Sebuah Catatan Kecil

We are agree that Knowledge is FREE…

Tutorial Antena Kaleng dan Antena Wajan Bolic

Posted by Heri Setiawan pada Agustus 11, 2008

Dalam 2 tahun terakhir, setidaknya saya terlibat dalam pembuatan 3 jenis antena untuk Wireless LAN.

Free Image HostingAntenna kaleng mulai saya buat pada akhir tahun 2005… pengalaman menarik, lucu dan terkesan bodoh waktu itu ketika dengan PDnya saya menggunakan kabel antena Televisi dan port untuk Handy Talky yang harganya 3000 an… al hasil, tidak bisa menangkap sinyal Hotspot dari kampus berjarak kurang lebih 500 meter… Akhirnya coba lagi terus, mencari komponen yang sesuai dengan tutorial yang saya dapatkan dari anak2 laboran kampus, sampai akhirnya bisa konek dan berinternet ria dari jarak sekitar 600 meter dari akses point dengan sinyal “good”.

Setelah itu, eh ntah dari mana temen2 kok jadi banyak yang tahu, baik yang kenal ato ga kenal bahkan ada yang mendatangi kost untuk sekedar tanya2 ato minta dibuatin antena kaleng. Ya, dengan enteng saya bilang “Saya gak mau buatin antena kaleng, tapi kamu mau buat akan saya bantu”, seperti itu kira2…😀. Saya pun cuma bisa ketawa-ketiwi ketika lihat temen2 ada yang buat antena, kawatnya dibentuk macem2.. wew… yah, akhirnya sih mereka bisa bua sendiri2…

Tutorial antena kaleng ini dibuat sama temen saya, Hari Sudibyo, kakak angkatan yang sekarang ada di Batam jadi juragan kue pukis… dulu dia buatnya mandiri, saya cuma mengantarkan di beli bahan yang diperlukan di toko elektronik. Barangnya nyarinya cukup sulit, ya mungkin hanya orang2 tertentu aja yang bisa nyari tu barang… yang udah tahu toko2 elektronik maksudnya..😀

Download Tutorial Antena Kaleng

Free Image HostingAntena Wajan Bolic dibuat oleh ketua organisasi komputer club (AMCC), Arshandy… hanya saja karena peralatan yang minim, akhirnya pinjam deh peralatan untuk robotika, kebetulan saya ikut robotika waktu itu dan mendapatkan full akses barang2 untuk robotika, terutama… BOR…😀 . Setelah semua selesai, ternyata masalah tetep aja datang…USB Wireless Card tidak terdeteksi… yah…akhirnya ketemu juga masalahnya pada KABEL UTP, tahanan kabel UTP terlalu besar sehingga power loss pun ikut besar… maklum, kabel UTP murahan… Akhirnya masalah bisa kelar setelah kabel UTP diganti dengan kabel UTP yang LUAR BIASA (harga 3500 permeter)… Al hasil, penguatan sinyal dengan antena Wajan Bolic jauh lebih besar ketimbang dengan antena Kaleng…

Download Tutorial Antenna Wajan Bolic

Free Image HostingAntena Helikal… saya hanya terlibat mengantarkan temen yang mau buat antena ini ke Beringharjo, Malioboro beli plat kuningan yang harganya lumayan mahal, 2x makan😀 … dan juga memberikan peralatan untuk buat antena itu… katanya sih hasilnya bagus… tutorial nya saya ga punya… jadi ya maap-maap aja deh…🙂

Thats all, saya sih penginnya membuat konsep yang berbeda berdasarkan teori dari pembuatan wajan bolic dan antena kaleng, misalnya menggunakan reflektor pake antena televisi yang bulet ato pake bola mainan dari plastik yang dilapisi aluminium foil sebagai reflektor tapi ya… belum kesampaian…😀

51 Tanggapan to “Tutorial Antena Kaleng dan Antena Wajan Bolic”

  1. […] Tutorial Antena Kaleng dan Antena Wajan Bolic Tutorial Antena Kaleng dan Antena Wajan Bolic […]

  2. Katiran Sutrisno said

    makasih tutorialnya mas. kapan2 saya kan kesini lagi…

  3. fadli said

    boleh juga tuh tutorial…,saya mau nanya nih mas
    1.untuk antena kaleng bisa ngaak kalau kita pake usb wifi
    2.untuk antena diatas penggunaan nya untuk hot spot free apa yang bayar mas….

  4. @fadli
    saya juga mau jawab nih

    1. antena kaleng bisa pake usb wifi card. seperti antena wajan bolic yang juga pake usb wifi card.
    2. semuanya bisa dipake baik itu yang free maupun yang ga free asalkan bekerja pada frekuensi 2.4Ghz

  5. nyurian said

    kelimaxxx

    aaaaaaaaaaahhhhhhhhhhhhhh………..

  6. yayan_re3 said

    mas, di kota sy. HotSpot berada dikantor telkom kira2 300 mtr.
    klo pake wajan bolic, bisa ga internet yang free?

  7. bp said

    mas, saya mau tanya.. saya menggunakan layanan dial-up internet menggunakan usb modem dengan salah satu provider yang ada. Masalahnya adalah, perform jadi jauh tidak bisa maks krn dari layanan 3G turun menjadi GPRS karena di dalam rumah saya tidak dapat sinyal 3G. Tapi dluar rumah dapat sinyal 3G. Bts terdekat 2-5KM klo tidak salah.. Apakah dengan menggunakan anten wajanbolic dapat mgenguatkan sinyal..? Atau ada saran lain…?

  8. tidak bisa mas… frekuensi antena wajanbolic tu sekitar 2.4 Ghz… berbeda dengan untuk frekuensi 3G yang bermacam2…

    kalo mas bisa mengetahui frekuensi yang digunakan oleh provider mas, mungkin mas bisa coba buat antena wajanbolic untuk frekuensi itu dengan perhitungan tertentu sehingga bisa menguatkan sinyal sesuai frekuensi pembawa provider 3G itu.

    Kalo ada didalam rumah, coba mas letekkan komputernya pada posisi yang lebih tinggi lagi mas… jangan sampai terhalang oleh logam antara modem usb dengan BTS… insyaAllah sinyal akan lebih besar walau sedikit…

  9. sofy said

    mas mau tanya kalau antena wajan bolic yang memakai USB diganti wajan bolic bisa nggak

  10. maksudnya “antena wajan bolic yg memakai USB” diganti “wajan bolic” …?

  11. Givan said

    kalo ada anatena kaleng langsung jadi yg jarak nya 3 km ….brp? saya mau beli
    Tangerang 92550334………n kalo ada password nya bgmn? apa ada softwarenya? Gratis kan

  12. aji said

    mas heri, jauh dekatnya jangkauan antena wajanbolic tergantung apanya sih? tergantung wireless usbnya, atau wajannya, atau ketepatan pembuatannya? boleh kasih referensi wajan yang bagus stainless steel, aluminium, atau besi? trus usb wireless yang murah & bagus apa, thx.

  13. ada banyak faktor yang mempengaruhi.
    usb wireless bisa mempengaruhi, wajannya bisa mempengaruhi, ketepatan pembuatan juga bisa, kabel pun bisa mempengaruhi.

    kalo seperti artikel antena helical, jenis reflector yang digunakan direkomendasikan yang kuningan.

    biasanya pakai aluminium itu dengan pertimbangan harga, berat dan juga ketahanan terhadap karat.
    temen saya pake USB wireless merk TP-Link, USB yang cukup murah bahkan paling murah mungkin. Kalo bisa sih pake yang agak bagusan dikit seperti D-Link.

  14. bolay said

    lieurrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrr.heula 1

  15. Anton said

    Mau tanya neh. Q dah buat wajan bolic dengan diameter 60 cm pake usb wireless linksys . Trus q udah nangkep signal 65% trus q connect. Tapi pas q connect ternyata ad tulisan limited. Kayaknay bandwithnya dibatasi sama server. Tau g cara atasinnya? Kirim caranya ke trifiananto@yahoo.com

  16. @Anton,
    Biasanya “limited” itu ada 2 kemungkinan, karena sinyal kurang atau karena akses point kurang responnya (bisa bandwidth, bisa setting dsb)…

    ngatasinya ya tergantung masalahnya apa…🙂

  17. mf_yusri said

    Asslmlkm. mas sy mau nanya, sy sudah sering buat kabel untuk antena kaleng namun tidak berhasil, sy sudah coba cara yg ada, mengikuti warna msg2 kabel, namun klo di conect ke komputer tetap aja not recognized,,, kira2 bagaimana solusinya tlg bantuannya,,, tks

  18. mf_yusri said

    maaf ada yang kurang td,,,,,,,,,,
    kabel yang sy gunakan adl kabel LAN maklum sy menggunakan USB wireless,,,,,,, jadi mas tlg batuannya untuk proses peranggakaian kabel tsb,,,,,,, tks

  19. Anton said

    Kalau masalah sinyal g mungkin, coz sonyalnya 70% atau dalam skala adalah 4.

  20. heri said

    mas yusri,
    coba mas pake kabel yang agak mahalan dikit. biasanya kabel UTP yang bagus itu yang agak lentur.

    saya sama temen saya sempet bingung juga udah pake beberapa kabel UTP (20 meter) kok tidak terdeteksi USB wifinya. Di ukur pake multimeter, ternyata memang besar nilai tahanannya.

    Nah trus kita juga bandingin kabel perpanjangan USB antara yang malah dan murahan, dan emang beda juga nilai tahanannya… jauh bedanya…

    Akhirnya ya coba2 nyari kabel UTP yang lebih mahal (merk Belden USA kalo ga salah)… dan memang bisa digunakan untuk perpanjangan 20 meter buat wajanbolic.

  21. mas anton,
    yah, kalo begitu besar kemungkinan masalah ada di server🙂
    untuk memastikannya ya mas harus mencoba akses hotspot yang benar2 bisa diakses sebagai perbandingan…

  22. mf_yusri said

    saya udah coba pake kabel belden yang sudah disarankan,,,,,,,,, namun cuman bisa sekitar 6 meter aja itu juga masih blum macth, masih “this device can ferform faster”. klo lebih dari itu tetap aja not recognized. apakah masalahnya pada settingan pada komputernya?
    klo iya tolong infonya lebih lanjut,,,,,, tks,,

  23. bolay said

    Yusri ! Gaak bs manjangin kabel,kacian amat !!!!!!!!!orang sdh pd “ENJOY” eh ini msh berkutat dikabel UTP.Tanya sy dong……..eh salah!

  24. heri said

    @Yusri…
    Kalo setting komputer ga masalah sih… intinya tu ke masalah power loss nya saja…

    Beberapa yang berpengaruh:
    1. Kabel UTP >> cari yang hambatannya paling kecil, banyak lho merk “belden” palsu di pasaran…
    2. Kabel Perpanjangan USB >> yang dipakai di kedua ujung kabel UTP, cari yang bagus (transparan warna silver).
    3. USB wifi >> USB wifi punya karakteristik sendiri2, ada yang kurang power dikit ndak bisa kebaca
    4. Komputer >> masih berkutat di powernya

  25. bolay said

    bung “AWANSX” boleh ga sy ngasih masukan tuk rekan2 yg kesulitan !

  26. @bolay,
    boleh banget mas… seneng banget saya kalo mas mau jadi pembimbing masalah antena dan wireless networking disini…

  27. bolay said

    Wah jadi malu sekali saya ! Terus terang saja, untuk ngetik saja mesti nyari hurup satu persatu.apa lagi jadi……..Tapi terlebih dahulu saya mohon MA’AAAAF atas kelancangan saya.Disini judulnya ga tahu “Memperpanjang kabel UTP atau masang kabel UTP !”.Pada intinya kabel utp ada 4 pilinan(untuk warna tdk saya perhatikan)di”SOLDER” lansung ke conector usb.Jadi kabel usbnya tdk disisakan sama sekali !Semoga bermanfaat.Ngetik segini sangat lama dan bingung untuk menerangkan cara pasang kabel utp,sekali lagi saya mohon MA’AF !

  28. perdanasn said

    mas kalo connector cabel usb gak dipindah dari 2.0 ke 1.1 ada pengaruh gak mas
    thank you

  29. islah said

    mas Q da coba tapi sulit untuk conek g mana donk………..

  30. Bolay said

    Nih wajanbolic nya lg dipake ke hotspot telkomfree jarak 2.5km,tinggi 8 meter !Saya gak bisa buka AP yg dikunci,ada yg tau caranya ?

