Sebuah Catatan Kecil

We are agree that Knowledge is FREE…

Archive for the ‘Tarbiyah’ Category

Nafsu Ingin Menjadi Pemimpin

Posted by Heri Setiawan pada April 7, 2009

Oleh: Ust. Daud Rasyid

Perbedaan zaman Salafus-sholeh yang paling kentara dengan zaman sekarang, salah satunya dalam ambisi kepemimpinan. Dulu, khususnya zaman sahabat, mereka saling bertolak-tolakan untuk menjadi pemimpin.

Abu Bakar Shiddiq diriwayatkan, sebelum diminta menjadi Khalifah menggantikan Rasulullah mengusulkan agar Umar yang menjadi Khalifah. Alasan beliau karena Umar adalah seorang yang kuat.

Tetapi Umar menolak, dengan mengatakan, kekuatanku akan berfungsi dengan keutamaan yang ada padamu. Lalu Umar membai’ah Abu Bakar dan diikuti oleh sahabat-sahabat lain dari Muhajirin dan Anshor.

Baca entri selengkapnya »

Posted in Politik, Tarbiyah | Dengan kaitkata: , , , | 2 Comments »

Ketika Masalah Menghampiri….

Posted by Heri Setiawan pada Desember 13, 2008

merenungi masalah

Permasalahan dan musibah dalam kehidupan itu akan selalu ada…tanpa kita duga…tanpa kita sangka-sangka…tetapi memang mereka selalu muncul dan akan selalu muncul selama roh masih menyatu dengan badan…selama nafas masih terhembus… selama jantung masih berdetak… selama darah masih mengalir dalam urat nadi manusia.

Bagi sebagian orang, permasalahan yang terasa berat akan membawanya kepada hal yang negatif sebagai bentuk pelampiasannya terhadap masalah yang dia hadapi. Imannya jatuh, kesabarannya jatuh dan gairah hidupnya pun jatuh… dia hanya bisa melakukan pelampiasan-pelampiasan yang tiada berguna. Dia lupa akan impian-impiannya, dia lupa akan orang-orang disekitarnya dan lebih buruk lagi… dia lupa akan Tuhannya dengan segala kasih sayangNya… Dia semakin larut dalam permasalahannya, mencoba lari dari masalahnya dan merasa seolah-olah kehidupan ini tiada berarti…

Baca entri selengkapnya »

Posted in Catatan Kecil, Perjalanan Hidup, Tarbiyah | Dengan kaitkata: , , , | 11 Comments »

Ciri-Ciri Fanatisme Kelompok…

Posted by Heri Setiawan pada Oktober 4, 2008

Selama 10 hari iktikaf di Masjid Jogokariyan (masjid teladan di Yogyakarta… bahkan paling baik dan makmur di Yogyakarta menurut saya…), banyak sekali pengetahuan yang bisa saya dapatkan… luar biasa…, bagaimana para Ustadz memberi motivasi kepada kami sampai motivasi itu berhasil “singgah” di benak dan hati kami…
Baik, diantara Ustadz yang mengisi kajian tematik untuk kami adalah Ust Fauzil Adhim dengan tema “Spirit of Dakwah”. Yang dibahas lebih cenderung kepada niat dan tujuan dakwah itu sendiri dimana seharusnya dakwah itu didasarkan oleh kepentingan Islam, bukan kepentingan kelompok.

Sebenarnya sudah lama saya ingin mengulas hal ini karena ada beberapa teman disekitar saya yang terlihat terjebak dalam fanatisme kepada suatu kelompok, organisasi maupun partai. Hanya saja saya takut kalau dengan keterbatasan ilmu saya membuat orang lain yang sangat bersemangan dalam dakwah menjadi “down” atau malah semakin tenggelam dalam kefanatikannya…
Kebetulan sekali ada kajian yang paling dahsyat (menurut saya) selama iktikaf… dan ini disampaikan oleh Ustadz yang sangat kompeten sehingga sayapun dibuat terpukau olehnya…
Baca entri selengkapnya »

Posted in Catatan Kecil, Tarbiyah | Dengan kaitkata: , , , , , , , | Leave a Comment »

Posisi Imam dan Ma’mum dalam Sholat Berjama’ah

Posted by Heri Setiawan pada Oktober 4, 2008

Sesungguhnya sebaik-baik umat manusia adalah umat Islam dan sebaik-baik generasi Umat Islam adalah generasi Rasulullah dan Shahabat.
Mereka sangat layak dan harus dijadikan teladan bagi kita generasi umat Islam paling bongkot (akhir zaman). Nah, dalah hal shalat berjama’ah, mereka mencontohkan posisi seperti ini:
Free Image Hosting

