Sebuah Catatan Kecil

We are agree that Knowledge is FREE…

Abu Robocon India 2008, Indonesia & Jepang sampai Perempat Final

Posted by Heri Setiawan pada September 4, 2008

Free Image HostingTim JUMP-BE, pemenang Kontes Robot Indonesia 2008 akhirnya harus takluk oleh tim robot dari China saat bertanding di perempat final Abu Robocon 2008 di Pune, India. Di pertandingan perempat final yang lain, tim Jepang ditaklukkan oleh Mesir sehingga yang maju ke final adalah Mesir melawan China sampai akhirnya China berhasil mengalahkan Mesir dan menjadi juara lagi. Tahun 2007 China berhasil mengalahkan Indonesia pada pertandingan final Abu Robocon 2007.

Video pertandingan final Abu Robocon 2008 bisa dilihat via Youtube atau temen2 bisa download video final Abu Robocon 2008 antara Mesir vs China dari sini

Untuk lebih detail, berikut pemaparan dari pak Endro Pitowarno, dedengkotnya robotika Indonesia… :

Perjuangan panjang setahun penuh tim Indonesia dan tim Jepang di negara masing-masing dalam mempersiapkan laga di ABU Robocon 2008 Pune India berakhir sudah. Mereka memosisikan diri sebagai Second Runner Up bersama setelah di semifinal Jepang dikandaskan Mesir dengan 30:16, sementara – lagi-lagi – Indonesia dengan robot JUMP-BE dari PENS takluk dari tim raksasa juara ABU Robocon tahun lalu, Jiao Tong Univ. dari China dengan 24:7. China akhirnya menjuarai kontes ini setelah di final menumbangkan Mesir dengan skor tipis 22:21.

Perjalanan tim Indonesia hingga semifinal sebetulnya relatif sangat mulus meski berhadapan dengan tim-tim mantan juara dunia seperti Korea dan Vietnam. Di babak penyisihan yang tim kita berada satu grup dengan tim Korea dan Sri Lanka mampu menunjukkan diri sebagai tim yang paling ditakuti setelah melumat Korea dengan skor telak 34:7 dan menyingkirkan Sri Lanka dengan GOVINDA 48:-3 dalam 26 detik, suatu prestasi GOVINDA terbaik selama di Pune.

Tim Jepang juga membukukan prestasi yang bagus di penyisihan dengan mengalahkan Hongkong 36:6 dan (sempat) menjungkirkan Mesir (yang akhirnya menjadi Juara-2) dengan skor 27:19, meski di babak semifinal Jepang ketemu lagi dengan Mesir dan kalah dengan skor 30:19. Mesir yang berada satu grup dengan Jepang dan Hongkong ini memang bernasib baik. Perolehan nilai total 37 dalam penyisihan yang mengalahkan nilai Hongkong telah membawanya menuju Permepat Final. Di perempat final baru bertemu tim kuat Mongolia dan menaklukkannya dengan
skor 30:18 sehingga melaju ke semifinal.

Di perempat final tim Indonesia sekali lagi menunjukkan keperkasaanya dengan menumbangkan tim mantan juara dunia 2 kali, Vietnam dengan skor cukup telak 27:8. Ini juga sebuah prestasi pembuktian diri bahwa tim-tim dari Indonesia selama ini memang tergolong tim raksasa sekaligus sebagai penumbang tim raksasa.
Jepang takluk di tahun 2002 ketika BCAK menjadi juara 1 di Tokyo. Thailand tumbang oleh G-RUSH di Hanoi 2007 kemarin. Korea dan Vietnam sekaligus juga telah merasakan ketajaman taring JUMP-BE dari Indonesia di Pune ini. Tinggal China saja yang belum dikalahkan. Ya, skor kita dengan Jiao Tong Univ. adalah 0:2, dua kali bertemu dua kali kalah.

“Kompak”nya tim Indonesia dan Jepang sebagai sesama juara 3 (second runner up) ini nampaknya akan menjadi bumbu penyedap penyelenggaraan IJE (Indonesia Japan Expo) Robocon 2008 9 Nopember 2008 mendatang. Pasalnya, terbukti kedua pihak dalam urusan robot-robot contest ini selalu kejar mengejar prestasi. IJE Robocon yang akan dihadiri tim dari TITECH Tokyo dan KNCT Kumamoto ini nampaknya akan menjadi ajang unjuk teknologi robot yang sangat menarik. Kita tunggu saja.

Selamat untuk tim JUMP-BE, kalian telah mengharumkan nama Indonesia di ajang
bergengsi ini.

Maju terus robotika Indonesia, yang udah senior… share dunk pengetahuannya buat para junior…🙂

3 Tanggapan to “Abu Robocon India 2008, Indonesia & Jepang sampai Perempat Final”

  1. anom said

    Subhanalloh…
    Kapan ya, Indonesia jadi tuan Rumah???
    InsyaAlloh Indonesia bisa juara nantinya… Amiin

    anom@malaysia
    alumni tim robot 2005/2006

  2. Blacklist said

    Wew….. kok kalah lagi ama china… tp gpp..
    bukan indonesia yang lemah.. semua nya tambah hebat..
    SEMANGAT INDONESIA,…. HARUMKAN NAMA BANGSA..

    pesertaKRI2007/2008

  3. agah mahmuda said

    alhamdulillahh…
    doanya udh maksimal ikhtiarnya aj yg msh kurang…
    semangat bwt tim Indonesia..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: