalnya saya baca di atas ada yang hapal tapi nggak bisa mengartikannya)
    atau
    mengerti dan menjalankan isi bukunya… tanpa menghapal detail2 tulisan di bukunya (jumlah goresan, ada salah ketik nggak, itu penulisan sesuai EYD nggak, dsb)

    karena saya pelajar… saya pakai perumpamaan pelajar aja ya….

    kata guru saya di sekolah (yang kebetulan muslim karena saya bersekolah di sekolah muslim)
    “cara belajar yang baik itu dengan mengerti konsepnya…. maka soal akan mudah terpecahkan…
    bukannya menghapal rumusnya… kamu nanti nggak mengerti kalo soalnya digoyang dikit.”
    (sumpah gurunya kocak abis soal bisa digoyang)

    ehm… maksudnya digoyang yah dibolak-balik gitu deh…

    mungkin sekian dulu…

  43. hamba di situ maksudnya manusia boss…
    Yesus merendahkan diri-Nya hingga sama dengan kita, sebagai manusia…

    Wew…, Tuhan merendahkan diri ya..? “tuhan” gitu loh… 😀 … aneh bin aneh bin ajaib bin ga masuk akal…

    “Harus tahu arti kiasan dan arti sebenarnya, Yesus adalah anak Allah. Efraim adalah Anak Allah. Berbahagialah orang yang membuat damai, karena mereka disebut anak-anak Allah. Kalau yang membuat damai seribu, berarti anak-anak Allah ada seribu, ditambah Yesus dan Efraim.”

    sipp. yang ini bener. emang cuma kiasan.
    di Alkitab disebutkan bahwa Yesus disebut Anak Allah, bukan anaknya Allah (secara Yesus sendiri adalah Tuhan)

    kata guru saya di sekolah (yang kebetulan muslim karena saya bersekolah di sekolah muslim)
    “cara belajar yang baik itu dengan mengerti konsepnya…. maka soal akan mudah terpecahkan…
    bukannya menghapal rumusnya… kamu nanti nggak mengerti kalo soalnya digoyang dikit.”
    (sumpah gurunya kocak abis soal bisa digoyang)

    beda konsep sama rumus tu apa ya…? setahu saya rumus2 itu bisa dibangun dari konsep dasarnya… kalo rumusnya salah ya konsep dasarnya juga salah… bgt pula sebaliknya…

    Yesus anak allah >> yesus sendiri tuhan..?
    Efraim anak allah >> apakah Efraim tuhan..?

    kalo tidak berarti anak2 allah yg banyak, berarti tuhan itu sendiri ya yang banyak..? bukan saya loh yang bilang… 😀

  44. bwt saya,penulisan buku ini sama sekali TIDAK ADA MANFAATNYA!!
    saya tidak kecewa atas perbuatan Bp.Yahya,tetapi yang saya sayangkan adalah perbuatannya yg menjelek2kan KRISTEN!!pada dasarnya kebebasan beragama sudah jelas diatur oleh uu,jd itu sah aja,dan perlu digaris bawahi,KRISTEN TIDAK BUTUH MAHKLUK SEMACAM ITU!!jadi saya jelas tidak terima!!saya mengajak anda berfikir,apabila anda menjadi korban yg dijelek2kan agamanya,bagaimana perasaan anda??bila yang membuat buku itu membaca tulisan saya,saya harap anda mau menemui saya untuk berbicara apa keinginan dan maksud anda berbuat sedemikian rupa!!DAN PERLU DIINGAT!!TULISAN2 SI BODOH ITU SEMUANYA SALAH!!DIA HANYA ORG YG KECEWA KARENA FRUSTASI TERHADAP PEKERJAANNYA SEBAGAI PENDETA LAKNAT!!JADI BILA TADINYA IA ADALAH MUSLIM DAN FRUSTASI,MAKA IA AKAN BERBUAT HAL YG SAMA PADA ISLAM!!PERANG TIDAK PERLU TERJADI KARENA HAL INI,TETAPI KITA BERSAMA-SAMA HARUS MEMERANGI DAJJAL YG MUNCUL,CONTOHNYA BAPAK YAHYA INI….SALAM SEJAHTERA BWT SEMUA YG BACA,SEMOGA KALIAN MENGERTI…
    DAN UNTUK PEMBUAT BLOG THXZ UD BOLEH DIMUAT…
    BWT SI YAHYA KAMPRET,GO TO HELL!!LUCIFER WAITING FOR YOU!!yg punya blog nulis jgn sembarangan bro,ntar kualat..
    JGN NGEHINA KALO GA MAU DI HINA…

    • Suryadi said

      Mari kita berfikir lebih arif. Kita percaya bahwa agama adalah sebuah pilihan. Semakin banyak belajar semakin banyak pula pilihannya. Islam juga sebuah pilihan, kalau Anda tidak memilih Islam mungkin itu hanya karena tidak belajar tentang Islam. Saya belajar Kristen dengan buku-buku Kristen tapi ternyuata tidak menjadi pilihan. Dalam Islam ditemukan agama itu buat orang yang berakal, tidak ada agama bagi orang yang tidak berakal. Dan saya menemukan bahwa Islam adalah gama yang paling masuk akal. Maka jadilah Islam pilihan saya dan teman-teman lain yang mempelajari Islam.

    • Fisabilillah said

      untuk laskar perang christ….Jangan Emosi bos… jangan sebut-sebut PERANG ini kan “cuma” diskusi… HIDUP MULIA MATI SAHID

  45. yang menghina siapa nih..? yang dihina siapa..?
    wong posting perjalanan orang kok menghina…

    yang jelas menghina tu ya:
    – kartun penghinaa nabi muhammad
    – karikatur nabi muhammad bawa bom
    – video fitna yg asal2an nafsirin

    yang diskriminasi tu ya:
    – larangan berjilbab di sekolah2 eropa
    – dll

    sudah jelas lom tu..?
    kalian berkoar2 menghembuskan isu terorisme tapi diam saja masalah palestina, chechnya ato thailand selatan…

    kalo muslim dibantai, kalian diam saja…
    kalo muslim membalas dikatakan teroris…

    kaya serigala bermuka dua saja…

    muslim tidak pernah mengganggu peribadahan kalian selama muslim yang berkuasa…
    sebaliknya, ketika penguasa orang non muslim, diskriminasi dimana-mana…

    mana buktinya..? cinta kasih…? damai…? GOMBAL…!!!!

    • mar said

      lalu bagaimana dengan kewajiban berjilbab buat semua anak sekolah di sumatra barat? tidak peduli dia Kristen atau islam pokoknya wajib pakai jilbab? bukankah itu diskriminasi? dan ini banyak terjadi diseluruh Indonesia

  46. wo wis mas,bukan saya mau membanding2kan,hanya saja saja saya tidak suka membanding2kan agama….coba anda pikir,mau mbandingin agama seh gampang,tapi kan dosa,urus wae agama sendiri..
    pikir yg realistis,TUHAN tidak mungkin mengatakan mahkluk ciptaannya kafir,sedangkan para saudara2 yg beragama muslim mengatakannya demikian….istri saya pun ISLAM,pake kedar lg,tapi saya ga pernah nyuruh dia lepas kerudung kok,apalagi nyuruh pindah agama,kami saling menghargai.
    masalah aturan2nya,bisa dipikir pake otak kok,klo dibilang zinah seumur hidup gpp,yg penting niatan kami benar..mending milih nikah sama yg seagama tapi gak bener idupnya,ato nikah ama yg beda agama tapi niatan bener??saya Katholik dan dia ISlam(persis)tapi qta tetep saling menghargai perbedaan itu kok.saya cuma mau titip salam aja ma pak Yahya yg udah pergi dari kristen,met menempuh hidup baru dgn agama yg baru,tapi saya pesen jgn jelek2in agama yg sebelumnya…itu hak anda bung,mau beragama ato kaga,yg penting idup bener,percuma bergama tapi hidup kaya binatang(cont:amrozy cs)malu om beragama tapi kelakuan kaya syetan….
    saya salut sama agama anda,agama anda adalah agama yg WONDERFUL,tapi saya udah punya agama,jadi cukup 1 agama bwt saya dan saya gak terima kalo agama saya dijelek2in sama si Yahya…
    masalah pelarangan dijilbab itu seh tergantung kebijakan masing2 sekolah,anda mau sekolah disitu,ikut aturan,klo gak ya udah…
    gak bisa nyalahin semua org kristen wong cuma segelintir yg bkn salah kok yg disalahin semuanya…
    klo amrozy ngebom,jaringan al`qaeda teroris apa enak dibilang agama teroris????

    masalah ngehina kartun nabi Muhammad itu seh cuma kelakuan org iseng,jgn nyalahin semua bung!!salahkan si pembuat jangan golongannya…

    ah kata siapa non diskriminasi klo org muslim yg berkuasa,lo ga liat di indonesia?????????????????????
    pembangunan gereja dkt rumah saya ditolak,dilarang!!!!
    apa dasarnya??orang mau ibadah dilarang!!sedangkan tiap maju beberapa meter ada masjid!!!apa itu gak cukup??masuk tentara/instansi pemerintah dengan ktp yg bertuliskan
    Agama : Kristen
    ga bisa naek pangkat yg sama dgn org yg beragama ISLAM..
    wktu saya sekolah pelajaran agama tuh kelasnya di kelas yang udah gak kepake,kotor,bau,kecil…saya merasakannya sendiri!!
    jadi klo ga mau didiskriminasikan,jgn mendiskriminasikan org lain..

    soal cinta,kasih,damai…..
    klo bwt saya,tergantung buat siapa dulu,klo buat anak setan sih gak ada damai!!jadi lu asik gw santai,lu usik gw BANTAI…
    gtu aja broo…

    • Fisabilillah said

      Buat laskar perang christ….. SAYA TUNGGU KALIMAT YANG TERAKHIR, TINGGAL LO BILANG TEMPATNYA DIMANA !!!

      • terorist said

        saya setuju ama kamu fisabilillah,,,,
        minta aj tu alamatnya si laskart perang christ +,,,biar saya aj yang jemputnya,,,,di jamin 3 jam kelar urusan (out date)

  47. Mana bagian tulisan yang menjelek2kan orang kristen…? kasih tahu dunk…

    pikir yg realistis,TUHAN tidak mungkin mengatakan mahkluk ciptaannya kafir,sedangkan para saudara2 yg beragama muslim mengatakannya demikian….istri saya pun ISLAM,pake kedar lg,tapi saya ga pernah nyuruh dia lepas kerudung kok,apalagi nyuruh pindah agama,kami saling menghargai.

    Masa’ sih… cek dulu deh….

    masalah ngehina kartun nabi Muhammad itu seh cuma kelakuan org iseng,jgn nyalahin semua bung!!salahkan si pembuat jangan golongannya…

    berarti sama dunk… kalo sebagian ada sebagian orang yang ngaku Islam teriak2 bom sana bom sini lalu kalian sebut Islam itu teroris…? salahkan si pelaku bung, jangan salahkan Islamnya

    ah kata siapa non diskriminasi klo org muslim yg berkuasa,lo ga liat di indonesia?????????????????????
    pembangunan gereja dkt rumah saya ditolak,dilarang!!!!
    apa dasarnya??orang mau ibadah dilarang!!sedangkan tiap maju beberapa meter ada masjid!!!apa itu gak cukup??masuk tentara/instansi pemerintah dengan ktp yg bertuliskan
    Agama : Kristen
    ga bisa naek pangkat yg sama dgn org yg beragama ISLAM..
    wktu saya sekolah pelajaran agama tuh kelasnya di kelas yang udah gak kepake,kotor,bau,kecil…saya merasakannya sendiri!!
    jadi klo ga mau didiskriminasikan,jgn mendiskriminasikan org lain..

    hoho, diskriminasi ato diskriminasi..?
    berapa banyak penduduk kristen yang ada di tempatnya om..? lha kalo sedikit mbok ya gabung sama yang lain. Sama aja seperti diluar negeri sono. Masih mending di indo banyak banget gerejanya, lha di barat sono mesjidnya masih bisa dihitung tuh…

    gak bisa naek pangkatnya dilihat duluw, jangan2 yang mo naik pangkat ada apa2 ato misi tersembunyinya… hehe…

    cuba lihat tu maluku, siapa mereka yang memulai genderang peperangan..? itu baru segelintir jumlahnya udah berani kaya gitu… gimana kalo banyak…?

    cuba lihat wanita2 aceh korban tsunami yang kehilangan kehormatannya… bantuan datang, ganti dengan keperawanan… ck ck ck… saya tidak menggeneralisir ya, tapi itu orang2 barat tentunya…

    tu baru sebagian sangat kecil… heran, siapa sebenernya yang “teroris”…

    ya sudah ah, sebenernya kita bisa hidup berdampingan dengan damai… jika umat Islam mau melaksanakan ajarannya dengan baik, tentu semua akan aman. Dalam Islam, kami dilarang menghancurkan tempat ibadah saat perang sekalipun… dilarang membunuh wanita dan anak2 ketika perang, memperlakukan non muslim secara adil seperti memperlakukan sesama muslim sendiri… itu jika umat Islam sendiri mau…

    • mar said

      @heri setiawan:
      ==>Dalam Islam, kami dilarang menghancurkan tempat ibadah saat perang sekalipun…

      Hah?? gak salah? coba lihat di daerah bekasi dan Jawa Barat keseluruhan….ada berapa banyak gereja yang sudah dibangun kemudian ditutup paksa oleh islam? bahkan sampai dibakar? coba lihat di Malaysia, ada berapa gereja yang dibakar???

      itu tidak dalam keadaan perang loh….bagaimana kalau perang??? lalu kemudian pemerintah dan pers sengaja menutup-nutupi, dengan tidak dikeluarkan di media??

      makanya kebanyakan hapalan sih, bukan praktek yang diutamakan…makanya pada o’on

      • almasih said

        Hem ternyata si Mar ini gak tau toleransi beragama.. coba hari ini .. seandainya tiba-tiba saya datang ke rumah anda.. dan saya minta kamar anda dijadikan tempat beribadat.. tentu anda akan marah dong..pasti anda mikir kalo mau sholat diluar sana deh….jangan sholat di dalam rumah yang mayoritas Kristen.

        Mendirikan bangunan suci ada syaratnya lho, tidak sesuka hati mentang2 dijamin HAM dalam kebebasan beragama. Ada standar berapa persen jumlah penduduk yg menganut kepercayaan tertentu dalam kawasan tersebut yang diperbolehkan mendirikan bangunan suci. Coba liat standar perencanaan permukiman kota.. yg diterbitkan Kementerian PU. BUkan seenaknya aja bikin mesjid atau gereja… Di Amerika aja atau di negara mayoritas non muslim, mendirikan mesjid.. susah loh… di Indoesia saja mudah.. asal menghargai umat lain.. jangan seenak na dewe..

        dmikian boss…

  48. ya udah,sekarang mah liat ja di palestina,yg menang palestina ato israel…..klo palestina menag,lu pindah agama??gmn????bsnya cuma ngutip tulisan orang….klo berani jgn adu argumen di dunia benconk,eh maya!!!!ktemuan yok!!!!4mata qta ngmng!!mau gak??kayaknya lu JAWANESE ya???sok aing orang sunda yeuh!!!qta adu argumen!!mau gak loe!!!daripada kaya banci gini!!biar langsung gak usah nunggu jwbn yg lama!!!!jadi enak klo ktemu!!!!kan ntar bs sambil ngopi gtu!!mau gak???gw yg bayar!!!tapi jgn jd pengecut!!bawa tmen2 se-RT!!!!ntar gw bangkrut bayarnya!!!!klo lu bener cwo,gw tunggu lu!!!!!gw gak kan nulis2 di blog ne lg!!!!!coz bnconk smua seh!!!!!!!

  49. mo ketemu dimana emangnya..?
    saya di jogja, u dimana…?

  50. #heri
    udah kang. bantai aja 😀

  51. @Adi,
    orangnya gak akan nulis di blog ini lagi…
    yah, biar PM saya aja deh kalo mo diterusin…

    mo lihat mana yang banci ato benconk… mana yang suka bo’ong… mana yang nelen ludah sendiri…

  52. keli sriyono said

    membandingkan agama langit dan bumi itu tidak bisa di hapus sampai kapanpun, karena makna agama bumi adalah agama budi daya manusia yang menjadi kebudayaan, sedangkan agama langit adalah agama yang diturunkan Sang Pencipta yaitu Allah SWT melalui Nabi atau Rasul rasul Nya dengan kitab sucinya masing masing yang diturunkan kepada umat nya dikala Nabi atau Rasul itu hidup atau pun yang masih terbukti sampai sekarang mukjizatnya adalah AL QURAN walapun Nabi atau Rasulullah Muhammad SAW telah tiada , namun Alquran akan tetap berlaku hingga akhir zaman .

    Jadi membandingkan agama bumi dengan agama langit , sama halnya membandingkan isi kisah ashabul kahfi selama ini . Lho koq bisa ?

    Ya coba saja disimak cerita ashabul kahfi ……….

    menurut sahibul hikayat yaitu ……………………..ke dua agama sebelum agama islam , yaitu yahudi dan nasrani
    diumpamakan oleh Allah SWT adalah seperti kisah tujuh orang yang beriman di dalam gua ashabul kahfi.

    tatkala salah satu dari tujuh pemuda berniat ingin mencari makan dengan keluar dari gua , maka ia mencari disekitar rumah penduduk di sekitar gua itu dengan membelanjakan mata uangnya yang ia punya dengan makanan tsb…….

    alangkah terkejutnya ketika … seorang penduduk di sekitar itu yang menerima mata uang dari sang pemuda …….

    “Nak … kamu dari mana ….. mengapa pakaian kamu dan mata uang kamu berlainan dengan kami di masa sekarang ?”

    “Memang mengapa bu …. kami merasa bahwa kami adalah sama seperti ibu di jaman ini ,”

    “BUKAN … BUKAN itu yang ibu maksud…. yang ibu maksud adalah MATA UANG YANG NAK PUNYA ITU SUDAH TIDAK BERLAKU LAGI DI JAMAN INI .”

    “Memang kenapa bu, … mata uang ini asli lho bu, ini lho mata uang ini ada tahun pembuatannya, dan ada cap tanda tangan yang meresmikannya …. ”

    “Memang benar nak, WALAUPUN MATA UANG ANAK ADA TAHUN PEMBUATAN DAN DITANDATANGI OLEH YANG BERKUASA PADA MASA ITU , NAMUN MATA UANG ANAK HANYA BERLAKU PADA ZAMAN ITU, tidak berlaku pada zaman sekarang nak .”

    “sekarang adalah jamannya nabi Muhammad SAW, bukan jaman nya lagi nabi MUSA AS , atapun nabi ISA AS , atau nabi nabi sebelum Nabi Muhammad SAW….. jadi segala sesuatu pada masa dulu yang berada pada masa Nabi Muhammad SAW ini SUDAH TIDAK BERLAKU LAGI NAK … seperti KITAB SUCINYA , AJARANNYA , ….. semuanya itu sudah disempurnakan dalam satu wadah yaitu ISLAM sebagai agama agama yang diridhoi oleh Allah .. bukan agama agama lain. JADI JANGAN HARAPLAH AGAMA LAIN MENHARAPKAN RIDDO ALLAH SWT. HANYA ISLAM YANG DIRIDHOI. TITIK

    …………………………….

    ……. dari kisah di atas semoga menjadi perumpamaan bagi manusia ….. untuk menyakini bahwa agama yang dirihoi oleh ALLAH SWT itu cuma satu yaitu ISLAM dengan Rasulnya yaitu Muhammad SAW………

    kisah ashabul kahfi dapat kita tarik manfaat pengertiannya yaitu :

    1. Untuk kaum Muslimin, bahwa Allah itu Maha Sempurna, Maha Segalanya, dapat mematikan makhluk yang masih hidup , ataupun menghidupkan makhluk yang sudah mati ( pada zaman Nabi Isa AS dengan mukjijzatnya menghidupkan orang mati ), atau pun nanti pada masa kebangkitan akhir zaman .

    2.Untuk Non Muslim, bahwa apa apa yang telah diturunkan sebelum Nabi Muhammad , baik itu kitab sucinya , ajarannya atapun peraturan Nabi nabi atau Rasul terdahulu itu SUDAH GUGUR setelah turunya Al Quran dan Nabi Muhammad SAW .Jadi Islam lah sebagai penutup dari semua kisah ajaran semenjak Nabi Adam AS hingga Nabi Isa AS .

    Akhir kata semoga tulisan ini dapat dijadikan hikmah yang kecil diantara lautan hikmah yang luas, yang kita tahu betapa Maha Segalanya Allah SWT, bila dibandingkan dengan dengan hambanya yang lemah, bodoh, dan tidak tahu masalah apa apa . Semoga tulisan kecil ini dapat dijadikan perbandingan dari masalah agama langit dan agama bumi itu .

    aaaah ….. betapa jauuuuuuuuuuuuhnya diri kita dan ilmu kita dibandingkan dengan ilmu Allah SWT …………

  53. ganteng said

    salah satu bukti kebenaran islam adalah banyaknya buku karangan para ulama (lihat berapa jilid syarh sahih muslim) dan lain-lain. juga adanya cabang2 ilmu (ilmu waris, ilmu jual beli islami, ilmu cara bersuci, ilmu tentang haidh, nifas bagi perempuan) luar biasa banyaknya. Coba bandingkan dengan agama lain apa yang ilmu yang bisa diambil dari kitab mereka. Ilmu apa yang dihasilkan? (harus dengan dalil lo)

  54. Islam adalah agama yang terbaik dan sangat sesuai dengan fitrah manusia yang lemah.Allah sentiasa memelihara kita dan sangat menyayangi kita.Oleh itu,dia utuskan rasulNya yang terakhir,Junjungan Besar Nabi Muhammad SAW sebagai manusia yang menyampaikan wahyu dan ingatan dari Tuhan yang Esa.Islam adalah jalan keselamatan ke syurga.Walaupun kita lihat ramai yang selalu memburuk-burukkan Islam,namun ALLAH berfirman dalam Quran yang Mulia:

    Dan jikalau Tuhanmu menghendaki, tentulah beriman semua orang yang di muka bumi seluruhnya. Maka apakah kamu (hendak) memaksa manusia supaya mereka menjadi orang-orang yang beriman semuanya?

    QS Yunus:99.

    Gunakanlah mata hati,dengarlah bisikan hati anda dan cuba buang jauh-jauh dahulu segala pandangan awal yang buruk tentang Islam.Pelajari dengan hati yang suci,penuh keinsafan dan kesadaran.Insyaallah,Dia akan menunjukkan jalan yang sepatutnya.Tunjukkanlah kami yaAllah jalan yang lurus,iaitu jalan yang kau sempurnakan nikmatmu ke atas nya dunia akhirat,bukan jalan yang engkau murkai seperti mereka yang gelap hatinya.Bukan pula jalan orang yang sesat.Semoga ALLAH menunjukkan kepada kita jalan yang lurus( Islam) AMIN Ya Rabbal alamin.

  55. Fitri said

    @komen 36 Adi Isa

    Jumpa juga kita disini mas Adi

    @Moderator/Admin

    Ijin copas, karene kebetulan salah satu komentator di blog saya ada yang mengenal Bapak Yahya Maloni.

  56. Alahamdulillah.SELAMAT DATANG Saudaraku kel YAHYA di agama yang penuh kesempurnaan di dunia maupun akhirat.

  57. Kus said

    Saya sudah memiliki 2 buah buku karangan pak Yahya 1. Islam meruntuhkan Iman sang pendeta 2. Islam menurut mantan pendeta…… ke-2 buku ini isinya sangat bagus… siapapun yang membaca insyaAllah akan memperolah informasi yang jelas, akurat daan gamblang tentang perbedaan antara Kristen dan Islam.
    Selamat dan salut… semoga pak Yahya se klg selalu dilindungi Allah swt amin…

  58. ben chuldun said

    Assalamualaikum,

    dari apa yang diungkap dalam diskusi disini, kesimpulannya hampir semua anggotanya bersikap seperti anak kecil, terutama dari yang non islam. Jadi saya teringat ketika anak2 dulu sering bercerita kehebatan dirinya, atau pihak lain yang dikagumi, mengutip pendapat orang lain tanpa mencerna……. Non Islam selalu mengutip habis apapun untuk pembelaannya. Seperti Heri setiawan, tulisan pembelaanya begitu panjang, saya kira dia sudah siapkan jauh hari dan dijadikan master data (juga saya kira buah tulisan orang lain. Saya juga pernah melihat tulisan senada di situs lain)untuk meyakinkan orang lain. Endingnya, lebih jauh lebih jauh baca surat ini, ayat ini.

    Saran dari saya kepada Muslim, jangan melayani diskusi anak kecil,tapi klo ingin juga, jawab saja, oh… begitu ya…… wah hebat kamu…… biar anak itu bangga dengan daya khayalnya.
    Buat kita yang lebih dewasa agar terus maju ke depan dalam menggali syariat islam sampai paham.

    • mar said

      pertanyaan saya:
      ada tidak ya ayat yang bisa membuktikan bahwa si muhammad itu sudah masuk surga? bagaimana mungkin dia mengajarkan mengenai surga sementara hingga saat ini tidak ada yang tahu dia ada dimana? surga atau neraka?

      coba buat yang sudah hafal alquran….mana tuh ayatnya……

  59. hsb said

    ini sekedar ikutan aja sih…..saya pernah dengar yang mengangkat yesus itu menjad tuhan manusia ya

  60. siapa ya... said

    bagaimana yesus mau menyelamatkan umat kristen sedangkan dia sendiri tidak bisa selamat dari penyaliban..
    dimana itu otak………

  61. Cantik... said

    Hahaha….
    Lucu….
    Tuhan yg benar adalah yg lahir dari vagina…
    Kitab yg benar adalah yg di ubah2,
    Umat yg benar adalah yg bebas ngeseks tinggal tebus dosa. .
    Gbu….

  62. Cantika.., said

    TANPA VAGINA, MUSTAHIL TUHAN YESUS ADA,
    WHY? Karena tuhan yesus yg maha kuasa lahir dari lubang kecil vagina….
    Maka terpujilah vagina..
    Karena telah menjadi juru selamat tuhan…
    Jika tak ada vagina maka tuhan yesus takan pernah lahir..
    Jika yesus tak lahhr…. Maka takan ada penyaliban.. Jika tak ada penyaliban,. . Maka takan ada penebusan dosa… Jika dosa tak di tebus oleh yesus di tiang gantungan.. ..
    Apa kabar donk…
    Untungnya ada vagina.. Yg telah melahirkan tuhan yesus…
    Krna jika tak ada vagina..
    Mustahil ada yesus…
    Begitulah… Menurut umat terpelajar…..

    Maka agama yg paling benar dan berakal hanyalah Islam.
    Bye….;-)

  63. Cantika.., said

    TANPA VAGINA, MUSTAHIL TUHAN YESUS ADA,
    WHY? Karena tuhan yesus yg maha kuasa lahir dari lubang kecil vagina….
    Maka terpujilah vagina..
    Karena telah menjadi juru selamat tuhan…
    Jika tak ada vagina maka tuhan yesus takan pernah lahir..
    Jika yesus tak lahhr…. Maka takan ada penyaliban.. Jika tak ada penyaliban,. . Maka takan ada penebusan dosa… Jika dosa tak di tebus oleh yesus di tiang gantungan.. ..
    Apa kabar donk…
    Untungnya ada vagina.. Yg telah melahirkan tuhan yesus…
    Krna jika tak ada vagina..
    Mustahil ada yesus…
    Begitulah… Menurut umat terpelajar…..

    Maka agama yg paling benar dan berakal hanyalah Islam.
    Bye….;-), kaka.kaka..

  64. mlkt zabaniah... said

    subhanallah mbak cantika…saya sgt setuju dgn pdpt anda..mdh2han org non muslim mdptkan hidayah dr Allah SWT..mrk blm mngtahui kbnaran islam..nanti apabila sdh msk lobang kubur dn brtmu dgn malaikat malik br tau rasa mrk….

  65. rijan said

    Untuk meningkatkan wawasan dan keilmuan terhadap perbedaan AL QUR AN Vs INJIL, saya persilahkan Saudaraku muslim dan non-muslim untuk melihat perdebatan terbuka ttg Al Qur’an dan Injil. Sangat bagus sekali untuk dilihat, dan perdebatannyya sangat bermutu. Silahkan di alamat : http://www.4shared.com/dir/xgYsYOQm/sharing.html

    Cara meyakini Al qur’an bagi umat islam sangat berbeda dengan Injil bagi umat kristiani.
    Untuk meyakini Al qur’an, umat islam sebaiknya bertanyalah dan itu lebih baik, Al qur’an dan Hadits akan menjawabnya secara lengkap termasuk tentang scientist.
    Untuk meyakini Injil, umat nasrani tidak boleh banyak bertanya dan mereka harus menerima dan meyakini (bersifat dokrin), walaupun ada perbedaan isi ayat satu dengan ayat yang lain.

  66. jin said

    rame amat
    wah ada yg berantem…
    stop..stop
    yg rukun ya, benar atau salah wonk kita idup di bumi yaa hrs bs nerima perbedaan..
    urusan tar mati masuk neraka atau surga ngapain dibahas yg penting sbg manusia kita hrs melaksanakan ajaran agama masing2

    • harry said

      knp islam boleh nikah smpai 4 kli..it krn jumlah wnita didunia 4 x lbih bnyak dr laki2..dn bristri 4 pn ad syaratny yg hrus dipnuhi..jk tdk y g boleh..
      jgn tny muhammad dimna..prlu kajian ilmu trdlam utk mengetahuiny..akal mnusia tdk akn bs mnembusny..krn rasulullah adlh yg awal dn yg akhir..
      knp islam mlarang mkan babi, n hewan brkuku, brtaring lgi buas..krn ciri hewan yg disbutkn it bnyak mengandung virus pnyakit,,bkn hny babi, bhkan kambingpn tdk boleh dimkan jk trdpat virus penyakit didlam tbuhny..
      semut kcil,apbl mrasa tracam mka dy pn akn mnyerang..sprti it la islam..islam t prnah menyerang jk tdk disrang..bc kisah perang uhud,badar dll..smw trjd peperangan krn org2 kafir trlbih dhulu yg memancing peperangan..
      jk anda2 ingin mengkaji islam,,jgn mengkajin syari’atny sja..tpi lnjutkn smpi ke tarekat,hakikat n ma’rifat..
      syariat hnya tbuh islam..tp ruh islam ad dihakikat..jk diplajari ke 2 ny..mka anda akn mndpatkn seswtu yg wujud..
      aq pn t mnyangkal bhwa didlam tbuh isa as ad dzat allah..dlam diri muhammad,,klian dn smw alam in adlh satu…smw ny adlah dzat yg wajibal wujud..
      allah,,tak trbatas oleh ruang dn wktu..
      dan kpunyaan allah lah yg ditimur n barat,mk kmn pn kmu mnghadap dstu la wajah allah..(al baqarah;115)
      it dlh dalil bhwa kmi tdk mnymbah hajarul aswad..kmi bribadah dgn jahir n bathin kmi..
      jahir menghdap ke ka’bah..tp bathin kpd allah..
      it la kjian islam yg dalam,yg sbnrny blum boleh aq smpaikn kpd org yg blum mampu utk mnerimany,,
      dn msih bnyak lg yg hrus diplajari agr qt mngerti akhirat n dunia in..
      (fb;harry nugroho;rahayu_harry@yahoo.com)

  67. Assalamu ‘alaikum WrWb.
    Fb;Slamet Cell Gini Adanya; cell_slamet@yahoo.com
    sampai ketemu di FB saya. Saya tunggu semuanya.

  68. apan said

    kang harry …??? smua komentar anda mnunjukan bahwa anda mmang kritis, kuat sx rs ingn thnya, mnrik, prsis dg komntr pr pndeta yg kn tlh mndpt hidyh mmluk islam. saran sy pljri dl al-quran smpi tuntas dgn pnuh krndhan ht, tngglkn ksombongn, bukankah kt sm2 mncr kbnran n kslmtan? at kl ksulitan minimaaalll bc sjlah trjmah al-quran smpi slsi! sy yakin and akn mrskn ssutu yg tdk and tmukn dlm bible. cobalah kl mmng and kristen sejati! krn org islm tdk kbertn tuh mmpljari kitb anda.

  69. iyak said

    daripada berantem mending ngopi ae!!!!trus yang mencaci maki MUSLIM
    biarin aja!!!!entar juga mati sendiri!

  70. khoh alim said

    Hidayah Islam itu datangnya dari Allah… bukan dari siapapun mahluk ciptaan Allah…

    ingat… ketika paman nabi Muhammad yang bernama Abu Tholib dalam keadaan sekaratul maut / menjelang ajal… nabi datang kerumah pamannya untuk mengajak pamannya memeluk agama Islam. tetapi pamannya menolak untuk masuk Islam, dan mati dalam keadaan kafir jahiliyah. ( Abu Tholib sendiri adalah seorang yang sangat melindungi nabi Muhammad dari orang orang kafir jahiliyah )

    kisah ini juga sebagai bukti bahwa nabi Muhammad juga mahluk ciptaan Allah yang tidak bisa memberikan hidayah kepada manusia. ( hidayah datangnya dari Allah ).
    “Sesungguhnya Engkau (Muhammad) tidak dapat menunjuki orang yang engkau kehendaki, tetapi Allah yang memberi petunjuk orang-orang yang Ia kehendaki.” (QS. al-Qashash : 56).12

  71. Ballon said

    Sy hnya mau menanyakn kpd umat nasrani : klu mmng tuhan punya anak pasti ada tuhan mertua, skrng siapa mertuanya tuhan allah itu ?, siapa yg mnciptkn tuhan mertua ? dan knpa tuhan anak mati, apakah ada yg namanya tuhan bisa mati. Tlng jawabn yg tepat utk umat kristen.

  72. Noor Amin said

    Untuk B Ali, Agustus 25 2007 : Tidak ada saksi & bukti utk memverifikasi & memfalsifikasi Al-Qur’an…..apakah Al-Qur’an betul2 wahyu dari Tuhan atau bukan?. Itu jelas pertanyaan bodoh dari orang yang tidak tahu sejarah & tidak mau tahu. Akan saya beri tahu tetapi bersiaplah untuk tercengang & terkagum ! Keotentikan Al-Qur’an di-SEGEL oleh Tuhan Allah dengan sistem kunci “19” / Interlocking Quranic “19′. Kita boleh menyebutnya dengan di-TANDATANGANI Allah dengan sistem kunci tersebut. Ketelitian & kecermatan Al-Qur’an bukan saja pada level kalimat demi kalimat, atau kata demi kata, tetapi bahkan sampai ke tingkat huruf demi huruf. Artinya kehilangan atau kelebihan satu huruf saja akan mudah diketahui. Tolong buka & klik : INTERLOCKING QURANIC “19”. Pelajari itu semua & jangan bohongi hati sampeyan !
    Bagaimana dengan Bibel ? Aha…perubahan paragraf demi paragraf saja pura2 tidak tahu !!! Kenapa Bibel tidak bisa dihafal ? Karena memang selalu diubah-ubah dari kurun ke kurun. Bila dijawab: yang penting pengamalannya bukan hafalannya…itu pikiran kacau ! Bisa dihafal itu garansi bahwa sesuatu itu tidak diubah-ubah ! Bagi kami itu dalih basi ! Al-Qur’an ? Dihafal…ya iya. Diterapkan..juga iya. Keotentikannya ‘disegel’ & ‘ditandatangai’ Allah dg sistem kunci IQ “19”…ya malah iyalah. Kalau sudah Tuhan yang menyegel & menandatangani…ya garansi nx100%.
    Oom…banyak orang yang ingin percaya pada Bibel. Tetapi menyadari bahwa Bibel sudah diobok-obok oleh tangan2 jahil manusia…ya amat sangat meragukan jadinya. Hayo mau berdalih apa untuk menyebut tidak diobok-obok ? Terlalu banyak simpang-siur, perubahan, penambahan & pengurangan, inkonsistensi DKK…
    Oom pasti juga pura2 tidak tahu bahwa dalam kitab suci Oom banyak ayat2 porno dalam deskripsi sangat vulgar ? Oom lagi2 juga pura2 tidak tahu kalau di Bibel juga tidak sedikit ayat2 beraroma kekerasan & menyembunyikan aroma kekerasan ini dengan memelintir ayat2 Al-Qur’an yang Oom sangka penuh kekerasan. Oom, kini saatnya menyadari semua ini & bersedia buka2 Bibel secara komplit. Jangan ada yang disembunyikan… Bila ingin meneliti Al-Qur’an juga jangan sepotong2. Siap ?

    • jakarta said

      Amin kami ingin tanggapi komentar anda,Pembawa wahyu merupakan janji dari yang empunya wahyu tersebut makanya manusia itu bertanya dan saya rasa wajar dong.anda masuk otak atik alkitab,dengan langsung katakan ini lho yang benar kamu salah siapa anda?karena janji TUHAN itu harus ada bukti agar manusia bisa percaya bukan dengan katanya- katanya.Nabi yang diutus kalua tidak anda potong kompas,Nabi yang diutus TUHAN itu biasanya dinubuatkan(dijanjikan) bermujizat,bernubuat (berjanji tentang hal-hal yang akan datang) makanya orang menayakan hal tersebut merupakan hal yang wajar.pernakah daudara membaca janji TUHAN yang mengatakan bahwa setelah Nabi Isa akan ada nabi lagi ?YESUS yang anda tentang itu sebulm datang kedunia telah diNUBUATKAN oleh nabi sebelumnya Musa,yesaya, yehezkiel,bahkan raja Daud pun menulis tentang YESUS ratusan tahun sebelumNYA IA turun kebumi dan semuanya itu tergenapi dengan sempurnah.kenapa YESUS turun kedunia semua nabi telah gagal makanya TUHAN turun sendiri sebagai FIRMAN yang hidup,menjadi manusia memakai bahasa manusia mengatakan hal-hal tentang sorga dan neraka,sebab hanya TUHAN yang mempunyai otoritas tentang semuanya itu,dan sempurna adanya YESUS berkata” kamu menyebut AKU GURU dan TUHAN dan tepat kataMU sebab memang AKUlah GURH dan TUHAN.Injil Yohanes 13 ayat 13.selesai sudah.

  73. narso said

    ”sebelumnya maaf..
    ‘agama bukan untuk diperdebatkan.. Tuntunlah agama yang di anut masing-masing,jangan menyalahkan agama ini yang salah agama ini yang benar..
    ”Bagimu agamamu dan bagiku agamaku”
    0rg Yang akan tau agama yg benar adalah 0rg yg sudah mati..
    ”Maka kita selaku umat yg beragama jgnlah diperdebatkan..

  74. iko said

    cerita hoax…
    semua itu bohong

  75. ABU SOFYAN said

    BUAT SEMUA KAUM KRISTEN
    bacalah sejarah INDONESIA, AGAMAMU MASUK MELALUI APA (kebaikan atau keburukan) SIMPLE JELAS DAN PADAT KAN

  76. theo said

    saya anak nakal preman,suka perkosa gadis tapi saya tenang2 aja soalnya sudah ada yg menanggung dosa saya dialah yesus kristus penebus dosa ,gitu aja kok repot hidup narkoba

  77. web page said

    Heya just wanted to give you a quick heads up and let you know a few
    of the pictures aren’t loading properly. I’m not sure why but I think
    its a linking issue. I’ve tried it in two different browsers
    and both show the same results.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: