Sebuah Catatan Kecil

We are agree that Knowledge is FREE…

Local Web Server Menggunakan XAmpp

Posted by Heri Setiawan pada Oktober 6, 2008

Kali ini kita akan mencoba membahas langkah-langkah membuat local web server dengan menggunakan XAmpp. XAmpp sendiri merupakan program paga (paket gratis) yang terdiri dari Apache web server, PHP untuk web programming dan MySQL untuk web database.

Saya biasa menggunakan program ini untuk membuat web/blog instant di localhost sebelum di upload ke online web hosting atau sekedar utak-atik template untuk optimalisasi iklan Google Adsense😀.
Dengan menggunakan program ini, maka dengan sekali install temen2 bisa langsung menikmati web server di komputer sendiri dengan sangat mudah.

Sebelum install, tentu butuh programnya yak…? Silakan download programnya dari sini.
Setelah program didapatkan, install seperti biasa… pake default install saja, gak perlu di utak-atik. Next…Next dan Next sampai Finish..😀
Free Image Hosting

Secara default, program akan diinstall di c:\xampp\

Setelah selesai, buka XAmpp Control Panel kemudian start Apache dan MySQL.
Free Image Hosting

Kemudian buka web browser temen2 kemudian ketikkan http://localhost pada kolom web address, maka akan nampak seperti berikut:
Free Image Hosting

Defaultnya, http://localhost mengambil folder c:\xampp\htdocs\ untuk ditampilkan.
Untuk mendapatkan tampilan seperti explorer, dari windows explorer buka folder c:\xampp\htdocs\ kemudian hapus file index.html dan index.php. Refresh web browser, maka akan nampak tampilan seperti ini:
Free Image Hosting

Jika temen2 ingin mengganti folder default web (C:\xampp\htdocs) ke folder lain, misalnya (D:\web), dari windows explorer buka folder C:\xampp\apache\conf\ kemudian akan nampak list file dan folder seperti ini:
Free Image Hosting

Buka file httpd.conf pakai notepad kemudian ubah setting DocumentRoot. Terdapat 2 perubahan seperti berikut:
Free Image Hosting

Free Image Hosting

Untuk mendapatkan hasilnya, stop Apache dan MySQL pada XAmpp Control Panel kemudian start lagi. Refresh web browser dan temen2 akan mendapatkan hasilnya…🙂
Free Image Hosting

Untuk bermain-main dengan MySQL, buka alamat http://localhost/phpmyadmin dari web browser temen2. Default database username: root, passwordnya dikosongkan dan server: localhost
Free Image Hosting

Baik seperti itu dulu, insyaAllah tutorial selanjutnya adalah install WordPress atau CMS lain di localhost.
Download tutorial XAmpp dalam bentuk office document dari sini

16 Tanggapan to “Local Web Server Menggunakan XAmpp”

  1. nasyidihya said

    ASLMKM..AKHI NI HENGKY…PA KABAR…GA PERNAH KELIATAN…KE MANA AJA ??
    AKH ARTIKELNYA BAGUS YA…TA COPY PASTE KE BLOG NI YA..BOLEH ???

  2. nasyidihya said

    tenang aja…nama penulisnya pasti ta cantumkan…HERI SETIAWAN “STMIK AMIKOM”
    OYA AKH TUKERAN LINK YA,,,!!!

  3. Nyantai aja… semua disini tuh “ABSOLUTELY FREE”… saya cuman ingin sharing pengetahuan saya aja… (kalo sempet)… hehe… karena seharusnya kita bisa membagi pengetahuan secara gratis…

  4. evan said

    salam kenal.. saya evan mau numpang tanya ada tdk situs yang menyedikan tetnatn penggunaan xampp secara mendetali. so saya oarang baru dalam menggunakan xampp saji butu belajar.. mahkasi sebelum..

  5. jokrit said

    keren…….nggak belibet…..jelas padat

  6. Thomy said

    makasih atas manual nya mudah-mudahan akan bermanfaat buat saya

  7. mulyadi said

    Assallamuallaikum?

    Terimakasih Smg dapt bermanfaat bagi umat???

  8. WahyuOi said

    semoga ini bisa membantu saya dalam belajar blogging

  9. Ayus said

    saya daftar user dan password baru jadi sekarang dalam MySQL ada 2 user,saya dah daftar domain ke co.cc (status skrang “allowed”)dan 000webhost untuk hostingnya (status skarang “setup is progress”),yang saya tidak paham apakah MySQL beroperasi dengan root atau user baru?root status “Grant”,tapi yang pasti user name dan pasword dalam ” wp-config-php ” yang terdapat pada c/xampp/htdocs/wordpress adalah sama dengan user baru,tapi saya lihat “wp-config-sample.php”,nongol juga di situ persis di bawa “wp-config.php”,adakah semaua ini tidak menjadi masalah kemudian atau barangkali ini yang menjadikan website saya blum online??mohon pencerahan,terima kasih

  10. Wiko Fredy Guspa said

    mas sugeng, mau nanya..
    saya mau belajar membuat webserver
    dimana saya harus memulai mas?
    trims

  11. nain said

    mas saya mau nanya,,, XAMPP sy ga’ jalan,, eror,,,, gmn to ms..?

  12. Madrosi said

    Terima kasih mas atas artikelnya yang sangat bermanfaat ini karena saya memang sedang belajar bagaimana menjadikan computer sebagai webserver (localhost) dengan menggunakan xampp. Salam kenal dari saya.

  13. yuisachy said

    Assalamualaikum wr wb
    syukron atas info’y. ^_^

  14. aboezaki said

    Assalamu’alikum
    jazaakumulloh, atas infonya

  15. dono said

    saya mw tanya knp saya buka http://localhost/phpmyadmin/ my sql eror…
    mohon solusinya

  16. freez said

    makasi kak. sangat bermanfaat. ^^

Tinggalkan Balasan

 