  31. heri said

    dah ada yang coba bobol pake backtrack…?😀

  32. Bolay said

    “BACKTRACK” Bgmn crnya ?cari backtrack dulu !TQ

  33. Bolay said

    Besar sekali filenya !Backtrack 4 beta 1gb,yg 3 700mb.ada yg DVD image,VMmare image,ada yg USB Version.Mn yg hrs diDL ?

  34. terserah pake yang mana… DVD image buat dibakar di DVD, VMware image buat dijalanin pake WMware, USB ya jalanin tu software via USB, kalo ga salah bootable via USB flashdisk.

    itu linux khusus jebol-menjebol… tapi saya lom pernah nyoba…

    malez nyoba kalo ndak diperlukan…🙂

  35. Bolay said

    Ini seperti SO Linux.sdh diDL yg versi3 final,terus diapain nih ?Mohon pencerahanya

  36. Bolay said

    Sdh diDL semua backtrack 3 full smp yg 4beta,versi dvd,vmware,dan usb malah tambah pusing nih ! ribet……………ribet…….nginstallasinya, padahal video tutorial sdh diDL jg.Malahan wins ga jalan.HELP……………………………………………..

  37. heri said

    waduuh… dicoba beneran toh..?

    bahaya tu install linux tanpa backup data (kecuali sudah yakin dan terbiasa)… bisa ilang tu semua datanya.

    tapi gak papa, pengalaman adalah guru yang sangat berharga…🙂 saya dan temen2 juga udah merasakan “nikmat”nya kehilangan data dari sekedar coba-coba…

  38. Bolay said

    Memang hilang semua dan clean install lagi!Tapi tetap masih penasaran dengan si “BACKTRACK” sdh saya DL lg yg versi 4beta

  39. wakakaka…. itu namanya pencari ilmu sejati… suatu saat insyaAllah Bolay bisa jadi orang berguna bagi negara ini… teruskan perjuangan sampai ketemu ya…hehe…

  40. Bolay said

    Amin !TY suportnya

  41. Bolay said

    Pernah ngebandingin wajanbolic sama helical nggak,bagusan mana ?Soalnya wajanbolicku nggak mau berteman dengan angin selalu pindah arah apalagi kalau hujan besar + angin besar pula………..ih….ngeri…… Bogor………oh…..Bogor…….

  42. wa said

    mantap infonya…..

  43. Mancagok said

    apakah antena dari wajan bisa juga untuk menguatkan sinyal untuk modem yang gak mempunyai antena luar…maklum modemku sinyal 3G gak stabil bahkan kadang cuman dapat sinyal EDGE…apakah ada solusi?

  44. kunti said

    pancene indonesia kere aktiv. tp gpp sing penting kreatif. tapi ojo sering2 kere kapan sugihe…………………..

  45. yoyoktri81 said

    mantap juga bos tutornya
    minta bantuan bos berdasarkan pengalaman
    aq da buat antena kaleng yang sebelumnya cm dpt gprs saja,setelah pasang antena kaleng dpt wcdma tp ya itu sulitnya minta ampun, apa ada yang salah dengan pembuatannya ato yang lain, mhn bimbingan thq

  46. alif irawanto said

    sering dicoba ga bisa tau karena saya dikampung yang sinyalnya lemah. eh ia sebenarnya bisa engga anten ini digunakan untuk hp modem tipe C700

  47. budi said

    kebanyakan sekarang harus masukin IP, DNS dan mac address gan, gue belum dapetin software yang bisa bongkar ke3 address itu secara otomatis

  48. yagus said

    maz mau nanya nih..saya dah buat antena wajam bolic,tapi belum sempurna..saya mau nanya kenapa saya gak bisa terhubung sama IP yang sinyalnya bagus,tapi ada IP yang sinyal krang bagus kurang dari10% tapi boleh terhubung..apa masalahnya ya maz..thanks.saya sekarang ada di negara jiran di sini banyak bangt IP yang bebas..

  49. amir said

    thx info x,bisa saya praktekan

  50. Magic in this article.. pasaran taruhan bola We are really satisfied to peer this page. Thanks so much and I’m waiting for get in touch with you. Do you want to you need to drop us a email?

  51. Terimakasih atas tutorialnya gan saya mau coba bikin

Tinggalkan Balasan

 