Mari kita contoh mereka.
Bagi temen2 yang bermaksud mencetak gambar untuk ditempel di masjid masing-masing, silakan download dari sini (format pdf, gambar lebih besar)

Posted in Cabang Ilmu, Tarbiyah | Dengan kaitkata: , , , , , , , | Leave a Comment »

Dunia itu Bukan Tempat Santai-Santai

Posted by Heri Setiawan pada September 15, 2008

Seperti kata orang jawa… Urip iku gur mampir ngombe.. (baca: hidup ini hanya untuk mampir minum)… Yang jelas ada tujuan sebenarnya yang menjadi alasan “kenapa kita hidup di dunia..?”…. Kehidupan di dunia ini hanya sebentar, saya masih ingat betul waktu saya masih TK…. masih suka main layang-layang, main kelereng (gini2 menangan kalo main kelerang), main karet, mancing, main ketapel dan macem2 permainan lainnya… sampai sekarang udah gak menyangka udah lulus kuliah, siap bekerja dan nikah.. 😀 . Alhamdulillah Allah masih menghidupkan saya sampai sekarang….

Dunia ini hanya kenikmatan yang memperdayakan, dan memang memperdayakan manusia sehingga banyak yang bergelimpangan didalamnya… padahal…, senikmat-nikmat kenikmatan di dunia ini ibarat “setetes air di lautan” jika dibandingkan dengan kenikmatan dunia.

Dunia bukan tempat santai-santai… Dunia itu tempat manusia mencari bekal untuk perjalanan yang sangat panjang… Masih ada alam kubur… masih ada pula padang Mahsyar maupun Sirathal Mustaqim yang akhirnya sampai ke final destination… SURGA ato NERAKA… Tempat untuk bersantai-santai itu bernama SURGA sedang tempat pembalasan yang sangat menyakitkan itu bernama NERAKA….

Jadi, mana yang akan teman-teman pilih..? Bersakit-sakit dahulu baru bersenang-senang kemudian ataukah bersenang-senang dahulu bersakit-sakit kemudian atau bersenang-senang dahulu bersenang-senang kemudian…? hehe…  Itu semua terserah yang menjalankan, yang jelas seorang yang cerdas tidak akan mengorbankan kenikmatan yang sangat besar daripada kenikmatan yang semu…

Posted in Catatan Kecil, Tarbiyah | Dengan kaitkata: , , , , , | 1 Comment »

“Tradisi” Meminta Maaf Sebelum Ramadhan… Adakah Tuntunannya..?

Posted by Heri Setiawan pada Agustus 31, 2008

Sudah beberapa sms berisi permintaan maaf sebelum berpuasa di bulan Ramadhan saya terima dari handphone saya yang masih “ecek-ecek”… Mulai yang biasa, agak serius sampai dengan yang nyrempet2 kampanye… 🙂 Saya cuma bisa cengar-cengir baca sms tu. Hal yang sama juga terjadi via Yahoo Messanger… banyak yang broadcast minta maaf…

Ramadhan tahun lalu… hal yang sama juga saya lakukan… puluhan sms permintaan maaf saya kirimkan… Broadcast ke id YY yang ada di kontak list YM saya… isinya juga permintaan maaf sebelum menjalankan puasa Ramadhan. CUkup banyak juga yang membalas dengan kata2 yang hampir sama, tetapi ada satu orang yang membalas dengan…yah… agak keras…mengatakan kalau itu tidak ada tuntunannya…

Setelah itu saya mencoba mencari… hadits yang berhubungan dengan permintaan maaf sebelum bulan Ramadhan itu… dan memang banyak yang menjelaskan kalau hadits itu tidak ada.

Hadits yang dimaksud adalah yang ini:
Baca entri selengkapnya »

Posted in Catatan Kecil, Tarbiyah | Dengan kaitkata: , , , , , | 15 Comments »

Download Buku Sifat Puasa Nabi

Posted by Heri Setiawan pada Agustus 26, 2008

Free Image HostingRamadhan sudah begitu dekat… untuk menghadapi bulan Ramadhan, hal yang sangat penting untuk diperhatikan adalah masalah persiapan ilmu… tidak akan baik suatu ibadah yang tidak didasari atas ilmu dan tidak berguna suatu ilmu yang tidak diamalkan…

Langsung aja deh, download buku sifat puasa nabi dari sini

Posted in Cabang Ilmu, Tarbiyah | Dengan kaitkata: , , , , , , , , | 2 Comments »

Fatwa Rokok Haram

Posted by Heri Setiawan pada Agustus 25, 2008

ImageMemang untuk wilayah Indonesia, MUI perlu “pikir-pikir” dulu untuk mengeluarkan fatwa yang mengatakan bahwa merokok itu haram. MUI perlu memberikan solusi bagaimana pekerja pabrik rokok dan petani tembakau bisa bekerja di tempat lain untuk menggantikan pekerjaan lama mereka.

Berbeda halnya dengan fatwa bunga bank haram. Bank syariah sudah ada dimana-mana, BMT sudah ada dimana-mana, begitu pula dengan asuransi syariah. MUI lebih mudah mengeluarkan fatwa bunga bank haram karena memang solusinya sudah ada dan sudah bisa ditemukan di mana-mana. Mungkin di samping perlunya sebuah solusi, diperlukan juga ilmu dan kesadaran mengenai hukum rokok ini. Memang ada yang mengatakan makruh dan ada yang mengatakan haram tapi dari segi dalil, tentu pendapat terkuat adalah yang mengatakan bahwa merokok itu haram. Dalam hal ini saya cuma mencoba berpikir secara sederhana… “tanda baiknya seorang muslim itu meninggalkan apa yang tidak bermanfaat baginya”, hadits Arbain ke 12.

Merokok jelas merugikan kesehatan, boros dan menghambur-hamburkan uang… jadi buat apa itu dilakukan..?

Berikut beberapa fatwa ataupun hasil konsultasi yang mengatakan merokok itu haram (diambil dari http://www.halalguide.info): Baca entri selengkapnya »

Posted in Cabang Ilmu, Catatan Kecil, Tarbiyah | Dengan kaitkata: , , , , | 2 Comments »

Pesan – Pesan Menyesatkan

Posted by Heri Setiawan pada Juli 17, 2008

Baru aja buka friendster, eh ada inbox yang agak nyleneh… sebenernya dah lama sih dapat pesen kaya gini di baik lewat friendster ato lewat broadcast YM, tapi ya baru kepikiran nulis di blog hari mumpung masih pagi dan masih semangit…eh semangat… ni kutipannya…:

BISMILLAHHIRAHMANIRRAHIM. ALLAH HUMMA INNI AS ALUQA TAHHDIYBIHAL QALBI WATAJMU BIHAL SYAMLI WATATDHUBIHAL FITNATI ANNI ” ini doa Nabi Muhammad s.a.w. Kirimpada 5 teman, insyaAllah 2 hari kemudian, anda akan mendengar kabar baik dengan mendapat kebahagiaan. tapi jika anda tidak menyebarkan, maka anda mendapat musibah besar…DEMI ALLAH!….

Baca entri selengkapnya »

Posted in Tarbiyah | Dengan kaitkata: , , , , , | 2 Comments »

Kehalusan, Kelemah lembutan dan Kesabaran Rasulullah

Posted by Heri Setiawan pada Februari 27, 2008

Merampas dan mengambil hak orang lain dengan paksa merupakan ciri orang-orang zhalim dan jahat. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam telah memancangkan pondasi-pondasi keadilan dan pembelaan bagi hak setiap orang agar mendapatkan dan mengambil haknya yang dirampas. Dan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam telah menjalankan kaidah tersebut demi kebaikan dan semata-mata untuk jalan kebaikan dengan bimbingan karunia yang telah Allah curahkan berupa perintah dan larangan. Kita tidak perlu takut adanya kezhaliman, perampasan, pengambilan dan pelanggaran hak di rumah beliau.

‘Aisyah radhiyallahu ‘anha menuturkan:
“Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam tidak pernah sama sekali memukul seorang pun dengan tangannya kecuali dalam rangka berjihad di jalan Allah. Beliau tidak pernah memukul pelayan dan kaum wanita. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam tidak pernah membalas suatu aniaya yang ditimpakan orang atas dirinya. Selama orang itu tidak melanggar kehormatan Allah Namun, bila sedikit saja kehormatan Allah dilanggar orang, maka beliau akan membalasnya semata-mata karena Allah.” (HR. Ahmad)

‘Aisyah radhiyallahu ‘anha mengisahkan: “Suatu kali aku berjalan bersama Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam, beliau mengenakan kain najran yang tebal pinggirannya. Kebetulan beliau berpapasan dengan seorang Arab badui, tiba-tiba si Arab badui tadi menarik dengan keras kain beliau itu, sehingga aku dapat melihat bekas tarikan itu pada leher beliau. ternyata tarikan tadi begitu keras sehingga ujung kain yang tebal itu membekas di leher beliau. Si Arab badui itu berkata: “Wahai Muhammad, berikanlah kepadaku sebagian yang kamu miliki dari harta Allah!” Beliau lantas menoleh kepadanya sambil tersenyum lalu mengabulkan permintaannya.” (Muttafaq ‘alaih)

Ketika Baca entri selengkapnya »

Posted in Shiroh, Shiroh Nabi dan Shahabat, Tarbiyah | Dengan kaitkata: , , , , , | 1 Comment »