Sebuah Catatan Kecil

We are agree that Knowledge is FREE…

Keluarga Thifan Po khan Indonesia

Posted by Heri Setiawan pada November 1, 2007

logo.jpg logo-tsufuk.gif logo-pti.gif
Tentang khazanah per-thifanan kita di Indonesia bahwa setelah Thifan po khan tidak dipegang oleh Guru besar Ust. A.D. El Marzdedeq (Umar Sidiq) yang dulu pernah menjabat menjadi ketua Persis, Thifan Po Khan kini ada banyak terutama yang dikenal adalah Thifan Po khan yang dikembangkan oleh :

  1. Ust. Ibtida’in (seragam biru kuning), *logo 1*
  2. Tsufuk oleh Ust.Habiburrahman (seragam merah hijau) *logo 2*
  3. PTI (seragam hijau hitam) yang berdiri sekitar tahun 2005. para pengajarnya kebanyakan berdomisili di jakarta, bekasi, dan tasikmalaya seperti Ust.Abu Bakar, Ust.Sarno, Ust.Iwan Pawellangi, Ust.Hasan, Ust.Usep, Ust.Herman, Ust.Bayu dll. sehingga cabang/lanahnya masih sangat terbatas. *logo 3*

Trus apa sih bedanya dengan thifan-thifan yang lain? insyaAlloh tidak ada beda yang prinsipil. Akidahnya sama, Kitab rujukannya juga sama, dan suyukh/narasumbernya sama. perbedaannya cuma seragam, metode latihan, tingkatan, lama latihan, dll.


Seragam PTI
: Hijau Tua dengan garis hitam, sabuk: fuen (Putih) fuen lion (hijau muda) dst.

seragam-pti.jpg


Seragam Tsufuk:
Merah dengan corak hijau, sabuk: hijau muda, putih, hitam, dll.

seragam-tsufuk.jpg


Seragam Thifan Pokhan:
Biru bercorak kuning

seragam-thifan-pokhan.jpg

Metode latihan: Kalo thifan tempo dulu terkenal dengan kerasnya sedangkan tsufuk terkenal dengan kecepatannya, nah kalau PTI ini ingin menyeimbangkan antara kecepatan dan kekuatan dalam gerakan, senamnya ditambah dengan senam daht (optional), latihan kekuatan tidak dengan menahan nafas dan mengeraskan tubuh lama-lama, tapi hanya ketika serangan itu mendarat di tubuh.

Tingkatan: dalam PTI berdasarkan warna sabuk (fuen) putih, Fuen Lion, dst. fuen dalam PTI mempelajari jurus tangan yaitu: Po, Po Tsan, Pia Po, Po Nyi’r, Po Ung’r (atau kalau di Tsufuk disebut Bab 1), Kaki yaitu Rinzik datusik dll. (atau kalau di tsufuk disebut bab 2) tangan dan kaki seperti kepal luncur (atau disebut bab 3) tangan palang, tangan hampa, langit, bumi, hujan, dan terakhir jurus pendekar namsuit.

Silabus/metode dan manajemen: PTI dan Tsufuk sudah tertata rapi, untuk PTI, bagi mereka yang tekun dalam waktu kurang lebih tiga atau empat tahun dapat menguasai seluruh bahan ajar yang ditetapkan oleh pembimbing, yang apabila lulus ujian, setiap tingkatnya memperoleh Ijazah dan lisensi untuk menebarkan Thifan kepada yang berhak tanpa dibebani kompensasi bayaran kepada lanah pusat.


thifan.amikom.info

Iklan

40 Tanggapan to “Keluarga Thifan Po khan Indonesia”

  1. Zakky Zainullah said

    Ass, saya mau tanya untuk cabang jakarta nya ada tidak khusus di Jakarta pusat, saya minta alamatnya donk & rincian biaya pendaftarannya. wasalam

  2. Wa’alaykumussalaam,
    mas bisa cari cabang-cabang thifan di indonesia dari blog http://thifan.amikom.info

  3. Diwan i Kheda PTI said

    Assalaamu’alaikum wr wb
    Untuk informasi lengkap tentang Thifan Po Khan dan Persaudaraan Thifan Po Khan Indonesia, kunjungi blog kami thifan-kheda.blogspot.com atau diwanikhedapti.blogspot.com

  4. sugeng said

    hoiii……………kok susah sih cari infrmasi tentang daht

  5. boedi_ema said

    Assalamu’alaikum.

    Sekedar informasi saja, kami pernah melakukan konfirmasi kepada Ust Marzdedeq apakah beliau pernah memakai nama Umar Sidiq, dan beliau mengatakan tidak pernah menggunakan nama tersebut. Mungkin itu adalah orang lain,jadi selama ini beliau tetap dipanggil Marzdedeq (Marsedek).

    Wa’alaikumussalam

    Admin PTI
    http://www.thifanpokhan.blogspot.com

  6. boedi_ema said

    Untuk informasi mengena Daht juga sudah tersedia di blog PTI, silakan buka http://www.thifanpokhan.blogspot.com

    Admin

  7. Assalamu’alaikum…
    +in aj,
    kurang update tu lanah2 popularnye,
    > PTI
    > Thifan Tsufuk
    > Thifan Po Khan yang di bogor (malah yang di bogor >gaul, kadang2 latihanny gabung sama anak taesyukhan)

    Ayo kita ber-Fastabiqulkhoirot

  8. hasan said

    assalamualaikum,

    ikhwatiii..
    ada buku or situs or etc tentang jurus2 thifan ga??
    dulu ana pernah ikut thifan tapi cuma dasar2nya trus pindah keLampung n ga da lathn. ana pengin bljr lg

    kalo da yg th, kabarin dunk
    Jazakumullah khoir

    wassalam

  9. andaru said

    assalamu’alaikum wr wb

    maaf, boleh minta alamat tempat latihan thifan di malang raya (kab, kota or Batu )

    mohon di kirim ke email saya

    wassalamu’alaikum wr wb
    masndaru

  10. masbadar said

    aslmkm..
    ada yg tahu kabarnya ust. pupuh gak?

  11. heri said

    ustadz pupuh siapa om…? saya tahunya baru ust.habiburrahman yang mimpin Tsufuk di bandung sono… 😀

  12. fadhli said

    Alhamdulillah terakhir saya kesana (ke pesantren beliau), beliau sehat2 saja. Ust Pupu itu yg ngajarin Pak Habiburrahman Thifan kalo ga salah.

  13. dwi said

    pernah sauatu hari ust Pupu main ke jogja, beberapa bulan yang lalu. kebetulan beliau datang pada hari jumat. kemudian saya berkata kepada beliau “Ust hari ini anak2 tsufuk ada latihan di GSP UGM” beliau langsung membalas “Ayo kita liat kesana” kemudian kami pergi kesana berempat yaitu saya, kang Taufik, Ust Pupu dan Morgan. setelah sampai disana kami duduk2 dan menonton anak2 tsufuk latihan dari jarak kurang lebih 10 meter. tidak ada satu pun anak tsufuk yang mengetahui kalo saat mereka latihan sedang ditonton oleh Ust. Pupu, jujur saja saya merasa perihatin melihat keadaan ini bagaimana mungkin tamid2 yang mengaku belajar thifan tetapi tidak mengetahui salah satu pelatih senior(bahakan yang paling senior yang masih aktif).

    • Taufik Hidayat said

      Dulu saya sering di latih ma ust Pupu, sekitar 1 tahun yang lalu ada di pesantren di Cileunyi Bandung. Taufik dll juga ada di sana.

      O iya, ada yg tau thifan bogor ga?

      • Taufik Hasbi(Aceh) said

        assalamualaikum wr wb

        mohon bantuannya…?
        perkenalakan nama ana Taufik Hasbi, sekarang ini ana ingin banget melanjutkan belajar ilmu beladiri thiffan or syufu namun ana tidak menemukan tempat untuk menenpa dan belajar ilmu ini di Aceh. mohon bantuannya untuk informasi or contak person agar ana bisa belajar lagi di aceh dan mengembangkan ilmu ini…ni nomor hp ana 081360591010
        wasalam

  14. heri said

    ya mungkin karena kita emang belum pernah bertemu, belum pernah ketemu atopun diberitahu. saya aja tahunya cuma ust habiburrahman, itu aja sekilas dari video…. 😀

  15. Saif said

    Ada yang mo e-book Thifan Po Khan aliran Tsufuk?
    Kunjungi saja http://kolom-gratis.blogspot.com/

  16. dwi said

    hari sabtu kemaren ust. pupu ke jogja beliau tidur di rumah saya. beliau keliling ke beberapa lanah di jogja, solo, salatiga. sebenernya saya pengennya ke bandung, soalnya kalo di sana latihannya lebih intensif

  17. iya, harusnya sih pelatih2 senior di bandung tu menyebar ke lanah2 di luar bandung yak… jadi bisa lebih baik lagi untuk lanah2 diluar bandung….

  18. assalamualaikum para ikhwan dfimanapun……!
    klo aku sich masih terlalu baru mungkin ya untuk mengetahui terlalu jauh mengenai thifan. yang jelas aku latihan di ciputat kampus STEI SEBI. aku sendidiri kuliahnya di PTIQ. yang aku rasain nich yach, sete;ah aku ikut latihan thifan badanku enak banget, maksudku gak cepet masuk angin gitu. trus fisik kayaknya kelihatan lebih bertenagagitu. mentalku agak sedidkit lebih berani gitu. bukan sombong sich. mungkin ini kali ya salah satu manfaat latihan thifan. aku latihannya ama ust.Herman lhoo… asyik banget, soalnya gak marah-marah gitu. walau kadang aku kena pukul juga.

  19. heri said

    wah, kena pukul terus toh…? 😀

  20. Saifullah said

    Ngobrol ringan tentang Thifan Po Khan, kunjungi saja http://thifan-saif.blogspot.com/

  21. nailuf said

    Tuh, di antara ketiganya mana yang paling hebat?

  22. tergantung “pelaku”nya pak…

  23. Sholeh said

    Assalamu’alaikum..
    ‘afwan sblmnya ana penasaran bgt ingin tau apakah benar kalau ustdz marcedek itu tdk pernah mempelajari serta mempraktekkan langsung syufu taesyukan shg beliau ahli dlm beladiri ini?

    • Taufik Hasbi(Aceh) said

      assalamualaikum wr wb

      mohon bantuannya…?
      perkenalakan nama ana Taufik Hasbi, sekarang ini ana ingin banget melanjutkan belajar ilmu beladiri thiffan or syufu namun ana tidak menemukan tempat untuk menenpa dan belajar ilmu ini di Aceh. mohon bantuannya untuk informasi or contak person agar ana bisa belajar lagi di aceh dan mengembangkan ilmu ini…ni nomor hp ana 081360591010….tolong hubungi Ana
      wasalam

  24. Agus said

    Assalamu alaikum, mo nanya nih kalo latihan thifan pohkhan ada ga di bogor? ana dah lama ga latihan.Pengennya thifan phokhan wassalam

  25. coba lihat di http://www.thifan.amikom.info, disana ada tempat2 latihan thifan. kalo ada yang merasa tempat latihannya belum masuk, silakan daftarkan lanah antum di sanah…

  26. Dadan K said

    Assalamu’alaikum. Ma’af kang, mo nanya nih. untuk daerah Rangkasbitung ada ga Thifan po khan?

  27. afunsabroni said

    saya dulu pernah denger pencak silat thif phokahn tapi karena bsru-baru pingin tahu , jadi kurang minat .tapi kalau sekarang gabung gimana caranya?

  28. taufik di atjeh said

    assalammualaikum….?

    salam kenal semua….saya mau tanya untuk ilmu beladiri ini di aceh ada tak????/ bahkan yg dulu saya kalau pertama kali ilmu ini brkembang adalah di aceh….dari kerjaan turky utsmani….jadi ada alamat cabang di aceh???

  29. reza said

    aww. apakah ada latihan Thifan Pokhan di Malang Raya? kalau ada alamatnya di mana? syukron

  30. abu faris said

    Assalamu’alaikum…

    Akhi mau tanya, kalo thifan ragunan masih aktif tidak ya. Minta informasi terbarunya ya. ataw ada tidak thifan tsufuk yang deket ke karawang

    Jzk

    wassalamualaikum.

  31. Marsa said

    saya ingin belajar thifan, kalau di bogor alamatnya di mana ya, siapa yang harus saya kontak & berapa no HPnya. Mohon jawabannya di email ke emil saya. syukron.

  32. rama_mtop said

    asslmkm..minta tolong utk merintis pelatihan thifa di makassar,,jazakallahu khairan

  33. abu fath said

    Assalamu’alaikum. Syufu taesukhan lanah bekasi ada yg tau tdk ?

  34. I don’t know if it’s just me or if perhaps everyone else encountering issues with your website.
    It seems like some of the text on your content are running off the screen. Can somebody else please comment and let me know
    if this is happening to them too? This might be a issue with my internet browser
    because I’ve had this happen previously. Kudos

  35. Yusuf said

    Assalamu’alaikum,,, tolong dibuka cab. Thifan di makassar…. Kami berharap dan menunggu

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: