Sebuah Catatan Kecil

We are agree that Knowledge is FREE…

Motherboard Komputer Bermasalah

Posted by Heri Setiawan pada Agustus 11, 2007

ElcoBeberapa hari yang lalu, entah kenapa komputer saya sering nge-hang… ketika komputer “dipaksa” menjalankan program-program yang membutuhkan banyak trafik data transfer tiba-tiba mouse pointernya “stuck”…

Sudah dicoba melakukan harddisk scanning ama degragmenting tapi tetep aja masalah itu muncul sampai akhirnya saya coba untuk melakukan re-installing windows. Masalah kembali muncul ketika mulai step format patisisi. Yak…komputer mati seketika… harddisk formatting belum sempat terjadi sedikitpun…

Saya coba oprek-oprek ni komputer, setelah diganti power supplynya kemudian coba lagi dihidupkan… hasilnya hidup…tapi cuma untuk beberapa detik, masuk BIOS aja lum nyampe.. :D . Analisa letak kerusakan terus saya lakukan dengan melepas satu-persatu bagian komputer mulai dari harddisk, memory, CDROM, sampai mouse dan keyboard. Sampai akhirnya tinggal motherboard dan power supply, masalah masih muncul. Dari sini saya simpulkan adaproblem pada motherboard.

Saya coba ngecek motherboard, ternyata ada 3 kapasitor yang berhubungan dengan transistor power regulator sedang “hamil”. Ilustrasinya sepeti berikut: elco problem

Nilai kapasitor (elco) adalah 3300uF/6.3v, ada 3 buah yang “hamil” dan 1 buah bernilai 2200uF/6.3v. Saya coba mengganti 3 buah kapasitor problem bernilai 3300uF/6.3v dengan 3 buah kapasitor bernilai 1000uF/16v (nekat nih soalnya yg ada dirumah cuman segitu nilainya, berani aja karena dah tahu prinsip kerjanya :D ). Tidak mudah mengganti kapasitor karena motherboard tipe 3 layer dan mempunyai grounding yang baik, solder 60watt saja masih belum mampu sampai akhirnya 1 kapasitor saya pasang pada bagian bawah motherboard.

Nah selesai, coba hidupkan lagi komputer… dan alhamdulillaah jalan…. Dari sini perlu diperhatikan beberapa hal:

  • Kalau punya motherboard rusak, perhatikan dulu kapasitornya, siapa tahu banyak yang “hamil” yang menimbulkan bocornya arus dari power supply yang akhirnya menurunkan daya powersupply dan memaksa power supply bekerja sia-sia untuk kapasitor problem itu.
  • Jika kedapan ada problem pada power supply, tetap coba cek bagian motherboardnya, ada kemungkinan rusaknya power supply disebabkan kerja berlebih power supply karena bocornya arus pada kapasitor.
About these ads

323 Tanggapan to “Motherboard Komputer Bermasalah”

  1. raffaell berkata

    oh kapasitor hamil ya namanya, ini terpaksa kita harus beli mobo gigabyte, yang kapasitornya lebi bagus, solid capasitor

  2. Heri Setiawan berkata

    istilah saya aja itu om… :D

    • yanto berkata

      mas aku mau tany kalau matherbordny tidak ada tampilan samasekali and kondisiny pada normal semua tapi tidk ad tanpilan udh di ganti power supalyny masih jjuga dn ramny jujga ms
      sul yanto p.wk

  3. iwan berkata

    uwwah, klou aq menyebutnta meteng.,.,(bhs jAwA)

  4. ANDI berkata

    Bagaimana jika kondisinya tidak ada kapasitor yang “HAMIL” tapi motherboard tetep ga bisa nyala?? bagi pengalaman dong…klo yang itu sih saya uda pernah nyoba, n berhasil memang..

  5. Heri Setiawan berkata

    pengalaman motherboard mati ya baru kemaren nih… tapi kalau di logika, bagian yang mempunyai prosentase kerusakan yang paling besar pada motherboard ya pada bagian power regulator/stabilisator. Ada beberapa transistor dan kapasitor pada bagian ini.

    bocornya kapasitor tidak mesti ditandai dengan “hamil”nya kapasitor (plagued capacitor). Kapasitor yang masih kelihatan sehat wal afiat saja ada kemungkinan terdapat kebocoran didalamnya.

    Bocornya kapasitor biasanya ditandai dengan matinya komputer setelah beberapa detik menyala, kalau dipaksa terus bisa mengakibatkan rusaknya powersupply komputer.

    • Misnan Shaleh berkata

      Mas bro… bagaimana mengetahui elco yang rusak kalo tidak ada tansda-tanda hamilnya? mobo saya gigabyt LGA 1156
      Kalo di biarkan berhari-hari kadang bisa hidup dan sudah 2 ps yang mati karenya.
      mohon penjelasan, trima kasih sebelumnya

  6. faisol berkata

    mas, saya punya komp athlon xp 2200+, RAM 384. VGA R9200 128Mb128. MB ECS KT400. kenapa ya komputer saya tampilannya berbintik-bintik? kaya tidak jernih gitu, apakah VGA nya brmasalah.? saya sudah gonta-ganti VGA sama aja. apa mungkin MB nya ya?

  7. Heri Setiawan berkata

    sepertinya kalo bintik-bintik itu problem pada monitornya…
    coba pinjem monitor teman untuk percobaan, ndak usah beli dulu…
    beli itu kalo udah kepepet dan dah ketahuan asal kerusakannya.

  8. patar berkata

    aku punya komputer pentium IV 3.0 Ghz , tiba 2 mati, maksudnya monitor blank, numlock pada keyboard pun ngak hidup, suara bibnya pun ngak bunyi, aku dah coba ganti memory tetap juga, dah aku clear cmosnya masih tetap jg,dimana masalahnya kira 2 bang !!!!! motherboardnya asus p5pe-vm
    terimakasihhhh

  9. Heri Setiawan berkata

    Coba cek kipas powersupply atau kipas prosesor hidup ndak…
    Kalo ndak hidup kemungkinan error di powersupplynya…

    Kalo kipas hidup kemungkinan di motherboard ato prosesornya.

    Mungkin bisa dicoba juga dengan cuma memasangkan powersupply-memory-motherboard dan prosesor, coba hidupkan komputer. Jika komputer hidup, kemungkinan salah satu device pendukung yang error.

    Ada kasus komputer teman saya tidak menyala gara2 keyboard yang rusak… VGA, memory dan device yg lain sudah diganti tapi problem tetap ada… ternyata yang rusak cuman keyboardnya, hampir punya 2 komputer gara2 keyboard rusak… :D

  10. putra berkata

    jika komputerdinyalain terus cuma hidup bentar trs mati lgi,kemudian bunyi bip-bip trs,itu mobo nya yang rusak ato pwer supply trs hrus gmna?

  11. Heri Setiawan berkata

    maksudnya “mati” itu cuma mati sistem operasinya atau memang mati total power supplynya. Kalo mati powersupply-nya ndak mungkin ada suara “bip” secara terus menerus.

    coba lakukan langkah berikut ya:
    1. Copot semua device komputer termasuk prosesor, memory, harddisk dll terus pasang kembali seperti semula dan hidupka komputer (re-install computer hardware)

    2. Jika masih ada problem yang sama, coba pasang beberapa device komputer (cukup 5 device: powersupply, prosesor, motherboard, memory dan hardisk (vga aktifkan yg onboard aja) ). Hidupkan komputer, jika masih ada problem yang sama, kita bisa mengetahui problem cuma ada pada 5 device ttsb, kalo problem dah ndak ada berarti ada pada device yang lain.
    Lakukan langkah2 selanjutnya shg bisa mengetahui problem sebenarnya sebelum melakukan penggantian (pembelian) device baru yang semestinya tidak perlu diganti.

    Kalo dikira-kira mungkin ada problem pada memory.
    Mungkin ini bisa membantu:
    http://erpa7184.wordpress.com/2007/07/18/mendeteksi-kesehatan-hardware-lewat-bip/

  12. YudHa_Yo berkata

    MaaPh seBeLuMnya,,, Aku punya masalah Rada Mirip kaya gitu, tapi aq berhubung baru di perkomputeran aq ga taw mesti ngapain. biasanya aq bawa ke tempat komp n’ kalo ada masalah MOBO mereka bilangnya ganti aja, bisa mohon bantuannya kalo misalnya tentang Kapasitor, selain itu ada ga faktor lain pembuat komp. mati?
    oya, komp. ku mati kalo udah lewat 2 jam gtu. biasanya sebelum mati lampu pada keyboard bakalan kedip2 (yang num lock, caps lock dan scrool lock) dan beberapa saat kemudian dia mati tapi ciri2 matinya ga 100% seperti untuk hardisk, cd rom masih hidup tapi untuk tampilan maupun segala macam kegiatan komp. sebelumnya mati total.
    (oya, aku sudah install ulang kompnya dan sepertinya tidak ada masalah dengan software.)

  13. heri setiawan berkata

    Hmm,mungkin bisa karena terlalu panas prosesor atau vga chipnya. dicoba buka aja tutup casingnya dan dibersihkan kipas dan pendingan pada motherboard. Alternatif lain, re-instal semua bagian komputer, mungkin terjadi “overflow” pada memory.

  14. prasaja berkata

    minta tolong, saya punya masalah dengan mobo ECS nforce3-A. mobo saya mengalami kejadian seperti ini :
    a. Aliran PLN padam tiba2, padahal komp lagi enak2 nyala.
    b. saat aliran nyala kembali komp gak mau nyala lagi
    b. semua hardware sudah ditest hasilnya normal kecuali mobo
    c. komputer tidak mau booting. padahal tombol power udah di teken.
    d. ternyata cara menghidupkanya dengan jalan kabel power di cabut trus ditancapkan lagi, langsung kipas prosessor nyala, tanpa harus meneken tombol power. (saya curiga ada semacam konsleting, mungkinkah?)
    e. tapi layar tetep blank.
    f. tidak ada bunyi beep
    g. tombol reset tidak berfungsi.

    hal2 yg sudah saya lakukan:
    1. reset bios
    2. mencopot semua hardware trus pasang lagi.
    3. ganti power supply.

    hasilnya nihil, tidak mau booting dan tidak ada bunyi beep.

    saya sangat berterima kasih apabila diberikan solusi perbaikannya ? tanpa harus kirim ke glodok :) soalnya posisi jauh dari glodok.

    wassalam

    • hazmi berkata

      1.Mas, kalau analisis saya sih…. Coba cabut kabel pin mobo. dan hidupkan dengan caranya menghbungkan pin power secara singkat. Jika kipas prosesor hidup. hbungkan pi reset. Jika berhasil. Maslahnya ada pada tombol resetnya. jika tidak. Cek pin reset degan multitester.
      2. Kalau masalahnya tiba2 hidup sendir tanpaharus menekan tombol power. Maybe aja maslahnya terjadi pada power supplyna. Cabut kabel 24 pin dri power supply. Setelah itu hidupkan apakah kipas power supply hidup? Jika hidup power supplyana yang bermasalah. Jika tidak tu artinya mobonya yg bermaslah. Cman tu aja yang Q tahu. Kalau ada ilmu silahkan kirim ke email ku ya….

    • hazmi berkata

      layar blank tu mayber karena memorynya. jika tidak ada tampilan booting maybe tu memorynya. Tapi jika ada tulisan no signal di monitor. Tu artinya mobo loe rusak. Tpi jika ketika masuk windows tiba2 blank. Driver VGA gak cocok t

  15. Heri Setiawan berkata

    bagaimana dengan VGA..? sepertinya kalau konsleting kecil kemungkinan, atau mungkin ada salah pemasangan diantara switch power, reset, power indicator, hd indicator, speaker port?.

  16. prasaja berkata

    terima kasih, vga nya bukan onboard dan tidak ada masalah. untuk pemasangan kabel juga tidak ada masalah. sesuai dg petunjuk manual.

    • wan tampati berkata

      clear cmos dulu dlm keadaan hidup..kalo di clear mati normal
      langkh selanjut nya buka proccesor lalu pasang lagi..nyalain dah!

  17. Heri Setiawan berkata

    hmm, ya mungkin mobonya… prosesor sama memory dah di reinstall?

  18. prasaja berkata

    sudah juga tuh mas..

  19. heri setiawan berkata

    yang ini sudah dicoba?:
    - pasang mobo-memory-prosesor sama power supply saja (4 device aja) trus dicoba hidupin. pake vga onboard aja kalo ada, setting bios dulu utk aktifkan vga onboard, defaultnya vga onboard aktif.

    - kalau sukses, tambahin monitor.

    kalau masih tidak bisa, hampir dipastikan problem ada pada motherboard atau koneksi kabel2 pada motherboard jika memang memory sama prosesor sudah dipastikan bisa dipakai di komputer lain. :D

  20. Belang berkata

    nih gua banyak segambreng pengalaman ama yg namanya processor AMD sama Mobo ECS,.. tipe apa kek,.. Ecs gak tahan lama,.. e’e
    kena mati lampu dikit lsng error,.. entah chipsetnya lah, transitor, regulatorlah,..
    males servis” langsug ganti !! soale gak lama umurya klo diservis,..
    untuk jenis mobo ecs yg ada slot SDRAM & DDR-ram nya klo sebelum mati pake DDR coba sekarang pake yang SD-ram,..
    buat om prasaja keknya kena di bagian chipset yg gak ada pendinginnya dah,.. test klo lgi di idupin pegang di chipsetnya panas ngak?,.. klo rada” panas ya itu dia,.. penyakitnya.
    klo waktu ngetestnya pake 4 hardware duangan , kaya
    mobo, procesor, memory + agv (klo pake) trus gak ada tanda” nyala atow bunyi”an gak salah lagi itu MOBO nya mokat tapi klo waktu di test pendingin processor gak panas ,.. si processor musti di kandangin dah.., :)

    • mela berkata

      siang mas belang…ak jg punya problem yang sama dengan processor AMD mobo ECS, awalnya ak test pake 4 hardware ada tampilannya bios terus setting clear biosnya aku restart tampilan ok…ak diamin gak lama cuma 10 menit terus hang……ak cabut arus listrik dan 4 komponen hardware tadi,…. dihidupkan lgi malah gak ada tampilan layar justru aku cabut fan proccessor untuk masti proccessor koit?…… ak test lg proccessor kondisi panas artinya baguskan ada tampilan layar selanjutnya ak pasang fan proccessor kembali…pusing jg nih penyakit banyak betul satu diakali malah yang lain penyakitnya. dah ak clear jumper biosnya terus memory ak bersihin sama penghapus pensil saat ditest kembali semua hardware dah terpasang justru blank…….tolong dah pencerahannya mas soalnya mobonya baru 2 bln sak beli sdh begini kapok deh dgn mobo ecs.

  21. Belang berkata

    nah sekarang pertanyaan gua ada jawabnya gak nih?
    sekarang gua pake mobo pentium 4 memmory 256 1 keping jenis DDR
    baru ganti sehari langsung mokat. ganti lagi 256 (2 keping 128) baru sehari pake salah satu 128 tadi mati!!.
    gua dapet mobonya second dari harcomangdua,..
    ketepu kali yak beli barang bekas,.. setan tu orang

    pertanyaannya.
    yg masalah mobonya apa powersuplynya? apa dua”nya
    soalnya memory mati waktu di reset klo nge-hang

  22. ichsan berkata

    mas numpang tanya… ada yg nitip P1 ma aku. Dicoba gak nyala layarnya. Dah di bersihin semua dari debu and di pasang lg, tetep “0″. ditest harddisk (1 giga), monitor, vga card di PC lain … bagus. Apa mungkin yang kena mobonya, tapi kipas processor nyala. Mau ngetes slot vganya kali aja rusak, caranya gmn? Soalnya colokan ke monitor gak ada yg onboard sih. Jadi bingung … mobonya atau hanya slot vganya?.. Tulung solusinya ya..

  23. heri setiawan berkata

    masalah hardware itu begitu kompleks, perlu 2 PC yang sejenis untuk meyakinkan bagian mana hardware yang rusak, sebagai contoh, kemaren keyboard temen saya ada yang ndak detek, udah ganti keyboard pinjamen tetap tidak detek, reinstall sampai coba satu satu bagian komputer tetap tidak deteksi hampir2 ambil kesimpulan mobonya yang rusak. Akhirnya ketemu juga ada satu memory yang rusak… mungkin bisa dicoba cara yang sama…

  24. setiyo hartanto berkata

    perkenalkan nama saya setiyo hartanto,pangil saja tiyox.saya ada problem tentang komputer saya,problem nya pada speker aktif.pertama komputer itu terinfeksi virus,kemudian saya akalin dengan anti virus tetap g mau hilang,ya dah saya terpaksa menginstal ulang komputer tersebut.eh….setelah diinstal ulang malah speker nya g bisa bunyi.padahal hardware nya dah kedetec semua,di device manager nya g ada tanda silang.padahal sebelum diinstal ulang spekernya bunyi,tapi setelah diinstal ulang malah g bunyi.dan juga spekernya dah saya beliin yang baru,ttp g bisa.gmana ya saya mohon pertolangan dari anda semua….trims banget.saya tunggu balasannya.

  25. heri setiawan berkata

    ada banyak kemungkinan sih, coba klik 2x dengan mouse tanda sound/speaker yang ada pada taskbar kanan bawah, pastikan semua level suara ada pada posisi maksimal.

    kalo dipastikan tidak ada masalah pada setting volume (volume control, wave volume), coba reinstall memorynya…

  26. Reggie berkata

    mas kalau motherboard yang compatible utk processor AMD Athlon Xp 2200 apa aja?
    soalnya kemarin MB-ku rusak, penyebabnya “PowerSupply” karena ngga stabil, dan udah lama ga diganti, akhirnya ngerusak kemana2.
    MB—>rusak jalurnya
    Hrdsk—>rusak juga..
    tolong ya mas…

  27. heri setiawan berkata

    Coba dicek disini:
    http://www.ecs.com.tw/ECSWebSite/Support/CPU_Support_Model.aspx?LanID=19&MenuID=69&detailid=427

    Menurut temen saya yang pernah kerja sebagai penjual dan teknisi komputer, motherboard ECS itu handal dan patut diperhitungkan…

  28. Ozlo berkata

    Mas, saya punya masalah dengan komputer saya. Suatu saat komp saya mati total. Pertama saya kira masalah pada Power Supply karena ada komponen yang terbakar. Setelah itu saya ganti PS dengan yang baru, tapi komp tidak mau nyala cuman bunyi beep panjang terus menerus. Kata panduan mobo (Asus P4B-MX), Long beep = DRAM tidak terdeteksi. Langkah saya, memori saya lepas, bersihkan dan pasang lg, tapi hasil sama saja. Apakah memori saya yang rusak, atau mobonya, atau lainnya? Mohon bantuannya, langkah apa yang harus saya lakukan. Terima kasih sebelumnya.

  29. Heri Setiawan berkata

    Langkahnya gampang mas…
    Minta tolong sama temen mas yang punya komputer dengan spesifikasi memory yang sama (misal DDR ato DDR2 ato yang lainnya). lepas semua memory pada komputer temen mas trus pasang pake “suspected” memory.

    Itu langkah awal untuk menentukan bagian mana yang rusak… kalo ternyata memori rusak, balikin aja ke toko tempat mas beli, khan garansinya seumur hidup.. :D

  30. Al Kafi berkata

    hm….saia menghadapi 2 hal berkenaan dengan perangkat komputer.
    (1) motherboadr’; masalah nya hampir serupa dengan apa yg dialami oleh mas heri, yakni bocor nya kapasitor,sehingga daya tidak mampu memutar kan fan heatsink. akan tetapi saia tidak dapat mengetahui kapasitor yang mana yang rusak, karena secara fisik tidak terdapat tanda-tanda kerusakan pada kapasitor manapun. bagaimana mengetahui kapasitor yang rusak tanpa ada tanda-tanda kerusakan fisik semacam itu??
    (2) harddisk; harddisk tidak terdeteksi pada bios dan tidak dapat masuk ke windows. dengan berbagai cara saia mencuba agar harddisk dapat terdeteksi pada sistem, mulai mengganti kabel konektor nya, memasang harddisk pada slave(baik slave dengan cd rom ataupun harddisk to harddisk), mengotak-atik jamper nya, juga meminjam jamper lain untuk dipasangkan, tapi hasil nya NIHIL. apa kemungkinan kerusakan yang dialami harddisk tersebut(apakah kerusakan fisiki atau non-fisik)? apakah data didalamnya masih bisa diselamatkan? apakah ini pertanda bahwa harddisk tersebut telah kadal(kadaluarsa :D)?mungkinkah harddisk tersebut dapat dihidupkan kembali?
    bagaimana penyelamatan nya(penyelamatan data dan harddisk nya kalo memungkinkan)

    • agam berkata

      klo menurut analisa saya yg fan heatsink tidak berputar,hardisk tidak terdetek di bios lebih cenderung di sebabkan psu yg bermasalah,soalnya saya sudah sering kali mengalami hal seperti itu,ada baiknya di coba dg mengganti psu/ mencoba psu tsb ke mobo lain yg jelas2 waras ,klo tidak hidup berarti masaah ada di psu,tapi klo hidup dan ada tampilan(bisa masuk bios) berarti mobo anda bermasalah,tapi klo mobo tsb hanya hidup(fan heatsink berputar) namun tidak ada tampilan sama sekali(monitor blank)dapat di pastikan psu nya bermasalah>

  31. Heri Setiawan berkata

    Hmm juga, saya coba jawab yak… :)
    1. Masalah bocornya kapasitor regulator akan menghasilkan masalah yang cukup kompleks, tetapi seharusnya kalau fan tetap hidup. Semua perangkat akan jalan, hanya saja tidak akan berjalan lama. Semakin banyak beban (banyak peripheral yang terpasang di cpu), semakin banyak pula frekuensi restart karena kehabisan daya.

    Tanda2 kerusakan kapasitor (bocor/mati) kalau secara fisik diantaranya:
    - Kapasitor seperti mau meletus, kalo istilah tulisan saya diatas tu “hamil” :D. Bisa terjadi di bagian atas kapasitor juga dibagian bawah.
    - Keluar cairan kimia, bisa dari atas, bisa dari bawah.
    - Kapasitor tampak “gersang” atau kering.

    Kapasitor pada bagian regulator itu yang besar-besar dekat dengan lilitan seperti pada gambar.

    2. Saya kurang mengerti masalah hardisk seperti yang mas ceritakan diatas tapi saya sarankan sebelum men”judge” hardisk tersebut, cobalah harddisk tersebut ditempat lain (komputer teman mungkin). Bisa saja karena kekurangan power sehingga harddisk tersebut tidak jalan. Komputer saya juga cuma mendeteksi beberapa jenis harddisk saja, USB juga cuma bisa mendeteksi beberapa jenis flashdisk saja. Saya prediksikan powersupply komputer saya perlu diganti yang powernya lebih besar, maklum powersupply merk rendah…second lagi… :D
    Kalau file recovery saya sarankan pakai software GetDataBack. Sudah lama saya pakai program “bajakan” ini, tidak mengecewakan deh…

  32. Obet TM berkata

    Mas mau nanya niehhh…??
    Kebetulan aq masih gaptek ama yg namanya Hardware! saya punya komputer, namun cd mobo nya ga ada alias ilang. yg ingin saya tanya, gmn caranya bwt dapetin driver mobo yg bagus n gratis di internet? trus apa harus spesifik…biar ga clash sama mobo yg berbeda tsbt? yg bisa saya dapatkan dari program diagnose cuma.
    mobonya model nforce3-A
    Processor AMD Sempron(tm) Processor 2500+

  33. Al Kafi berkata

    wah wah…trims mas heri atas jawabannya,meskipun masih ada yang belum mengena dengan permasalahan yang saia hadapi, terutama yang no 2…ehhehe…..
    kalo compare dg komputer laen see udah saia lakukan berkali2,dengan spek komputer yg berbeda2, tapi hasil na sama….NIHIL.
    kalo get Databack itu saia juga biasa pake, tapi kalo harddisk saja ga kedetek gimana mao macuk ke windows buat jalanin program na :D…
    kalo soal partisi magic gimana mas???bisa jelasin cara kerjanya ga? aku dengar ini bisa jadi salah satu program untuk data recovery…
    skali lagi trims ya mas heri, aku cuku puas dg tanggapan mas…

  34. Heri Setiawan berkata

    @Obet TM,
    Kalau cari driver di http://driverguide.com aja… saya biasa nyari disana dan Alhamdulillah belum “dikecewakan” karena tidak adanya driver. Biasa ambil driver terbaru juga dari sana :D .

    @Al Kafi,
    Maap nih kalo belum banyak membantu, untuk recovery pake partition magic saya kurang mengerti tapi emang ada program recovery berbasis DOS tapi saya lupa namanya mungkin bisa dicari pake google.
    O iya, masalah hardisk, bisa diceritakan spesifikasinya? ATA, SATA, PATA? pernah bisa dipakai?…

    • avien berkata

      mas Heri numpang nanya…kmptr aku ga nyala,VGA, prossr,PU, ma memori dicek di komptr laen ok,,,,apa Mobonya ya? Cara perbaikinya gimana,,,,? Kapasitor dah diganti semua,,,tetep ga ngasih sinyal ke monitor,, monitor ok juga, Makasih sebelumnya,,

  35. Al Kafi berkata

    HDD SATA, harddisk tersebut bisa dipakai sebelumnya. namum setelah mengalami masalah dengan fan heatsink yang mati, harddisk setelah beberapa kali dipasangkan dengan komputer lain, tiba-tiba mengalami hal semacam itu.

  36. Heri Setiawan berkata

    Wah maap nih mas sepertinya saya kurang mengerti masalah harddisk itu…

  37. Al Kafi berkata

    ow…trims banyak mas,aku ngerasa nyaman share disini.kalo aku dah dapet jawabannya aku akan share wat bagi2 pengalaman ma yg laen juga.
    leh kan mas heri…..^_^

  38. jhon demo berkata

    Sore Om, Maap mau nanya. Aku punya laptop NEC, kalo dipakai sekitar 30 menit jadi hang. Kayaknya freeze sih. Ini usaha/coba2 yg pernah aku lakukan:
    1. Instal ulang windows belasan kali, tp tetep aja hang ditengah jalan. Pake linux fedora core 5 juga sama aja eror. Pokoknya kalo setelah dipakai 30 menitan, mendadak eror. Monitor tetep aja (nggak berubah warna jadi ijo), tapi mouse and keyboard nggak respon. Kalo dah gini, yaaa aku pencet tombol on offnya. Aku paksa sampai mati.
    2. Berhubung dah habis garansinya, pernah aku bongkar sendiri,Pokoknya aku lepasin pelan pelan satu persatu, semuanya. sampai motherboardnya pisah sama cashing laptop. Aku bersihkan pake kuas yang nggak kaku dan pake kompresor tapi tetep juga eror.
    3. Pernah aku coba ganti CPU-nya. Saya coba ganti pentium M yang lain (aslinya juga pentium M). Tapi eror terus.
    4. Ganti memori juga pernah, tapi tetep eror.
    5. Pernah pakai program undervolt CPU. Maksudku untuk nurunin voltase cpu, biar nggak panas prosesornya. Tapi tetep aja eror. Program yg pernah aku coba: NHC, CPU cool, CPU idle dan masih banyak lagi. LUPA…
    6. Aku bersihin kipas sama heatsinknya. Masih juga eror. Aku kasih artic silver 5 juga tetep aja eror.
    7. Aku copot baterenya, jadi langsung pake adaptor. tapi hang juga.

    SPEKnya : NEC,pentium m 1.5ghz, 1 GB ram, 80 GB HDD, DVDRW, wireless.

    HELP ME PLEASE…….

  39. heri berkata

    wah laptop ya…
    saya kurang mengerti masalah laptop nih… kalo dari pemaparan mas, mungkin ada problem pada bagian motherboardnya.

  40. goboy berkata

    salam bos, gw pny mobo ecs p4vx kl ga slh. dah 5 taon seh, n kmrn ini rsk. awalnya pwr suply yg rsk, trus pas di ganti bs msk wndows tp keybord ga maen. dah cb pk keybord laen ga bs jg. akhirnya coba di clear cmos n skrg mlh ga bisa msk windows. boro2 windows, msk bios aja ga bisa coz keybord ga fungsi. dah coba pk keybord USB, ganti bios, n ganti slot I/O wat keybord ga bs jg. kira2 knp ya?? apa dah kena chipna? o iya, pas abis ngitung memori ada tulisan floppy disk cmos cheksum error (80). hit del atw F1 ga bs jg. pkkna mate deh keybordna, num lock jg ga nyala.
    tx ya….

  41. ukimedia berkata

    coba copot floppy disknya… masuk bios dan non aktifkan drive A (fdd)nya…
    kalo bisa coba pinjam memory teman, ganti memory yang ada (jangan beli dulu yak).

    kaya’nya cukup re install semua device tuh…

  42. mady berkata

    Spek p4 3ghz, mobo biostar, mem256 vga 64 onbord, sndcard onbord.

    kl q pny ni prblem
    pas bl kompie br awalny pc jaln na lancar2 aj, tp tiba2 mati. Q curiga pasti PS na,trnya ta psnya 2nd. aq bl ps br lalu pc aq krja kembali. Tp ahir2 ini kompi q pas jalan selama 10 menit tiba2 mati lagi,lagsung mati gitu aja. Hal ini mmbwt sy pnsaran lalu sy cb hidupin lg tp mslhny sm kyk gt.

    Skrg kompi aq bs nyala tapi g bs masuk windows, boro2 masuk windos mendtksi hadwer aja gbisa, layar blank g ada tmpilan apa2. Tp kipas procesor & ps muter. Memori da sy gnti ama pny tmn yg 128mb.
    Kira2 knp ya mas, moga2 bkn mobo,amin.

  43. Heri Setiawan berkata

    dah coba reinstall semua device lom yak.?
    belum bisa masuk ke bios..? coba reset dulu biosnya kalo belum.

  44. goboy berkata

    salam,
    ga bisa jg mas.. kabel floppy dah di cabut n emang sblumnya jg ga pk floppy.. sy dah cb pk memory yg laen, vga jg sy cb pk yg laen. tetep ga bisa jg.. jgnkan msk bios, keybordnya aja mate alias ga respon sama skale.. kira2 apanya lg y?? kl bs tolong dong di kasih step2nya dari awal ampe jurus pamungkas.. penasaran neh… tx ya.. JAZAKUMULLAH KHOIRON KATSIRON..

  45. Heri Setiawan berkata

    wah bios aja ndak masuk ya…? yang bener nih..? gak ada tampilan sama sekali di monitornya..?
    gini aja mas, coba pasang CUMA device ini ya.:
    1. powersupply
    2. motherboard
    3. ram
    4. vga
    5. monitor

    udah pasang itu aja, ga usah pasang mouse, keyboard ama harddisk. Kalo emang masih ga bisa, kemungkinan ada masalah di mobo jika emang vga, rm dan monitor dipastikan bagus…

  46. newbiebanget berkata

    newbie punya problem nih ”
    kompt baru 1 bln bljr rakir sendiri MB ECS 690GM
    Procesor AMD Athlon X2 939
    Ram 512 Hd seagete Sata 120Gb 7200 RPm
    power di pencet gak mau nyala coba cabut power. conect lgi lampu HD nyala keyboard dg mouse sempat nya ngedip tapi gak ada tampilan kemonitor terus coba di pencet tombol power di chasing gak ada respon sama sekali .terpaksa cabut kabel powernya coba reinstal sampe 3x reinstal Vram bru bisa ..tpi gak selang beberpa hari kejadian terulang lagi ciba check pindah Vram ke kompi lain gak ada masalah … tolong yah kang jangan di sasarin
    mohon nih pencerahanya kang ….
    tengkyu matur nuwun ..?

  47. fazray5 berkata

    mas saya ada masalah sama kompi I jadi certanya,,,,,,, tuh kompi dah gue obrak_abrik ternyata masalahnya ada di mana gue ga jelas jadi kompi monitor kadang conect kadang ga. vga card on board dah gua ganti jadi slot, pertama bisa trus ga bisa lagi setelah gue ins ulang gare2 bontiok,bro hehehe,,,,,,,,,,,
    trus karena stok vga nyabak gue ganti lagi n tetep aja bisa truz ga lagi napa yah,,,

    spec kompi
    amd sempron
    motherboard ecs 741gx-m
    tulung-tulung

  48. heri setiawan berkata

    hmmm… gak bisanya gimana kang..? monitor hidup-mati ato gimana..?
    coba pake tu monitor sama kabelnya ke kompie yang lain, sapa tahu masalahnya ada sama kabel data monitor ato justru monitornya itu sendiri…

  49. Fajar Alkautsar berkata

    Mas heri…!
    Saya ada mslh dgn kmptr saya. Komp saya g mau booting. Kl dihidupkan g ada bunyi bip (pd hal shrs’a ada khan?). Tp fan prosesor tetap nyala. kra2 dmn mslh’a yach?

    Saya dah cb copot HDD tetap gitu, Copot memori jg gitu (pd hal khan seharus’a ada tanda bip khan?) n dah dicb ke kmptr lain bs, Copot VGA jg udah tp tetep aja. Tinggal copot proc lah yg blm. Nah saya mo nanya kl dah copot proc, trus apa indikator yg hrs qt cek?

    Saya sich dah ambil kesimpulan kl MB saya yg b’mslh…! Tp saya butuh keyakinan lg, utk m’p’kuat kesimpulan saya itu.

    Secara nyari MB yg msh support DDR agak sulit di sini.

    NB: spek kmptr saya MB ECS 915G-A. Proc intel PIV 2,8 GHz. DDR 512 PC 3200, VGA Ati Radeon 9200 ECS.

  50. heri berkata

    bagaimana dengan tampilan monitornya kalo tinggal mobo sama proc-nya?… bisa tidak masuk bios..?

  51. Fajar_Alkautsar berkata

    tampilan monitor g ada. tp sdh saya pastikan monitor n VGA bgs. memori bgs. (smua dah dicb di kmptr lain).

    Masuk bios g bs mas. wong dia g mau booting sm sx. Yg penting wkt dinyalain, yg hdp cm fan proc n lampu indikator MB’a. G mau msk bios. n g ada tampilan di monitor.

    info aja: Saya kmrn baca komentar mas “belang” diatas. N apa yg dia blg dah saya cb. t’nyata bnr apa yg diblg’a kmptr bekerja scr normal lg. MB saya khan ada slot ddr n ddr 2. gitu saya cb pake memori ddr 2 pinjaman spt saran mas “belang” bs tuch…! Normal lg. Mdh2an g ngulah lg kedepannya.
    Nah kl gitu brarti…?
    Plz Bantuann’a…?
    Thanks b4!

  52. Fajar Alkautsar berkata

    Wah mas kambuh lg. Mn dah tak beli lg memori’a….!
    Apa hrs memori pinjaman yanch br bs? He…!
    Nah kl skrg brarti dah sah kah itu problem’a di MB?
    Sukron…!

  53. Miftah berkata

    Mas Heri,
    Komp saya juga mengalami mati sendiri begitu mau masuk system.
    Kalau masuk bios bisa jalan terus dan tak ada masalah.
    Semua sudah saya coba, ganti powersuplly, ram, processor, reset, reinstall harddisk.
    Setelah saya cek elco ternyata ada yang hamil dan korosi.
    9 buah elco 1800uF, 6.3v dan 5 buah elco 1500uF, 6.3v.
    Di kota saya ini hanya ada tersedia elco 1500uF, 6.3v.
    Apa ada kemungkinan bisa diganti yang 1800uF dengan 1500uF.
    Soalnya saya belum gitu ngerti elektro.

    Saya tunggu solusinya, soalnya udah lumayan lama komp nganggur.

    Thank’s.

  54. Heri Setiawan berkata

    bisa kok, ganti aja elco yang besarnya 1000-1800 uf. Tapi ya mungkin ada kendala nanti waktu masang elco, butuh solder dengan daya besar karena grounding motherboard PC tu sangat bagus, panas dari solder kesedot sama tu motherboard. Kalo mau ya “sedikit” dipaksakan aja…

    untuk masalah tegangan elco, kalo dipasaran tidak ada yang bernilai 6.3v, bisa digantu yg 10v ato 16v. Cari yang merk Rubycon yang standard… (kalo ada)

  55. saptomo berkata

    komputer ku mati nih gak bisa nyala. tanda tandanya KOMPUter kalau di hidupkan hanya lampu power yang hidup warna merah dan warna hijau kadang hidupnya hanya redup dan mause dan keyboard nyala kayaknya power tak ada daya maklum hanya yang murah spek matherboard extrem,2.4cel. apayaa ya mohon pencerahanya?
    kalau bisa balas lewat web setsaya ya mas nati saya upload untuk sumbangan ilmu pengetahuan.

  56. Miftah berkata

    Wah ….. makasih banyak nich Mas.
    Elco yang rusak sudah saya ganti semua dengan 1500uF 6.3V 105C.
    Sekarang udah bisa hidup lagi dan ndak ada masalah.
    Mungkin untuk komp yang udah agak tua sebagian besar masalah power ada di elco yang sudah rusak.
    Soalnya komp saya Merk Dell Intel PIV keluaran tahun 2003.

  57. heri setiawan berkata

    @saptomo,
    coba baca2 duluw komentar2 balasan dari saya sebelum2nya..

    @miftah
    wah, berhasil toh… selamat deh, daripada dijual laku kurang dari 50ribu… :D
    komputer saya dulu keluaran tahun 2001/2002 tuh… :) AMD Duron 1.3Ghz, masih pake DDR1 2100/266

  58. sigit berkata

    eh met nal ja, saya monanya ne, saya make matherboard ecs agp8x, amd sempron, kemaren waktu saya instal ulang windowsnya (SP2) terjadi masalah. tapi masalahnya ga sama, yang aneh tu waktu selesai instal, waktu saya instal driver realtek ternyata tidak mau, muncul jendela informasi kalo tidak suport ma windows logo…. hal ini terjadi pula pada waktu saya instal vga, padahal drivernya bawaan boxnya, tapi ternyata gagal. karena saya kira karna windosnya yang ga support ma hadwernya saya instal ulang memakai SP1 , hal serupa juga terjadi. menurut teman2 apa penyebabnya, trims atas jawabannya

  59. Heri Setiawan berkata

    sama persis seperti punya temen saya, sepertinya hardwarenya ga kompatibel sama sistem operasinya.

  60. tre berkata

    ass..mas,saya mau tanya knp usb connctor saya tidak bisa mendeteksi flashdisk?padahal didevice manager sdh ada driver nya dibios pun tidak terdetect.apakah mslh ada di kapasitor untuk usb controller??trus klo umpama ada mslh dgn kapasitor,kapstor yg mna yg harus diganti..mohon pencerahannya,terima kash,

  61. Heri Setiawan berkata

    @tre,
    ada beberapa pertanyaan nih,
    1. itu koneksi ke usb portnya pake kabel perpanjangan usb atau langsung? kalau pake kabel perpanjangan, coba dulu langsung dari port usb yang tertanam di motherboard. ada kemungkinan kabel perpanjangan yang jelek membuat transfer data dan power menjadi berkurang.

    2. Flashdisknya udah dicoba di komuter lain belum? kalo belum coba dulu ke kmputer lain siapatahu emang flashdisknya yang rusak. :)

  62. tre berkata

    fiuuh..akhirnya dibales jg…saya cek trus loh mas balesannya,cuz saya browsing pake HP…emm,flashdsk saya colok lgsung ke port usb nya (tanpa kabel perpanjangan) dan saya sudah coba flashdiskna dikomputer kk saya dan lancar2 aj . saya jg sudah coba bbrp flashdisk di komputer sya tp hasilnya nihil..sepertinya tidak ada aliran listrik pda flashdisk cuZ saya cek dibios aj flashdisk tida ada yg terdetect satu pun..oy,tipe mobo saya ASUS P4V8X-X ,Tolong mas diberikan solusinya jd umpama saya dtg ke tukang servis,saya sudah tau bagian mana yg rusak entah itu dr kapasitor atau chipset nya atau bahkan dr port usb itu sndri,tp klo port usb masa 4-4 nya rusak?termsuk port usb yg nempel dgn port modem nya?!tolong y mas…

  63. heri setiawan berkata

    owh, itu cuman port usbnya ya yang error, port yang lainnya gak masalah…?
    nama device usbnya udah kedeteksi di device manager..?
    kalau sudah ya mungkin ada yang ga beres sama portnya itu sendiri…

  64. tre berkata

    iya mas..tp apa ke 4-4 nya rusak?ko bs y?apa mungkin usb controler nya yg bermasalah?duh bingung nih ,cuz saya gk tau komponen apa aj baik tegangan atau controler yg mengatur usb di motherboard (gk tau cara kerja motherboard) bisa gk y port usb diganti/diservis?(maksain bgd y kesan nya? :) ) cuz ak ud sayang sm Mobonya mas (alasan pdhl gk ad uang bwt beli mobo baru) agagaga… ada tips lain gk mas bwt mengatasi mslh ini?mgkn pke USB 2.0 kali y?cuz motherboard ak ud support USB 2.0..Apa c mas nma kabel bwt USB 2.0 nya?”Kabel USB Travel-HV 78″ bukan?bedanya apa c antara “kabel USB Travel-HV-78,Kabel USB Travel-HF-3054 dan Kabel USB Travel-1394″?

  65. Heri Setiawan berkata

    ndak usah repot2 ganti mobo mas, kalo emang error usbnya ya tinggal pasangin aja usb card di pci slotnya. khan murah tu harganya… saran saya sih gitu, tambahin usb card aja…

    port usb tu sepertinya cuman diparalel saja, jadi kalau ada satu aja misalnya komponen yang menuju salah satu kaki port usb itu, ya semuanya ikut nggak berfungsi….

    trus yang namanya usb travel tu setahu saya ya sama aja fungsinya, paling tipenya cuma membedakan banyaknya port ato mungkin kualitasnya…

  66. tre berkata

    iy mas,sukron katsir y atas jwbn n saran nya !byk membantu saya mas…skali lg makasih byk…

  67. arbain berkata

    Wah… menarik nich membahas masalah elco, mo nanya nich gimana
    untuk membeli ukuran elco apa uf harus sama atao volt yang sama wah bingung nich.

  68. heri setiawan berkata

    ndak harus sama mas karena bagian regulatornya…. bisa dikasih sama atau setengahnyapun bisa… yang penting tidak bocor ato rusak… :D. masalah voltase bisa juga bebeda voltasenya tapi yang telas jangan kurang dari 6.3v, tapi sepertinya paling kecil dipasaran emang 6.3v…

  69. tiofilus metty berkata

    hai ak maw tanya ni ttng yang pertama slot memory ram ak udah coba ganti ram tapi ketika dihidupkan komputer kog ada konfirmasi please check your addres bsdrkfkf243423 apa gitu/ kemudian restart apkah tu slot nya rusak ya? trus masalah vga juga pas mbenerin memory kartu vga nya tidak sengaja tersentuh sedikit trus langsung aja monitor tidak bs ngangkat monitor jd gak keluar tampilan gt…mas apakah aku harus ganti motherboardnya???sebelumnya juga saya udah ganti pw supply baru yang pertama rusak kemudian digaransi… bgmn ya tolong bantu donk

  70. tiofilus metty berkata

    oya klupaan trus ada masalah lagi ketika vga ati radeon 9550 ak lepat trus ak pindah ke vga onboard nya bisa masuk tapi lampu merah pada hardisnya nyala trus biasanya kan kedip2 kan itu ndak? apa juga hardisk nya rusak ya pada waktu mw masuk ke windows juga ada konfirm system error dont send or send error….?thank bgt

  71. tiofilus metty berkata

    hai ak maw tanya ni ttng yang pertama slot memory ram ak udah coba ganti ram tapi ketika dihidupkan komputer kog ada konfirmasi please check your addres bsdrkfkf243423 apa gitu/ kemudian restart apkah tu slot nya rusak ya? trus masalah vga juga pas mbenerin memory kartu vga nya tidak sengaja tersentuh sedikit trus langsung aja monitor tidak bs ngangkat monitor jd gak keluar tampilan gt…mas apakah aku harus ganti motherboardnya???sebelumnya juga saya udah ganti pw supply baru yang pertama rusak kemudian digaransi… bgmn ya tolong bantu donk
    oya klupaan trus ada masalah lagi ketika vga ati radeon 9550 ak lepat trus ak pindah ke vga onboard nya bisa masuk tapi lampu merah pada hardisnya nyala trus biasanya kan kedip2 kan itu ndak? apa juga hardisk nya rusak ya pada waktu mw masuk ke windows juga ada konfirm system error dont send or send error….?thank bgt

  72. heri setiawan berkata

    memory address ada yang error, mungki bisa coba pake memory test punya linux. pinjem aja linux livecd punya temen… jalanin, pilih option memtest… lama prosesnya, bisa sambil makan ato tidur2an… :D … kalo ada error ya mungkin emang memorynya… setelah selesai proses memory test, bisa dicoba lagi jalanin komputernya…

    sampai sekarang ni saya lum pernah pake vga agp ato pci, jadi ya lom tahu banyak ttg vga… tapi seharusnya sih ndak ndak ada masalah kalo vga kesentuh ama tangan.
    mungkin bisa dicoba cek lagi biosnya…

    konfirmasi system error biasanya karena ada kesalahan pada softwarenya… mungkin installasi vga lamanya masih “nyangkut” pada windowsnya… coba uninstall duluw software ati radeonnya…
    tu ndak ada hubungan sama harddisknya (rusak ato ndak nya). udah bisa masuk windows aja harddisk udah bisa dikatakan bagus…

  73. tre again berkata

    ass..mas saya ada mslh lg ni,mobo (asus P4S533-MX)milik teman saya sering restart Jika untk nonton film(trutama film2 DVD) PSU Dipastikan bgus cuz ud dgnti 5x,mnurut perkiraan saya letak mslhnya di VGA.vga temen saya itu kan onboard btas maksimum VGA Nya 64 MB,Jika Saya kurangin jd 16 mb komp tidak merestart ,tp jika saya kemblikn kebatas maks (64 mb)kompt restart,pdhl driver vga onboard nya jg sudh diinstall.trus saya coba pakai VGA AGP punya saya(plug n play) mlah tidak bs msuk windows ,lgsung msuk bios stlah dibios ditekan F10 Komp tdk mau booting(black screen),blm dcoba pkai VGA Lain siy..kira solusinya gmn mas,agar tmn saya itu bisa pakai VGA Onboardnya itu dgn bts maks 64 Cuz 32 mb pun gk bs,maunya 16 mb aj.thnx

  74. tre again berkata

    ass..mas saya ada mslh lg ni,mobo (asus P4S533-MX)milik teman saya sering restart Jika untk nonton film(trutama film2 DVD) RAM&PSU Dipastikan bgus cuz ud dgnti 5x,mnurut perkiraan saya letak mslhnya di VGA.vga temen saya itu kan onboard btas maksimum VGA Nya 64 MB,Jika Saya kurangin jd 16 mb komp tidak merestart ,tp jika saya kemblikn kebatas maks (64 mb)kompt restart,pdhl driver vga onboard nya jg sudh diinstall.trus saya coba pakai VGA AGP punya saya(plug n play) mlah tidak bs msuk windows ,lgsung msuk bios stlah dibios ditekan F10 Komp tdk mau booting(black screen),blm dcoba pkai VGA Lain siy..kira solusinya gmn mas,agar tmn saya itu bisa pakai VGA Onboardnya itu dgn bts maks 64 Cuz 32 mb pun gk bs,maunya 16 mb aj.thnx

  75. heri berkata

    kalo pake VGA AGP “katanya” sih perlu didisable dulu onboard VGAnya via device manager.

    Mungkin ada beberapa yang perlu dilakukan yang “mungkin” bisa menjadi solusi ningkatin VGA 16M menjadi 32 ato 64M.
    1. Coba di “clear” dulu BIOSnya lalu setting pake default optimal setting.
    2. Bersihin kipas prosesornya, restart bisa terjadi karena over heating pada prosesor ato motherboard dan dalah satu penyebab over heating ya karena kipas kurang maksimal dalam melakukan perputaran udara pada prosesor karena kotor.
    3. Coba lepas semua perangkat yang tidak dipake, ya anggap saja menggunakan PC minimalis yang cuman bisa digunakan untuk muter DVD
    4. Bagaimana dengan DVDROM nya..? udah dipastikan bagus ato belum..? :D

  76. tre lagi berkata

    DVD ROM nya bagus mas..bru beli lagi..hahaha..serius deh…oy tar saya lakukan deh..emm,saya mau oprek speaker simbadda cst 6000 saya mas,memang ud lumayan c suaranya (bg saya yg bukan ‘audiophile’ krn kterbtsn budget,hehe..)supaya suara nya lbh kenceng n stabil gmn y mas?ktnya diganti elco,dioda,ic sm travo?saya bukn org elektro jd gk tau kya gmn bntuk smua itu paling cm elco aj yg saya tau,saya pgn bljar aj skalian nmbh ilmu…trus beli smuanya dmn y? skalian yg bgus biar maksmal ngoprek nya.ksh tau tipe2 dr elco,dioda,ic n travo yg bgus mas…mohon step by step nya y mas…pemula bgd nih! ;)

  77. heri berkata

    wah kalo mo bagus suaranya ya yang jelas “speaker”nya sendiri harus bagus..
    percuma kalo trafo arus besar, elco besar (lebih stabil) tapi speakernya “kempis-kempis”…

    kalau mo belajar elektronik, mungkin bisa belajar di http://www.electronicsteacher.com

  78. Ibeth berkata

    Hebat banget mas Heri!!! Aku kagum nech, coz banyak banget pengalaman n pengetahuannya! Dari BLOG ini aku jadi banyak tau permasalahan n solusi tuk perbaikan komputer.
    Thank’s a lot mas Heri!!!

  79. burhan berkata

    Ass

    numpang nanya nih mas.

    kemarin ga tau gimana monitor gue over signal. karena ngadapin masalah signal overload dan kebetulan pc udah berdebu banget jadi gue inisiatif buat ngebersihin pc. akhirnya semuanya gue lepas. eh pas di hidupin lagi semuanya kayaknya on (ga ada masalah) tapi ternyata vganya kayaknya gagal alias monitornya ga ada signal apa2. pertama sih gue pikir masalahnya vga tapi waktu gue lepas vga buat ngecek vganya errpr apa ga ? ternyata motherboardnya ga sama sekali ngeluarin suara beep berulang. hal yang sama juga kejadian waktu gue ngecek memory dengan sengaja ngelepas memorrynya. kesimpulan gue sih mungkin monitornya yang bermasalah atao kalo ga motherboardnya. jadi kemarin gue lepasin minjem laptop temen buat ngecek monitor dengan mekanisme extended monitor. ternyata monitornya oke aja alias ga ada masalah. ada signalnya. terus gue juga udah ngecek vaga sama memory card gue ke cpu teman dan juga ga ada masalah.

    pertanyaan gue :
    * apa mungkin monitor yang memang ada masalah signal dengan komputer gue ?
    * terus apa motherboardnya bermasalah waktu gue lepas untuk dibersihin (sebagai catatan salah satu slot memory di motherboard gue udah ada yang angus dikit dulu atpi waktu itu kinerjanya ga terganggu sama sekali (menurut gue sih ! ) )?
    * (eh iya lupa) power suplynya juga gua buka sampe dalam2nya untuk dibersihin apa mungkin masalah signal ini juga akibat kekurangan supply power ?
    * terus kemarin iseng prosesornya gue olesin pasta gigi sebagai pasta iseng. bisa ga sih itu jadi masalah ?

    sekali lagi terima kasih untuk sarannya

  80. heri berkata

    @mas burhan,
    ada vga onboard ga mas..? kalo ada coba diaktifkan, yang vga agp ato pcie dilepas dulu…
    biasanya kalo ada kerusakan device seperti speaker, monitor, printer yang diluar cpu tu yang pertama kali dicek adalah kabel ato portnya… mungkin bisa dicoba mas…

    kalau tidak ada bunyi beep di komputer mas, kemungkinan bukan dari monitor. trus kalo kipas prosesor dah menyala tapi tetep ndak ada suara beep, berarti emang ga ada problem sama powersupply.

    ni salah satu saran yg udah saya tulis pada komen2 sebelumnya, mungkin bisa dicoba:

    Mungkin bisa dicoba juga dengan cuma memasangkan powersupply-memory-motherboard dan prosesor, coba hidupkan komputer. Jika komputer hidup, kemungkinan salah satu device pendukung yang error.

    Ada kasus komputer teman saya tidak menyala gara2 keyboard yang rusak… VGA, memory dan device yg lain sudah diganti tapi problem tetap ada… ternyata yang rusak cuman keyboardnya, hampir punya 2 komputer gara2 keyboard rusak… :D

  81. syafiudin berkata

    maaf mas, saya punya masalah pada komputerku, monitor blang ga’ ada tampilan sama sekali. mouse dan kiboard juga ga’ kedetek. saya coba copot ram, battre, VGA, dan mengganti power supply. tetap ga’ tampil di monitor. makasih mas tas bantuannya

  82. heri berkata

    lampu led pada keyboard sama mousenya nyala ga?

  83. Fachri Matrix berkata

    Saya tidak dapat mengakses BIOS, tandanya begitu POST Processor terdeteksi lalu hang. Memori dan Hardisk tidak terdetek karena hang. Lalu Aku coba pake VGA internal, VGA nya dan Processor kedeteksi tapi hang juga. Tolong apa yang harus saya lakukan Produk serial aku enggak catat ada dirumah aku sekarang pake warnet.
    Terima kasih sebelumnya, saya amat menghargai bantuannya.

  84. heri berkata

    kemungkinan ada problem di memory om…
    anehnya, VGA onboard terdeteksi tapi kok memorynya tidak terdeteksi, bukannya memory dulu baru VGA yangg terdeteksi? kalo memory tidak terdeteksi seharusnya proses deteksi hardware yang lainnya gak akan dilakukan si kompie…

    ya solusi sementara, pindah memory ke slot memory yang lain (biasanya ada 2 slot), kalo masih gak bisa pinjam memory punya temen untuk memastikan sebelum beli…. :D

  85. Bahar berkata

    Assalamualaikum !
    Salam knal mas ! aku mohon bantuan neh
    komku ga mau booting alias ga ada tampilan dilayar.Saat dinyalakan ada bunyi bip 3 kali, menurutku masalahnya ada pada vga tapi dah kucoba pake vga yg laen tetap saja.coba lepas vga trus nyalain tetap.coba ganti memory dgn komp yg laen tapi tetap.coba lepas bateray bios trus pasang lagi tapi tetap.coba lepas processor trus dibersih-bersiin tapi tetap juga.Kalo gini apanya yg rusak mas?karena semua kipas nyala.Kompku P.IV mobo intel.oh ya kompku ini pernah lama ga kepake alias disimpan…tolong ya mas ! tank banget sebelumnya dari Bahar di makassar

  86. seno berkata

    ass.wr.wb..mas plis bgt..saya punya kompi dg spec sbb:
    mobo GA AMD M61SME-AMD orleans 3300-DDRAM 512/667-Seagate 80/7200
    aku pake PS Extreme 450w..masalah yang terjadi adalah..kompi g bisa booting..g ada bip..kipas jalan tapi pelan..lampu indikator power nyala..layar blank..udah ganti PS..ganti memory..tapi tetep aja..plis banget mas kalo tau solusina..trimakasi..

  87. Heri Setiawan berkata

    @ seno,
    bisa dilihat komentar2 sebelumnya untuk sedikit melakukan analisa bagian mana yang kemungkinan ada kerusakan, jadi gak perlu ganti2 dulu sebelum dipastikan dimana letak kerusakannya…

    http://alikhwan.wordpress.com/2007/08/11/motherboard-komputer-bermasalah/#comment-1572

  88. evi berkata

    Assalammu’alaikum…
    MaS.. Mohon batuan nih…monitor pc ga bisa idup layarnya, keyboard dan mouse juga g detek.. ga ada bunyi apa2.. semua perangkatnya dah sy lepas.. dan pasan glagi.. tetap aja ga ada hasil..tolong-tolong…Makasih ya mas

  89. Heri Setiawan berkata

    wa’alaykumussalaam…
    nanya dulu, tahu mousenya gak kedetek dari mana ya…? katanya monitor gak hidup layarnya..?

  90. evi berkata

    maaf mas.. maous ga sy pasang.. ada kesalahan ketik…. dah mumet soalnya..
    tq..

  91. heri berkata

    hmmm…
    berarti kasusnya ndak hidup sama sekali..? monitor ga ada sinyal..? beep gak ada sama sekali…?
    pertanyaan lagi nih… kipas prosesornya nyala ga..?
    kalo nyala, hampir dipastikan powersupply oke….

    kalo gak nyala kipas prosesornya… kemungkinannya ya:
    1. powersupply rusak
    2. motherboard rusak
    3. salah pasang device2nya, terutama kabel powersupplynya
    4. kabel powersupply rusak
    5. listrik mati .. ato kipas prosesornya mati… :D … just kidding

    juga perlu dipastikan kabel vga ke monitor tidak rusak… dah beberapa kali saya menemukan masalah pasa kabel, baik itu kabel mouse, keyboard, vga maupun kabel power… simple sih, tapi kadang kerusakan pada kabel tu gak terpikirkan…

  92. jey berkata

    Assalamu’alaikum mas heri….
    Mas, saya py mslh dgn komp. saya.
    Wkt komp’a tak nyalain, kipas prosesor nyala tp g ada bunyi beep.
    trus saya dah baca smua komentar2 yg diatas ttg mslh komp saya. n smua dah saya cb. dah dicek elco’a g ada yg anaeh tuch.
    Sampe saran mas yg hy pake device: MB, proc n memory + vga on board jg dah saya cb, tapi te2p kipas proc nyala tp g ada bunyi beep. memori saya cb di komp lain bs. jd saya simpulkan mslh’a di MB’a atau proc’a…!
    menurut pengalaman mas itu knapa yach kira2…?
    Balas yach Mas… please….

  93. doni berkata

    mas’ aq nanya donk, dlm pengalaman, sering instal so di berbagai komputer p3, merk ga jelas driver mobonya pun ga ada…. stelah selesai menginstall kadang sound nyala tanpa hrus pke drivernya, yg jd masalah klo soundnya ga nyala, bingung mo diapain tuh kompienya… Apa masalah sound itu bisa di otak-atik di bios ato nggak….. terima kasih ya mas… mohon petunjuknya….

  94. KIKI berkata

    Mas Heri, ceritanya begini : aku ng’instal driver tv tuner e-pro chipset philips saa 7130hl, trus aku instal aplikasi Ktv. Aku jalanin Ktv ga ada signal, eh lupa pasag antena. Aku pasang antena, trus com langsung hang. Ga bisa di restart, karena kalut aku matiin aj stabilsernya trus aku nyalain lg stabilesernya. Nyalain com eh monitor nyala tp ga da signal trus monitor lngsng standby. lampu keyboard ga idup (tp wkt aku nyalain stabiliser pertama td lampu keyboard idup),lampu mouse optic idup, fan idup.
    Aku matiin lg coba copot ram trus pasang lg dan nyalain com lg tetep monitor ga da signal. Dah nyoba keyboad & mouse ga dipsng tp tetep jg ga bisa, blom nyoba harddisk ga dipsang jg sih.
    Gimana mas aku binun nih, abis ga begitu ngerti soal com (newbie sih).
    Thanks mas, ditunggu advise’nya !

  95. heri berkata

    @ Mas Jey,
    Ya mungkin emang ada problem sama mobonya mas.
    Mungkin coba mas pegang setiap IC ato chipset di mobo (yang tanpa pendingin), kalau panas kemungkinan besar IC tersebut rusak. Itu berdasarkan pengalaman temen2 yang bergelut di dunia hardware.
    Bunyi beep belum jadi jaminan kalo komputer baik lho, mas dah coba sambungin ke monitor belum tuh…? MB, proc n memory + vga onboard + monitor

  96. heri berkata

    @ Doni,
    Biasanya sih sound itu tidak diatur dalam BIOS. Kalau soundcardnya yang tidak onboard (dan setahu saya sih biasanya P3 kebawah soundcardnya tidak onboard), hampir dipastikan bisa dicari jenis soundcard kemudian cari drivernya di inet.

    Kalau soundcardnya onboard, dan jenis atau tipe atau seri mobonya tidak diketahui, mungkin bisa dilihat chipset yang terhubung atau paling dekat dengan port speaker/micnya. biasanya ada tuh tulisan di chipsetnya… kalau mas bisa meneliti dan pandai menggunakan “google search engine”, kemungkinan besar bisa ketemu tu drivernya… :D

  97. heri berkata

    @ KIKI,
    Tivi tunnernya dah dicopot belum ya..? Kalo belum, cuba copot dulu.
    Trus copot juga power monitornya, trus juga kabel VGA monitor – PC, kemudian pasang lagi (posisi PC dah dalam keadaan mati ya (power ke powersupply dicopot).

    Kalo masih blum bisa, coba ikuti komen2 diatas… :D

  98. KIKI berkata

    Aku coba dulu ya mas, thanks advicenya!

  99. KIKI berkata

    mas aku kmrn mlm aku dah copot tv tuner’nya, trus com aku nyalain (idup) fan jg idup tp tetep monitor no signal. Lampu indikator di pc manteng idup (ga kedap-kedip)
    aku coba bw monitor ke com t’manku, nyala ada signalnya (bisa). berarti monitor fine alias ga da masalah.
    asumsiku power supply’ku jg ga pa2 alias ga da masalah
    trus aku coba nyalain com dengan powersupply, procesor, motherboard, & memory doang yg terpasang (Drive cd & Dvd, harddisk, keyboard, mouse ga aku pasang) idup fan jg idup dngn lampu indikator di pc kedap-kedip.
    aku coba perhatiin kapasitor2nya ga da yg hamil.
    Binun…..,apanya ya mas?
    Mungkin ga VGA’nya yng kena? procesorkah? motherboardkah? memorykah? wah aku binun bgt, mau ta’ bw ke tukang servis atut….kena biaya gede!

  100. heri berkata

    trus aku coba nyalain com dengan powersupply, procesor, motherboard, & memory doang yg terpasang (Drive cd & Dvd, harddisk, keyboard, mouse ga aku pasang) idup fan jg idup dngn lampu indikator di pc kedap-kedip.

    nah itu lampu indikator bisa kedap-kedip, coba dihubungkan dengan monitor. kalau bisa masuk ke BIOS berarti ga ada masalah.

  101. heri berkata

    mungkin kedip2nya karena ga ada hdd ya… :D
    btw, ttp dicoba konekin ke monitor biar tahu bisa ga masuk ke BIOSnya…

  102. KIKI berkata

    Ga bisa jg masuk BIOS mas.
    Apalagi yg mesti aku lakuin?

  103. KIKI berkata

    felling aku sih VGA on boardku yg bermasalah, mudah2an bukan motherboardku yg bermasalah yah mas!
    Amien….!

  104. ADIN berkata

    pagi semuanya,

    mau tanya neh ya……. gw punya mobo gigabyte 945gcm-s2c + intel e2180…. saya memakai fitur Full-On di BIOS (CPU langsung nyala apabila ada listrik masuk)… kejadiannya lucu neh: kalo di shut down… terus dinyalain cpu-nya bisa nyala, dan kalo kena listrik mati, begitu listrik nyala cpu-nya gak mau nyala…. terus saya bawain punya temen saya dengan spec yang sama persis kejadiannya juga sama…. saya ganti PSU 2x dan ganti mobo 3x tapi kondisi masih sama… tapi kalo dicoba di tempat teman saya koq tidak masalah ya??? thanks atas pencerahannya

  105. heri berkata

    @KIKI,
    Kemungkinan Mobonya tu yg kena… ya gimana lagi…, sepertinya perlu diganti tu.. :D

    @ADIN,
    Kemungkinan emang ada masalah pada instalasi listrik dirumag yg mas tempati.
    Saya juga punya pengalaman yang sama, UPS saya tidak berfungsi di tempat kost temen saya, kalau listrik mati, ups mati dan komputer ikut mati. Nah waktu saya bawa ke kost saya (waktu itu), ternyata bisa jalan normal.

    Mungkin mas Adin bisa coba pake “Voltage Regulator Servo” untuk mengatasi masalah ini, harganya sekitar 150ribu kalo ga salah.

  106. patar berkata

    tolong nih ohm.. pada saat ini saya punya motherboard yang mati, aku dah berusaha ngotak atik tetap juga ngk berhasil,memang semua MB itu cuma MB pentium 3, tapi kayaknya sayang. kemarin aku ganti elconya dengan 1000 micro dngn voltnya 16, memang bawaannya 6,3 v,masalahnya, kadang hidup, kadang ngk hidup, solusinya gmn ohm ???
    MB yang lain belum tahu penyakitnya.rata-2 power hidup tapi ngk respon,tolong ohmmmm !!!!!!!!!!!

  107. heri berkata

    @ patar,
    mungkin bisa dijelasin lebih lanjut lagi…?

    banyak mobo mungkin bisa tu dikanibal om… :D

  108. hanafi berkata

    problem yang terlihat
    1 – elko pecah => penyababnya tegangan kerja melebihi batas, kemungkinan power suplay blok tegangan outputnya tidak normal
    , cek dengan multitester , kuning = 12V , Merah = 5V
    semoga bisa membantu.trims
    email Brangazzan@Gmail.com

  109. heri berkata

    coba ga usah pake elco om…
    kalo masih kadang hidup kadang mati, ya kemungkinan ada di powersupplynya, mungkin malah cuman pada konektornya…

  110. doni berkata

    mo tanya lgi nih mas heri…..
    saya punya mobo yg dah rusak, ic yg dket dg slot ram kebakar dan ic di ramnya juga terbakar….. yg mo sya tanya apa ic nya bisa diganti?

  111. heri berkata

    bisa diganti mas, tapi butuh peralatan yang cukup…
    setidaknya beberapa cerita dari temen yang bilang seperti itu… sukanya meng”kanibal”kan motherboard.

  112. Eko berkata

    Minta tolong.. saya pny Mobo ASUS P4B-266, troublenya ketika PS2 Keyboard dipasang, komputer psti hang pas loading awal (cuman smpe tampilan bios aja, ada indikator bunyi dr Speaker MB “Tiittt…” panjang), klo tnp keyboard (or pake USB Keyboard) lancar jaya.

    Kira2 komponen controller keyboard yg rusak dimananya ya..(Elco, Resistor, ic, or yg lain..?). – Saya udah coba lepas(desolder) konektor PS2 KB+Mouse (Panel belakang => tempat nongkrongnya KB+Mouse PS2), terus saya kanibal sm pny MB lain yg ud ngga’ kepake t’nyta penyakitnya ttp sama. Cara ukurnya gimana pake multimeter biar bs mengindikasi ada komponen yg rusak..? (scra fisik komponen kelihatan ok semua..)

  113. Heri Setiawan berkata

    kalo temen saya tu cuman dipegang2 ketika komputer hidup, IC yang penasnya diatas rata2 ya itu kemungkinan yang rusak… katanya sih gitu… udah dicoba pake keyboard yang lain lom ya..?

  114. Eko berkata

    Sudah bisa mas Heri MB ASUSnya, saya tanya temen katanya ada C (kaki 8) yg nd stabil dekat panel keyboard trus disuruh nglepas.

    saya coba lepas, saya running ternyata sekarang sdh jalan normal lagi..

  115. Heri Setiawan berkata

    @Eko,
    wah… ternyata Mobo yang gak pake SOLID CAPASITOR tu emang sering error pada CAPASITOR itu sendiri yah…

    makasih banget atas sharing informasinya…
    mungkin bisa jadi pengalaman buat temen-temen yang lain, terutama jika ada problem pada MOBO keluaran lama ato yang gak pake solid capasitor

  116. hanafi berkata

    ok makasih ya mas Hery

  117. kiki berkata

    aku dah ganti mobo mas, abis baru punya duit! skrng aku pake asus p5v….! total biayanya 500rb’an (mobo, kipas procesor, & power suplay).
    pake power suplay yg lama ga ngangkat mas jadi skalian aj beli power suplay, gitu dah mas!
    thanks anyway!

  118. M3LL4N berkata

    Ass.saya mo tanya nii mas tentang komp.build up yang mana permasalahannya arus masuk, bunyi beep ngak ada, kalo lagi di tekan tombol power yang hidup cm lampu reset sedangkan led hdd hny sebentar, memory dah saya cb ganti dgn mmry lain ttp msh tetep ngak bisa hidup, pertanyaannya :
    1. apa yang sedang bermasalah
    2. apakah ada perbedaan antara memory build up dengarakitan
    sementara di MB ngak ada yang gembung ato hamil.

  119. Heri Setiawan berkata

    @mellan,
    pertanyaannya:
    bagaimana tampilan di monitornya..? ada ndak..?

    kemungkinan si ada di mobo nya.

    memory untuk kompi build up dengan kompi rakitan setahu saya sih sama.

  120. abiehakim berkata

    assalamu’alaikum mas Heri…
    kalau soundcard onboard suaranya kadang ok kadang kemresek apa dah rusak komponennya atau di install ulang drivernya? makasih

  121. heri berkata

    kang abie…
    mungkin ada yang “aneh” pada portnya… mungkin port di soundcard sendiri ato port pada speakernya atau mungkin potensio untuk volume speaker (kalo ada).

    suara “kemresek” kemungkinan besar terjadi karena hubungan yang longgar atau disebabkan kotoran…

  122. doni berkata

    allow mas heri pa kabar,,,,

    mo tanya klo donlod driver” laptop yg ngebut&free dimana ya???

    trim’s sblmnya……..

  123. kukuh berkata

    mas.. komputer saya g bisa nyala ni.. g ada bunyi beep nya.. tapi ada bunyi kayak bunyi detik gitu.. tik..tik..tik.. gak berhenti2..
    itu si awalnya pas saya bersihin kipas prosesornya.. pas dipasang lagi dah kayak gitu..
    pas nglepas kipas si g sengaja nyenggol dikit salah satu kapasitornya..
    indikator prosesor ama lampu cd room nya nyala2 terus..
    kalo keyboarnya gak nyala..
    kira2 kenapa tu mas..?

  124. heri berkata

    @doni
    langsung aja ke web yng nerbitin tu laptop… biasanya free dan dapet update terbaru driver…

    @kukuh,
    mungkin itu harddisknya yang bunyi…
    cuba re dinginkan dulu hddnya (copot, dinginkan, pasang lagi). cuba juga copat dn pasang lagi memorinya…
    kalo masih ga bisa, coba baca2 duluw komentar2 sebelumnya…

  125. aris berkata

    tuk TR yg rusak dah prnah coba mas makasih..berhasil juga heheh emang harus teliti menggantinya, trs saya mo tanya untuk motherboard yg gk mo booting hanya tampilan HP aja, udah saya coba ram(baik) Hdd (baik)Powersupply(baik)katanya rusak FSBnya atau biosnya ada solusi gk mas!!?? dan apa software tuk menflash motherboard yg rusak..?? TQ seblumnya&sesudahnya

  126. Eric berkata

    saia mo nanya dunk msh newbie nih..
    kompie saya saat sedang dipakai lancar ttp tiba2 muncul suara pada motherboard, dan kemudian kompie mendadak mati seketika

    setelah dicoba restart sampai booting masih lancar tetapi setelah login masuk windows saat loading antivirus dll, tiba tiba suara tsb muncul lagi dan kompie kembali mati seketika
    kira-kira bagian mana yg terdapat masalah? apakah mobo atau VGA

    Mohon bantuannya

    thx

  127. heri berkata

    @eric,
    komputer lama ato baru..?
    coba dibersihin dalemnya termasuk kipas dan bentilasinya, mungkin prosesornya terlalu panas.
    coba juga komputernya di buka saja casingnya.

    reinstall hdd dan memorinya.

  128. rahmat berkata

    maaf mas-mas yang expert saya mo nanya, komputer saya sound card on board nya ngeluarin suara kemresek, tiap kali aku melakukan click pada tombol (start, etc) selalu di barengi suara kemresek itu. tiap kali pijit tiap kali bersuara. pas aku liat di lampu led hardisk, kalo aku klik tombol, terus led blink warna merah, pasti aja keluar suara itu. apalagi kalo aku jalanin winamp, kan hardisk terus baca, pasti aja suara langsung kemresek or noise yang ga henti-henti.

    mohon pencerahannya, terima kasih

    Rahmat

  129. mona berkata

    Saya juga mendadak punya masalah dengan komputer gara2 maksa memasang RAM baru yang ternyata nggak cocok dengan spec motherboard. Ada bau sangit kebakar ketika saya maksa menggunakan RAM tsb. Sayapun memetaikan kompute. rSetelah mencopot RAM tsb dan memasang RAM yang lama, semuanya nampak ok. Kipas processor jalan, kecuali satu AGP Card kipasnya mati. Tak ada sinyal di monitor alias item benar. Monitor sendiri tidak bermasalah kecuali suka kredepan dengan garis2 putih (waktu komputer normal sebelumnya). Mau tanya apakah ini hanya AGP Card nya aja yang rusak atau Motherboardnya juga kemungkinan rusak? Spec motherborad saya sudah lumayan lama Asus P4C533 (kalu gak salah). Kira2 kalau AGp nya rusak yang cocok dengan motherboard saya jenis AGP apa ya?

    OK. Tq sebelumnya.

  130. Heri Setiawan berkata

    @Rahmat,
    Udah dicoba pake sound card yg ga onboard lom?

    @Mona,
    P4C533 berdasarkan info dari http://www.techsupportforum.com/hardware-support/motherboards-bios-cpu/85950-p4b533-ram.html tidak support untuk memory lebih dari pc2100. Sepertinya itu mobo keluaran udah lama ya..?

    Untuk jenis graphic card yang cocok, mungkin bisa ditanyakan di toko komputer. Khan ada garansinya juga kalo rusak.. :D

  131. agus berkata

    Komputer saya tuch….gak bisa diinstall kadang sampe 25 % dia berhenti diam aja… kemarin abis ganti power suply..

  132. Megashop berkata

    halo saya punya motherboard dan vga yang kapasitornya sudah mulai bocor, yang motherboard kapasitornya banyak di pasaran nah yang vga ini butuh kapasitor 1500uf 6.3 volt sudah cari kemana2 tp ga ada .. katanya jarang di jual. btw ada yg bisa bantu ga cariin kapasitor ini

    thanks

    YM: forbiz

  133. Heri Setiawan berkata

    ganti saja dengan kapasitor 1000uf/6.3 atau 2200uf/6.3. dipasaran adanya ya cuma itu yang mendekati.

  134. ugli berkata

    mas minta bantuanya yah,………..
    mobo saya pernah korslet karena salah pasang jumper nih….
    trus psunya angus, trus saya ganti dengan yang baru.sekarang kalo kabel powernya saya colokin ke listrik, fan prosesornya sama fan yang laen langsung nyala,lampu led mobo nyala, tapi di monitor nda ada tampilan apa apa, trus bunyi beep tidak ada sama sekali.trus tombol power sama tombol reset nda pengaruh sama sekali.minta bantuanya dong saya nda tau mau bikin apa ni kompie cuman dia harta saya satu satunya,

  135. ugli berkata

    tambahan mas semua hardware dah di test di tempat laen tapi cuma mobo aja yang tidak berjalan seperti yang di inginkan.

  136. ugli berkata

    mas fan prosesor n fan laen nyala tanpa saya tekan tombol power yang di cpu

  137. Heri Setiawan berkata

    coba cek lagi pasang2 jumper untuk speaker, reset, power, dan hddnya mas…

  138. ucup berkata

    hallo …! komp_ku kalau di hidupkan nyala sebentar aja trus mati
    awalnya masih bisa nyala dan bisa set up tp setelah itu komp nyal sebentar dan mati

  139. heri berkata

    nyalanya dah bisa masuk bios…? ato dah masuk win..?

  140. yayan_re3 berkata

    AHHH…

    masalah komputer kok banyak sekali???
    bingung ne, mau jadi programer to tukang utak atik hardware??
    mesti sering2 banyak service kompie, ntr klo ga bisa jalan
    di marahin ma yang punya alias “ga becus kerja”
    he..heh

  141. yayan_re3 berkata

    makanya, klo beli mobo yang berkualitas donk.
    jgn asal murah meriah tapi bikin repot.

    coba pake mobo MSI (seperti punya gw, udh 2 tahun msh OK MAN!!), Asus to Intel.
    Klo GigaByte, hm…ga ah…
    soalnya udh pernah nyoba dgn RAM DDR2 1Gb ga bisa jalankn Win Vista Home Premium dengan Normal
    itupun ditambah dengan Nvidia 7300 SE 128 Mb. masih lelet!

  142. Boedhy berkata

    mas mohon bantuanya, sy punya p4, sy krja 24 jam, sy pulang kom di kmar nyala. g tauny adik sy kmrn make komp’y, tp g di matiin, nah masalahy skrng g mo booting. yg nyala cuman kipas procesor & led ijo (tnpa hardis & cd room), tp klo di psang hdd & cd room led merah & ijo nyala. tp tetep g mo booting. & g ada bunyi samasekali. mohon bantuany. makasih banyak atas jawabanya.

  143. krakal berkata

    bos ane mau nanya, power supply pengaruh nggak ke sound on board. Soalnya saya beli mobo, soundnya ngga bisa hidup padahal udah install ulang driver sound sampai 10x, pas di bawa ke mangga dua (teknisi) diinstall ulang 2x ud ok. di bawa ke rumah bisa sebentar kemudian kumat lagi. Apa karena power supply nggak ngangkat?
    Thx

    Mobo : Gigabyte MA 78GM-S2H
    Proc : Athlon 4800+
    Power supply : merk POWER ATX P4-480W

    soalnya pas di Mangga 2 pake power supply punya-nya sana

  144. heri berkata

    @boedhi
    - Ada sinyal masuk ke monitor ga..? minimal lampu monitor bereaksi waktu komp dihidupin…
    - bagaimana dengan memorynya? kalo ada 2 memoty terpasang cuba ambil salah satunya… kalo ada satu terpasang cuba dipindah ke slot yang lain.
    - cuba juga reset biosnya
    - kalo gak bisa ya mas cuma share/coba2 dengan pc temen untuk nguji masing2 device mas

    @krakal
    mungkin ada masalah sama speakernya…? udah cuba pake speaker lain…?
    ato mungkin mas bisa gunakan expansion port buat port sound tang biasanya dipasang di komp bagian depan…? kemaren pernah ada kasus driver udah oke tapi speaker ga bunyi, speaker tidak terdeteksi… trus dipasang port ekspansi buat port depan itu lang aja bisa digunakan….

    kalo power supply harusnya sih ga masalah mas…

  145. gabrielfuad berkata

    mas? mau tanya gimana mencegah mobo kita supaya elconya tidak pada gembung dan klu udah gembung bagaimana supaya bertahan tidak sampai pecah
    komputer di pakai buat warnet apalagi 24 jam nonstop,takut pada gembung semunya
    tq
    wsasalam

  146. Heri Setiawan berkata

    tenang aja, yang jelas pihak pembuat sudah memperhitungkan itu sebelumnya…

    untuk yang di warnet, solusinya kalo gak dipakai ya dimatiin… :)

    untuk yang belum beli, coba cari mobo yang pake solic capacitor… :)

  147. dodi prasetyo berkata

    permisi mas2 semua mau numpang tanya. Aku punya laptop thosiba tecra m2, habis aku matiin tiba2 indikator lampu untuk powernya kedip2 tapi aku coba hidupin laptop tetep gak mau nyala. Trus aku coba colokin kelistrik (charger) tetep juga iindikator listriknya kedip2 tapi laptop tetep gak mau hidup, trus aku coba juga lepas baterai and langsung aku colokin listrik tuh laptop tetep juga gak amu hidup gak ada tanda2 kehidupan baik dari kipas atau layarnya. Kira2 apanya ya bingung nih…. Thanks b4

  148. Heri Setiawan berkata

    @dody,
    saya lom pernah mengalami itu tapi sepertinya ada masalah di bagian powernya kalo layar sama kipas gak mau hidup

  149. Surya berkata

    Lam knl mas.Gw mw nanya ne…Gw pnya vga card GeForce2 MX 400 agp tp wktu gw psng g detect,gw lht d device manager jg g ad.Mskpun dah gw psng vga card tetep aj yg detect n yg bisa dpke vga onboard y, kl kbel monitor y gw pndhn k vga card y mlh g ad gmbr y(tapi lmpu monitor y hdp).Tolongin gw donk…Kl hrs d setting dl skalian jelasin y…

  150. Heri Setiawan berkata

    @surya, jalan tercepat ya cobain tu vga card ke komputer lain… :)

  151. Surya berkata

    Sdh prnh gw cba mas.Ad komptr yg detect ad jg yg g.Nah komptr gw trmsk yg g detect.Gw pk mobo ecs p4vmy.Btw kl qt psng vga card komptr y autodetect or hrs seting d bios dl.

  152. Heri Setiawan berkata

    untuk yang baru2 ini saya kurang tahu… maklum nih skarang dah pake laptop.. :) alhamdulillah…

    kalo yang tipe agak lama ada yang auto detek ada juga yang perlu setting di BIOS, yang onboard di non aktifin duluw…

    memang graphic card tu kadang tidak kompatibel sama motherboardnya, nah untuk menghindarinya, sebelum beli mending cari info dulu dari internet ato konsultasi sama sang penjual supaya mereka mau “tanggung jawab” kalau2 graphic card yang kita pakai tidak kompatibel sama mobo komputer kita. Jadi kita bisa tukar gitu ama graphic card yang lain.

  153. techno_kid berkata

    tambah ilmu nih mas..
    visit my blog
    kasih komentar lah.. thankx..

  154. satriya berkata

    mau tanya nih mas … saya punya komputer MOBO p5p800s ,, masalahnya cpu gak bisa booting, kipas procesoor berputar bentar terus mati,, dan gak bisa dihidupkan lagi,
    , tapi klo konektor PSU 12 V dilepas, kipas processor berputar,, tapi gak ada proses sama sekali,, layar blank,, semua indikator amti,, dah coba ganti PSu 3 kali tetap sama.,, gimana nih mas ?? helpppp

  155. heri setiawan berkata

    mas satriya coba baca2 dulu dari atas ya…

  156. satriya berkata

    semua saran dah aku coba mas,, tetep belum,, tolong dong kira2 apanya nih??

  157. heri setiawan berkata

    berarti dah ketemu bagian yang rusak… motherboard kah..?
    saya kok curiga bagian yang sama dengan masalah saya duluw…

  158. heksa berkata

    SAMA K PUNYA GW TAPI GW YANG HAMIL 5 BIJI BERAPA YA HARGANYA….?

  159. heri setiawan berkata

    harga murah kok
    paling cuman seribuan per bijinya….

  160. ferry berkata

    buat para pakar…. tolongin donk.
    aku punya masalah dengan komputerku, gini: pada saat akan tampilan layarnya warna biru, lalu dibaris atas sekitar sepertiga layar yg tampil hanya garis² seperti jalur pcb. gimana cara ngatasinya? tolong donk……

    salam

  161. heri setiawan berkata

    itu monitornya yang rusak ya…?

    kalo ndak disambungkin ke CPU kaya’ gitu ga?

  162. ferry berkata

    nggak mas, monitor bagus, biar dicoba ke monitor lain juga kayk begitu. udah aku coba beberapa hal, seperti nyalakan cpu tanpa periperal lain hanya motherboard dan processor, tetap aja tampilannya seperti itu (warna biru dan ada garis² mirip jalur yang ada di pcb tapi hanya sepertiga layar dan latar belakang warna biru)

    please pencerahannya donk bagi yang ngerti….

  163. Aink berkata

    bos minta info dong, ada masalah ama vga saya. tipe his x1650pro AGP, ko kaga bisa nyala yah, sebelumnya sempet masuk ke tampilan awal, tp tiba 2 mati trus kagak bisa diidupin lagi, ada yang tau gak cara atasinnya????

  164. Aink berkata

    wat ferri, coba ganti ato tambah ram kalo VGAnya onboard

  165. heri setiawan berkata

    @Aink,
    maap nih saya lom punya pengalaman masalah itu.
    kalo pengalaman temen saya ada yang emang vga card ama mobo nya gak compatible, crash jadinya…

  166. rahul berkata

    mas kalo 2200uf 10volt diganti dengan 2200uf 16volt gak apa-apa? bisa dijelaskan referensi pergantian kapasitor?

  167. jordyx berkata

    bro bantuin gw donk laptop gw rewel?gw tinggal 2 minggu k jkt and then waktu gw balik mau gw pake nyala led indikator power tanpa tampilan,mesin and kipas aja gak hidup lansung mati lalu gw cba lgi tetep aja gw copot batre and langsung gw pasang adaptr ternyata lampu indikator power nyala terus tanpa layar and tdk ada suara atau gtaran di dlm laptop waktu pertama gw cas sih batre msh bsa ngecas tpi stlh batre full gw cba gak bsa.tolong bantuin dong?please thanx.laptop merk msi s260 megabook

  168. heri berkata

    @rahul,
    bisa kok… 10v diganti 15 volt, asal jangan yang lebih kecil

    @Jordyx,
    maap nih lom bisa jawab. kalo masih garansi dibalikin aja. kalo ndak garansi, coba reinstall RAM ama HDDnya. kalo berani aja ya… kalo saya sih nyante bongkar laptop saya utk bersihin kipas dan ventilasi anginnya…

  169. SakRiE berkata

    NumPang taNya pak masTer selain L-co yang sering rusak komponen apa laGi YaNg bikin RewEl Mobo?
    So banYak kompU diKantor yang Mati sebAgian dahH bisa di betUlin DeanGan carA gaNti L-co ato sekeDar Bongkar paSang komPoNen seMacM mem,vga,pRos seSuai Saran-sArAn diAtas.
    Tapi da BebRapa MB tEteP GaK Mau……
    KalO traNsisnya or koMpnen Lain SelaIN L-co yaNg maTi gimAna cara pendeTeksiannya?
    Thx saRanya yang YaHud”

  170. heri berkata

    pendeteksian sederhana:

    pegang chip/IC, kalo terasa panas, kemungkinan itu perlu diganti…
    penggantian kadang dibutuhkan pengorbanan, kanibal dengan mobo yang lain.

  171. abu berkata

    bos..saya minta bantuannya…mobo saya P4V8X-X…hardisknya dulu masi ATA…sekarang jebol terus beli hardisk SATA…gak detek di bios,,,??? saya baca manual upgrade bios…paling baru taon 2005..padahal bios saya juga dah aling baru..tu…mohon nasehat?!

  172. heri berkata

    Waduh, om Abu, saya lom pernah mengalami itu dan lom pernah nyoba.
    harusnya sih kalo emang ada port SATA di mobo, bisa langsung detek.

  173. SakRiE berkata

    bos saranya dah aku coba……
    mang ada komponen yang terasa panas waktu di pegeng…..
    iseng-iseng coba otak-atik di kapasitornya q ganti walaupun g keliat tanda2 rusak ….eh ternyata normalll…
    namun aku coba di lain mobo nggak bisa….

    yang jadi pertanyaan kalo pake AVo bisa nggak ya di detec namun komponen tettp terpasang….thx …\

  174. Setiyo berkata

    saya punya masalah, mobo DFI P45 T2RS semua sudah dipasang komplit led standby di mobo hidup tapi ditekan power di mobo tdk mau nyala sama sekali, apakah mobonya yang rusak atau prosesornya, yang rusak apanya?

  175. firman berkata

    gimana caranya kalau computer mati gara_gara motherboard ?
    Apa masih bisa terpakai motherboard yang lama / harus beli yang baru ?
    tapi saya mohon yang lama bisa kepakai lagi.
    thanks . . .

  176. Taufik berkata

    Saya punya masalah,pc sy kalo udah dimatiin paksa (listrik dimatiin atau restart) pc nyala tp monitor gak nyala, lampu indikator kedip2. stl bbrp saat bisa nyala tp memory kebaca 1 aja (sy pake DDR 128 & 512). VGA gak kebaca dg driver bawaan tp sy cari driver di internet baru ke detect (dulu detect dg driver bawaan). TV tuner driver gak detect. sy pake mobo ECS, dulu listrik PLN gak stabil selama bbrp bulan. tlng bantuan temen. tx..

  177. heri berkata

    Kalau ndak dimatiin paksa ndak apa2..?

  178. anandez berkata

    mas mau tanya nih,PCku AMD athlon x2 4000 pada saat login windows tiba2 mati kaya hilang power ,klo lewat safemode komputer mau idup.
    saya coba instal ulang XP3 tapi pada saat sampai instalasi windows komputer tiba2 mati lagi,saya coba ulangi tetapi hasilnya sama.
    udah saya coba copot semua saya bersihin dan saya pasang lagi tetapi hasilnya juga sama aja.
    minta bantuannya donk,kira2 rusaknya dmn?

  179. agung berkata

    sore mas , saya punya problem ma kompi ku begini :
    PS nya hidup, kipas hidup, tetapi ngga booting, atau keluar biosnya alias monitor blank,
    vga saya pake pcie, karena yg onboard rusak.
    dulu saya diamkan dlm keadaan begitu sampe 20 menitan terus dimatiin dan dihidupin lagi bisa, kalo udah bisa biasanya dimatiin lagi dan dihidupin lagi bisa tp kalo sehari ngga kepake ngadat lagi.
    tetapi sekarang ngga bisa lagi walaupun udah tak diemin mpe 30 menitan..
    oya saya pake mobo gigabyte dng procesor AMD sempron 2800, dan vga pcie 256
    memory 2 keping 512
    dan pernah saya cek dng alat tes mobo hasilnya 0 pas hidup (monitor blank)
    please ya…semuanya
    matur nuwun..

  180. Mutiarahati berkata

    YM di PC saya bermasalah, tulisan yang di terima dan yang di buat tak nampak di layar YM. bagaimana caranya agar bisa terlihat kembali. Terima kasih atas bantuannya

  181. jhons toores tato berkata

    Aslamualaikum wrwb
    gini mas saya mau tanya saya punya komputer pentium3 tiba2 mati dihidupkan kembali kadang kadang mau booting dan masuk bios tapi kadang juga ga mau reaksi sama sekali alias blang kenapaya? oh iya kenapa setiap berhasil masuk bios dan saya melakukan seting bios di save and exist kok g bisa booting layar blang tapi lok saya tekan F2 dimana itu load default seting bisa masuk windows tapi setelah itu blang hanya crousor mouse saja yang tampil tidak ada menu start dsb layar hitam kenapaya padahal mobo terlihat baik2 saja tidak ada tanda2 komponen yg hamil mohon bantuanya mas

  182. eldina berkata

    mas heri saya mau tanya. komputer saya mengalami problem,sejarahnya begini dua bulan dibeli stabilizer rusak dan diganti,dua bulan kemudian komputer suka restart2 sendiri hingga akhirnya jadi mati sendiri ternyata fan prosessornya rusak dan sudah diganti plus ganti memory dengan kapasitas yang lebih besar tapi komputer masih suka restart sendiri dan ada bunyi tuk2 dari buzzernya (jika ada bunyi tuk2 di buzzer monitor blank tapi fan hidup),lalu saya hidupkan semua komputer tanpa cassing cpu,komputer bisa hidup dari pukul 5 pagi sampai pukul 2 siang dengan sekali restart tiba2. keesokan hari masih tidak ada masalah namun lusanya(hari ini) komputer langsung restart saat 5 menit pemakaian, restart terjadi saat saya pasang flashdisk,masukin cd,dan mengklik mouse,jika itu semua tidak saya lakukan(hanya menghidupkan winamp)komputer restart sepuluh menit kemudian saya set jumper cmos ke posisi clear namun tidak ada perubahan,kira2 apa sumber “penyakit” komputer saya???? saya mohon bantuannya..

  183. Dimas berkata

    ass…
    mau tanya donk sedikit…klo udah masuk windows trz sekitar 3 menit kemudian langsung blue film…eh salah blue screen tu knp ya?
    pas gw cek lewat internet masalah blue screen ternyata ada hardware sama softwarenya STOP 000000000A (begitu sepengelihatan gw)

    pas gw cek elco ternyata ada yg bocor 3 alias diperkosa listrik

    kira2 ngaruh ga elco bocor sama blue screen??

  184. Heri Setiawan berkata

    wuih… maap dah lama gak berkunjung di blog… :D

    @anandez…
    safemode berjalan minimalis dengan tidak melakukan “load” driver tertentu dan melakukan “disable” hardware tertentu. Kemungkinan ada virus, driver crash, software bermasalah ato ada masalah pada hardware tambahan spt vga.

    @agung
    sepertinya sih ada problem pada power supplynya

    @mutiarahati,
    coba reinstall lagi YMnya, ato cek warna fontnya… :)

    @jhons,
    coba cek biosnya… hilangkan/disable floppy disk drivenya, trus first booting diset langsung ke harddisk. cek juga keyboardnya normal ato gak. copot device yang tidak perlu trus coba lagi.

    @eldina,
    sepertinya kalo gak masalah listrik, bisa juga pendinginan yang kurang bagus, bisa juga powersupplynya dah minta ganti… coba pakai UPS ato dicoba di tempat temen yang listriknya bagus. ada kemungkinan sama dengan masalah saya diatas… :)

    @dimas,
    setiap device memerlukan konsumsi listrik.
    device yang konsumsi listriknya dikorupsi ya bisa membuat tidak maksimal kerjanya, bahkan bisa bikin error device tersebut… dan ada kemungkinan terjadi blue screen gara2 device yang tidak bekerja dengan baik… :)

    alhamdulillah selesai ngetiknya… :)

  185. Deden Suhendar berkata

    Saya punya masalah, komputer p4 mobo ecs, knapa ya hdd dan cdromnya ndak bisa buka ya???
    komputer bisa jalan tapi gak nampilin apa2, please bantu aku ya
    trims

  186. Heri Setiawan berkata

    @deden,
    coba lepas cdromnya dan perhatikan apa yang terjadi (ups, kok kek mario teguh…:) )

  187. taripar berkata

    saya punya masalah dengan kompi ku, masalahnya mobo ku seharusnya untuk pentium empat 1,7 Ghz. tapi, kuganti processornya dengan 2,4 Ghz, gak tau kenapa didekat processornya ada yang terbakar.
    tolong bantu aku bang…
    kira-kira dimana letak kerusakannya itu, atau kompoen mana yang terbakar, karena kalo dihidupkan kipas processornya masih hidup tapi cuman sebentar dan seperti itu terus menerus secara otomatis hidup sebentar mati lagi. kalo kapasitor yang 3300uF 6,3V nya yang terbakar bisa gak diganti dengan 3300uF 16V.

  188. Nanda berkata

    Mas Heri…tolong dunk, mobo temen saya pake ASUS P4V8X-X, saya ada perlu setting di bios nya stlh saya F10 lgsung Blankscreen, alias ga bs msk POST. saya balikin Clear CMOS (to Jumper 2-3 back 1-2)
    bisa masuk windows lagi, saya msk bios test ganti tanggal aja Blankscreen lg, clear CMOS waras lg..upgrade Bios udh dilakuin…tetep g bs…ada pendapat Mas? thx b4

  189. Badrus Sulaiman berkata

    Mas Heri, help Me….
    kompiku waktu ku hidupin selalu ada tulisannya gini:
    Reboot and Select proper Boot device
    or Insert Boot Media in selected Boot device and press a key_

    apa penyebabnya Mas?

    terus kalo aku pencet tombol restart jadi ada tulisannya gini:
    MSI RD480 Neo2 A7194AMS V3.2 021306
    AMD ATHLON(tm) 64 Processor 3000+, DRAM Clocking = 400MHz

    1AMD North Bridge, Rev E6
    Initializing USB-Controllers .. Done
    1024MB OK

    Auto-Detecting Pri Slave…ATAPI CDROM : ASUS DRW-1608P3S 1.06
    Auto-Detecting 3rd Master..IDE Hard Disk:WDC WD2500AA.JS-00L7A001.03E01
    Auto-Detecting USB Mass Storage Devices ..
    00 USB mass storage devices found and configured.

    3rd Master Hard Disk:S.M.A.R.T.Status BAD, Backup and Replace
    Press F1 To Resume

    habis gitu ya tak pencet F1.jalan normal deh…masak sih Hard Disknya BAD?padahal baru aja tak ganti lho…masih baru…solusinya ya Mas….thx.

    • mav mas sya mw tnya.
      sya pnya komp asus p5p800s.
      klw sya hidup kan ada bcaan.
      “chasis intrude”
      “fatal error”
      “cmos setting wrong”
      dan komp gk bsa diapa2in lg mas.
      tuh gmna ya mas cra memperbaiki nya .????
      tolong bantuan nya ya mas.

  190. Masdin berkata

    Salam

    Mohon pencerahan, saya menggunakan mobo asus p4v8xx-x, ada 2 port sata. ceritanya saya menggunakan harddisk sata seagate, nah pasang dipasang, ndak mau detect. di cek di bios hanya tertera ide, tak ada sata. pas bios saya update dengan aharapan agar sata tertera di bios tsb, ternyata tetap tak ada. logika saya kalau di bios ada tertera sata maka harddisk akan dikenal.
    adakah cara lain unutk menginstall win xp, atau saya harus buat sata driver ke disket dan waktu install xp tekan f6? terima kasih sekali lagi mohon infonya. Wassalam

  191. prasgo berkata

    mas punya saya asus asus p5pe-vm ya termasuk barang langka sihhh,,, sound nya gak bunnyi ,,,driver bawaan dah di instal…coba aq pasang di panel speker di mobo hdup tp sebelah mati… gimana solusinya,,, mas… !!!!

  192. Agus berkata

    Mas2 tlmg q mnta penjlsn yg detel yg mudah di pahami komputer ku sering mai-mati klu dh panas pdahal q dah menjalankan saran dari teman2 google tpi knp kok msh gt Mas?

  193. arsep berkata

    salam kenal mas,
    mas saya ada masalah dengan Mobo P3 2 unit, dua2 nya mati total kipas gak nyala, gak ada suar bep, gak nongol di monitor, tapi salah satu IC ada yang panas ketika saya colokin ke PS. terus yang satunya lagi Chipsetnya panas.padahal udah saya cek tidak ada kapasitor yang lagi hamil, mohon pencerahannya mas kira2 apanya yang rusak terus bisa gak di betulin
    terima kasih

  194. Ryan berkata

    bagiin pusing gue nich..
    asus p4sgx indikator nyala tapi tidak tampil ,,
    padahal udah kompare RAMnya ada yang bisa kasih solusi ga???

  195. OKA berkata

    BOS GW PNYA MB GGBYTE FOR AMD SOKET 939…TP MBNYA MATI AP NYA YA YANG RUSAK COZ MATI TOTAL…..

  196. gunin berkata

    mas heri saya mau tanya. komputer saya mengalami problem,sejarahnya begini saya salah masukin RAM DDR 1 saya Pasukin DDR 2 tiba-tiba pas saya nyalain komputer nya bunyi ngiiing trs langsung meleduk ..( motherboard )NYA ..pas saya nyalakan kembali dan pake RAM DDR1 NYALA TAPI Kyboard ga bisa masuk ke pengaturan BIOS nya… saya mohon bantuannya..( motherboard )

  197. gunin berkata

    mas heri saya mau tanya. komputer saya mengalami problem,sejarahnya begini saya salah masukin RAM DDR 1 saya Pasukin DDR 2 tiba-tiba pas saya nyalain komputer nya bunyi ngiiing trs langsung meleduk ..( motherboard )NYA ..pas saya nyalakan kembali dan pake RAM DDR1 NYALA TAPI Kyboard ga bisa masuk ke pengaturan BIOS nya kira-kira apa ya masalah nya… saya mohon bantuannya trimakasih sebelumnya

  198. imam berkata

    mas salam kenal dari imam !!
    saya mau nanya komputer Q pas Q nyalaiin monitor mati tapi CPU dalam proses lampu CD nya nyala terus tu apanya ya … terima kasih …!!!

  199. Dhadhik berkata

    Salam kenal
    aku punya Mobo Asus P4B533-VM g’ mau hidup yg nyala cuma FAN Prosesor + FAN Cassing. begitu nancap ke listrik LED indikator CPU + FAN prosesor lgsung ON (Saklar ndak fungsi) tp: 1.Monitor tetep Blank 2.Ndak Mau baca data Hardisk (LED indikator Hardisk diam). Langkah yg udah aku lakuin: 1.masang Board+Prosesor = Bunyi Bib Bib dan tetep Blank 2.masang Board+Prosesor+Memory = Ndak bunyi Bib bib tp tetep Blank.
    saya tggu jwbanya n Makacih…

  200. Dhadhik berkata

    Maaf mas Heri nambah lg…
    kmrin VGA msh On Board trus tak coba ganti VGA card tp hasilnya ttp nihil.
    jawabane Kulo tenggo mas…

  201. Dhadhik berkata

    Maaf mas Heri nambah lg…
    kmrin VGA msh On Board trus tak coba ganti New VGA card tp hasilnya ttp nihil.
    jawabane Kulo tenggo mas…

  202. sarwajala berkata

    senasib ama nasib mobo ECS K7SEM gw,ni jg mo ganti kapasitor.yg aslinya pake 3300uF/6,3V gw ganti pake 3300uF/16V tp merek kapasitornya samsung bagus g ya….???

  203. fans berkata

    para master mohon pencerahan, mobo q mati ga ada indikator apapun baik suara bip, udah ta ganti psu tetap aj, cuma pernh sekali kipas prossesor nyala cuma 2dtik mati lagi trus ga nyala dg device mobo ram n psu aj, maunya normal abis ta bawa main kena goncangan gitu d perjlnan trus nyampe rumah ga bisa dinyalain gitu, aq pake mobo MSI 3ghz, mohon bantuannya thz

  204. Riyos berkata

    COMPUTERKU SAMA DGN KASUSNYA BANG SATRIYA…..MOBO ASUS P5GD1-VM…..MOTHERBOARDNYA KAH YG RUSAK???

  205. Hendrik berkata

    Saya mw tanya sdkit Knapa pada Saat Komputer saya di nyalakan(di tekan power ON) Hidup Sbntr Lalu Selang 2dtk Mati Kembali stelah itu Hidup lagi sperti biasanya Tolong di Beritahu ya

    Terima Kasih,

    Drikz

  206. gunin berkata

    mas….
    motanya nie…
    gimana si cara nya deteksi kerusakan pisik pada mainboard,yang kapasitor nya ga bunting,,
    masalah nya mainboard saya nyala tapi ga ada tampilan di monitor nya padahal vga nya udh saya ganti dengan yangbaru….
    tolong ya kasih solusi nya…..kirim aja ke email saya gunin@brilyan.com

  207. sukocohardianto berkata

    saya numpang tanya saudara, apakah saudara punya skema sebuah motherboard tahun 2005 an atau yang lebih baru?

  208. nico berkata

    komputer saya memakai p4 seleron 1,7 ghz. DDR1 1256 mb. vga nvidia seri 6600.
    motherboardnya seri p4s533-x apakah prosessor saya bisa diganti klo bisa dengan apa?

  209. Jimmy berkata

    hai friend,ni wa punya masalah ni
    ni komputer temen wa bnyk debu
    trus wa bersiin
    siap tu pasang balik
    eh komputernya pertama idup gk ampe 3 detik padam
    trus w cabut listrik powersuplly ke mainboad kemudian colok eh tiba2 bunyi macam konslet di mainboard n mainboad padam
    trus wa cabut lagi pasang lagi
    n kondisinya waktu tekan powernya kipas processor putar dikit trus powerbunyi srettt dikit,n gk idup
    kira- kira masalanya apa ya,power supplya uda wa cek masi ok
    ni mainboard msi
    tolong pencerahannya la?makasih y

  210. sammy berkata

    salam kenal buat semua…
    saya punya trouble sm MB VIA VT8235 nih… colokan buat mouse n keyboardnya (yg PS2) g nyala. sebelumnya sih ok2 aja. sebelum nya ada dialog d layar pas booting “keyboard connect incorrectly” gitu, tp sy resume aja… hasil biasa. sy reboot lg bbrp kali komp nya eh malah g nyala mouse n keyboardnya. tp masuk windows kok kompnya. knp tu yah… makasih buat blsannya…

  211. sammy berkata

    mas barusan sy dah cek MB nya ternyata elconya hamil… kl mo ganti gimana yah caranya??? apa aja yg harus sy persiapkan….

  212. kamal berkata

    klo kita colok USB / flashdisk gak konek knp ya? apakah ada masalah pada motherboad jga…? lalu apa yg hrs saya lakukan…? tolong infonya kawan

  213. opick berkata

    mas saya punya mobo foxconn ZX-i945LM, processor intel dual core. sering mati kalo udah masuk windows sekitar 5-30 menit, truz sblum mati ada blue screen. pas dicoba diganti processor dengan P4 2,66 Ghz normal. truz processor yg dual core itu dicoba pake mobo yang lain normal jg. OSny pake windows 7. diganti RAM, PSU, VGA pun tetep kaya gitu. truz kalo diliat mobonya gada ciri-ciri yang rusak..apanya yang salah yah??? mohon bntuannya.

  214. ima berkata

    mas saya mw tanya nih, pusing bnget ni…komp saya kn sering heng trus muncul pesan eror gtu dilyar, layarx berwarna biru gitu trus muncul tulisan klo mo booting hrus pake safe mode dlu, dh saya lakuin masuk ke safe mode tp msh aj ereor trus saya instal ulang tp msh ttap aj kya gtu. akhirx saya iseng2 bongkar tu comp, saya bersihkn debu2x di mobo, memoryx dilepas. stlah bersih lalu saya pasang lg sprti semula ktika d’pasang malah tambah parah mas, layarx blank gtu padahal smua kabel2 dh d’pasang dgn bener, wktu d’nyalain bunyi beep 3 x pendek krn saya pikir krg kencang akhirx saya benerin lg memoryx trus d’nyalain lg tp tetap aj layarx blank tp bunyi beepx g ad lgi.

    krn penasaran akhirx saya pake comp yg satux lgi buat coba device yg g mau td , lgi2 saya bersihkn komp yg ke 2 dri debux. stlh tu bru d’cb ttap g mau jg. krn putus asa akhirx saya kembalikn spt smula. dasar saya mungkin lg apes comp yg satu lg ikutan ngeblank gtu layarx jd dlm 1 hri 2 comp saya yg ngeblnk gtu g ad tampilan apapun d’layar. saya bnr2 pusing mas..kira2 tu knp y mas apa konslet atau gmn wktu tu saya ngelepasin kabel layarx dlm keadaan msh konek kelistrik, kata temen saya tu mobox yg rusak.. duh masa saya hrus ganti mobo 2 comp sekaligus. mohon penjelasanx mas biar nnti klo d’bw kersevices g d’kibulin…

  215. joko berkata

    saya punya mobo asus lampu indikator pd motherboard nyala tapi fannya g berputar..knapa ya?

  216. [...] Motherboard Komputer Bermasalah [...]

  217. [...] Motherboard Komputer Bermasalah [...]

  218. san berkata

    mas, saya punya komp P4B533 celeron 2.0Ghz kenapa ya komputer saya pada saat di nyalakan ada bunyi tilalit kaya shirene dan monitor blank kira kira apanya ya mas?

  219. anjas berkata

    mas komp aku p4 2,6 vga 256 memory 640, sekarang sering hang waktu aku cek elconya 3 ada yang hamil ukuran 2200uF/6.3v, dirumah aku py board p3 yang kepakai elconya ukuran 3300 uF/6.3vkalau diganti kira kira ada pengaruhnya, ma kasih bantuan dan infonya

  220. Ibank berkata

    boz mo tya nich
    klo mencet power tapi g hidup ap’y yg bermasalah.
    tapi lmapu yg ad d motherboard hidup.
    minta bntuanya yupz

  221. ronald berkata

    mas saya mo tanya,
    saya punya P3 866 Asus TUA266.masalahnya mas.ketika komptr di nyalakan semua hidup(pertama sih bunyi bep 1x,trus bep 3x,kl kata petunjuknya VGA nya “bad”.trus saya copot-bersihin-pasang ;agi-dah hilang bunyi bepnya)nah,waktu loading pertama mau masuk OS lama sekali,udah gak bisa masuk.yg ada tampilannya cuma pilihan OS(yang ada kata2 safe mode,last working,start windows normally itu.trus saya pilih safe mode,trus pilihan yang lain hasilnya tetep aja..resuming tapi ngga masuk ke windows atau tampilan loading.sekedar tambahan mas,sebelumnya ada OS nya (saya pake UBUNTU)eh,masuk..malah loading.lha kok ketika saya instal windows XP gak mau masuk2 ya.padahal hardisik saya instal XP di tempat lain.ketika saya kembalikan ke PC saya kok pilihan menu -pilihan menu lagi,pas sudah dipilih kok TETEP ga masuk2 ke OS XP.saya juga dah cek device-device nya dari mobo sampai memory(semua saya test baik)nah yang anehnya ketika Hardisk yang sudah saya “isi” windows XP saya taruh di PC saya bermasalah saya pake hardisk temen,eh sama juga..ga bisa masuk2.juga anehnya ketika saya cek lagi hardisk saya yg tadi “gagal” runing di PC saya stlah saya instal , di PC temen saya kok file nya ada yang korup.nah pas saya pake hardisknya temen juga sama,tapi ketika di pasang lagi di PC nya dia,bisa hidup lagi dan masuk windows xp lagi.cuma hardisk saya aja yg ga bisa.tadinya saya pikir ini harddisk,tapi kok aneh..kalo rusak harusnya dia gak mau di instal XP dong,tp ini mau kok,malah pas selesai instal di restart nyala dan runing-tapi di PC temen-kalo di PC saya aja dia gak mau jalan,dan pas dipasang di tempat temen lsg korup.
    kira2 kenapa ya,mas?makasih atas jawabannya.

  222. randy berkata

    om tlong bntu td pagi komputer sya tiba2 ngerestart tus pas saya tekan F1 lnsung ngeblang knp om

  223. cun eng berkata

    saya pya laptop penti IV, kondisi hidup tpi ga bisa baca hardisk dan cd room…apanya yg terbakar mas?

  224. Ahmad M berkata

    Saya punya komputer rakitan sendiri Baru 3Bulan..

    PSU~SUN 450 Watt.New,
    Pro~IP4 2.66Ghz.Second,
    Mobo~ECS 915-M5.Second,
    Ram~Promos 512Mb.Second,
    HD~Seaget 40Gb.Second,
    OPD~LG DVD Combo.New,
    VGA~Onbard,
    Key~New
    Mouse~New

    Kondisi.monitor hidup tp ngk da gambar, FAN PSU hidup, Fan Prosesor hidup, LED harddisk nyala terus, LED CPU mati, Ngak Da bunyi beep, Mouse hidup, Keyboard hidup, OPD hidup..

    Tindakan.Mobo dah ku bersihin, kapasitor kuliat ngk da yang hamil, RAM dicek pki kompi lain hdp, HD dicek pakai kompi lain hidup, dah kucoba menyalakan tanpa ada prosesor, ram, HD, cd rom, kasing, keyboard, mouse.dankebalikanya.ngk da bunyi beep sama sekali..

    Tapi kadang kalo kompi ngk di nyalain 3-5 hari hidup lagi, ntar di pakai 2-3 kl mati lagi..

    Bagaimana solusinya…?

  225. maia berkata

    kemarin aq mw instal vga komp ku, tapi cd room ga kedetek, lama2 keyboard juga ga fungsi, sekarang lo mw idupin komp sampe wimdows tiba2 blank item. apanya ya?

  226. Wahyu berkata

    broo,
    q pnya kndala nih ma pc gua..
    tak mau hidup sama sekali..
    tp klo dnyalain PSnya idup fan prosessor idup tpi ga kluar gmbr n ga da bnyi beep..
    Q mkirnya psti kena mobonya..
    n kira2 kalo bner mobonya, bagian mna yg hrus dgnti klo tak bisa kluar gmbr??

  227. viroes berkata

    saya ada masalah dengan MB saya (ECS) kalo PC saya hidupin yang tampil hanya start awal saja ( layar Hitam dengan tulisan versi bios, Vga, Processor, dan perintah del untuk setup bios dlsb. tapi memory test, Hdd dan Cdroom tidak bisa ke baca juga keyboard ga berfungsi pula jadinya tdk bisa masuk bios.

    langkah mereset bios (jumper & cabut batrey sudah saya lakukan tapi hasilnya sama saja) pengetesan Hardware seperti Proc, Memory serta powersuply juga saya lakukan dan semuanya normal tapi tetap saja pada MB ECS saya sama saja.

    kapasitor saya chek tidak ada yg hamil he he he…(masih perawan)

    apa ada yg punya solusi??? Thanks.

  228. yuangga berkata

    gan saya ada masalah ni…
    komputernya gak bisa booting…layarnya blank warna hitam… tapi semuanya nyala…itu kenapa ya???

  229. anton berkata

    mas saya ada masalah pada motherboard,saat keadaan on komputer tidak nyala dan pada motherboard terdenagar derit

  230. abdullah syafii berkata

    Mas mau nanya laptop toshiba m30 milik pribadi, monitor blank tidak ada tampilan sedangkan di mobonya power masuk….

  231. widodo berkata

    mau tanya nih bos, saya di semarang, ada masalah dengan pc saya. pc saya mati/tidak bisa masuk bios, setelah saya cek fan pada mainboard dan led powernya menyala, yang saya tanyakan ada apa dengan pc saya? mohon dengan hormat dibalas

  232. R.SONNY TRI CAHYONO berkata

    saya punya Motherboard Asus P4S533-MX sound maxnya sdh tidak bisa berfungsi.yang mau saya tanyakan apa bisa saya memakai sound card usb utk asus P4s533-MX?agar pertanyaan saya di balas dengan cepat.

  233. Aldi syah putra berkata

    kenpa semalam pas aq hidup komputer musti tekan F1
    tololng bantu kasih tw solusi nya dunk kakak

  234. ardiendone berkata

    salam kenal.
    mas saya juga mau tanya donk,komputer saya mainboardnya msi ms7222 prossesor celeron 2,66ghz, vga onboard,masalahnya pc saya setiap kali dihidupkan tidak bisa bertahan lama kira2 5-30 menit mati disertai bunyi menderit.saya lihat fan kipas masih muter ram sudah saya ganti baru,psu baru bahkan kalo mau direstart mati.saya bingung saya buka casing ditambah kipas besar juga masih muncul masalah tersebut.mohon bantuannya mas,thanks
    ardien

  235. ruryy berkata

    konputer saya baru beberapa bulan,saya ganti bok cpu. waktu dinyalakan hanya sekutar satu menit mati.
    kenapa y.??

  236. aa berkata

    mas hery… saya punya problem mb albatron socket 754 bermasalah dengan 4 kondensator 3300uf/6 v juga hamil…dah sana kemari cari komponen terebut tdk ada trus solusi bagamana mas hery?nuwun

  237. Rusdi berkata

    Motherboard Asus Seri P5kplm SE bermasalah terus sudah 4 x masuk service center, sering restat sendiri jk pemakaian sudah lama. +/- 4 jam.Punya 3 computer dengan seri yang sama, masalahnya sama.kira- kira apa masalahnya ?Apa produknya jelek untuk seri tersebut

  238. roni berkata

    maz q mw nanya matherboot saya di instal ulang kok g’ bisa padahal hardisk dah q instal di kom lain bisa, trus power suply jaga dah q ganti punya temen memori ok.. tp tetep tdak bisa tolong bantuanya

  239. masriady berkata

    mas lo motherboard dah gak bisa tampil , apakah bisa di servis ni

  240. arza berkata

    mas, numpang nanya ya. kompi ku jarang2 tk pke krn aq lbh sring pke laptopku. kemarin paas aq mo pke sering restart trus berkali2 meski kadang masih bs masuk windows n bs ketik2 sebentar. eh, lama2 monitor jd blank n ga bs masuk bios. cek ram ok, cek PSU ok. lampu LED kuning ga mo nyala hy LED yg merah nyala. tidk ada suara BIP. heatsik pross nyala kenceng. dh sy cek mobo klo2 ada yng terbakar. kyke ok2 aza. apa kasitornya? ato gmn? mohon pencerahannya ya? thx b4.

  241. wali nasir berkata

    motherboard saya bermasalah gk bsa nyala, ada solusinnya untuk mengatasinnya/gk respon sama sekali tlong beri tw saya???

  242. lalala berkata

    mas numpang tanya , kalau komputer saya kadang system boot fail kadang juga nyala tapi tiba tiba keyboard , monitor dan mouse mati tetapi CPU masih nyala , apakah itu masalah ada pada motherboard juga ?

  243. Rifqi berkata

    minta skema rangkaian pendeteksi suhu untuk sound system ?

  244. Siswanto berkata

    Komputer saya power supply kemasukan cecak ekor sampai gosong yang menyebabkan shot pada power supplynya, waktu itu kondisi komputer sedang mati tetapi power supply masih terhubung dengan listrik 220 v. kemudian saya bersihin bekas cicak yang gosong tersebut kemudian komputer saya nyalain.semua berfungsi hanya saya layar heng warna hitam lama sekali. karena saya buru-buru mau pergi komputer saya matikan dengan paksa alias saya tekan tombol powernya sampai mati. saat pulang komputer saya nyalain lagi tetapi semua komponen tidak jalan hanya lampu led mobo yang menyala warna merah.saya sudah reset c mos, semua komponen saya lepas semua lalu saya pasang lagi hasilnya masih sama.jadi ketika tombol saya tekan hanya kipas sedikit sekali bergerak dan lampu led mobo nyala warna merah. saya ganti power supply baru dan hasilnya masih sama. apa yang harus saya lakukan. minta bantuannya. terima kasih mass…

  245. newbie berkata

    kang saya punya mb asus p4ss33-mx,power mb nya nyala, tapi fan heatsink nya gak berputar(posisi proc sudah sesuai petunjuk pros intel 2,8Ghz) & gak ada tampilan ke monitor tapi stlah dicoba di komp lain fan heatsink tersebut masih normal,powsup dicoba ama yang baru,fan heatsink masih gak berputar dan gak tampil ke monitor,gak ada suara bep ,memori masih baru dan dicoba di komp lain normal,mouse ama keyboard(new) dipasang,elco gak ada yang hamil dan gak keliatan kering,apakah atx powernya nya gak normal ??mohon pencerahannya

  246. toni berkata

    met malam mas, saya toni. saya ada masalah dgn mobo ASUS P4s533, pada saat mau booting langsung restart dari awal lagi. langkah yang sudah saya lakukan ganti elco, meskipun tdk ada elco mobo yang menggelembung.tapi tetap tidak ada perubahan.
    reset bios dan sudah saya bersihkan mobonya. dan tdk membuahkan hasil
    kira2 apa ya mas solusinya?

  247. Yogi berkata

    Gan, Saya mau tanya. Kalo mau menghilangkan blok LAN CARD onboard pada MB ASUS P5PE-VM bagian mana aja ya gan?.
    soalnya MB ku ngga bisa detect LAN card onboardnya, dikarenakan komputersaya pernah kena petir.
    yang rusak hanya LAN cardnya saja, tapi yang lain masih fungsi normal.
    tetapi, efek lainnya adalah supply 3.3 Voltnya jadi turun, bisa sampai 3.08Volt. tegangan keluaran PSU tidak ada masalah. Sudah ganti power supply, tapi kagag ngaruh.

    Bisa bantu saya cari solusi?

  248. Guntur berkata

    cpu baru ngerakit, 2 hari langsung cpu blank. ga ada suara, ga ada gambar sama sekali. saya pasang mobo+proce+ ram+ps+monitor+keyboard+mouse. saya on kan cpu..
    1.lampu keyboard ma mouse hidup terus mati
    2.lampu power cpu nyala
    3.kipas proce ma chasing nyala
    tetap juga ga ada suara ma gambarnya sama sekali.
    specnya : 1. proce sempron 145 amd am3 …….?
    2. mobo asrock n68-S3 ucc …….?
    3. ram vgen 4gb ddr3 1333mhz …….ok
    4. power suplay corsair cx430 430watt …….ok
    5. hardisk 2.5 fujitsu 160gb …….ok
    6. dvd rw lg …….ok
    7. monitor hp L1750 17inc …….ok
    8. keyboard ma mouse usb Logitech …….ok
    yang saya mau tanya mobo atau proce nya yang rusak ? atau mobo dan proce nya rusak ?
    mobo dah jumper clear cmos, karena penasaran hilang deh garansi, battery cmos dah di lepas pasang. Mohon jawabannya mas. sebelum dan sesudahnya bayak2x trima kasih

  249. andre berkata

    Gan, saya mau nanya… PC saya akhir-akhir ini kok sering hang ya… saat dipakai tiba-tiba.. hang, ada tampilan bintik-bintik ungu/kemerahan, kayak vga-nya yang bermasalah, tapi setelah di-restart bisa kembali normal, tapi nanti kadang2 nge-hang lagi… begitu terus berulang, takutnya nanti nambah parah… sudah saya re-instal win-nya masih tetap sama..
    specnya:
    1. athlon II X2 250
    2. mobo DFI BI 785G-M35,
    3. vga pake onboard,
    4. ram ddr3 v-gen 1 gb
    5. PSU power logic pure 240 watt
    ditunggu jawabannya ya Gan, terima kasih..

  250. boni berkata

    mo nanya nih…
    aku baru beli komputer baru (gress) itu baru 2 minggu.. selama 2 minggu komputer tidak ada masalah sama sekali..
    tapi di suatu pagi, pas komputernya di nyalain, dia hidup tapi tidak ke detek sama sekali… monitor blank.. numlock dsb nya nge heng… kadang kalo di idupin, beberapa detik mati sendiri… trus hidup sendiri… pas di check ke tukang service.. tidak ada masalah apa2… pas balik ke rumah… masalahnya timbul lagi…

    kalo kapasitas listrik dari PLN nya rendah… ada pengaruhnya ngga ya…? (kalo awalnya baru di idupin listriknya suka turun, tapi setelah listriknya di naikin, listriknya tidak turun lg dan komputer bisa idup.. cuman ya itu tidak ke detek sama sekali)
    perlu di ketahui kalo komputernya sudah hidup… listriknya ngga turun2 lagi…

    pliss solusinya…

    trims…

  251. Si gaptek berkata

    Mau tanya nih bozz, ana punya kmpter cor.2.duo lagi ada masalah nih, dihidupin kira2 10 menit tiba2 mati sndri/total. mau hidup lg klo kabel listrik dicabut dulu dan di tancepin lg, kadang2 nunggu 2 hari lg baru mau hidup, mohon pencerahannya wahai teman2 sedulur smua,,

  252. Gan ane nemu mobo asus P4S533-MX dari cuci gudang. ada yang punya manual booknya ga?

  253. Budi Setiawan berkata

    Mas/Brow Ane Minta solusi neh,…! Pc Aku Ditekan power hidup Pi Gag da Bunyi bip Truz Gag masuk Ke booting,… Ne dari Apanya Ea,….?

  254. xtydyne berkata

    Mas, mau tanya nih? pc saya motherboardnya baru diganti (ASUS P5G41T-M LX). Pas dicoba pertama kali di rumah nyala tapi ga mau dishutdown ga mau mati2. Dicoba kedua kali sama, terus setelah itu mati sama sekali. Ketika dilepas listriknya terus dpasang lagi cuma lampu indikator motherboardnya nyala tapi ketika tombol powernya dhidupkan cuma ngegerakin kipas processor sebentar trus mati n ketika ditekan lagi tombol powernya ga mau hidup lagi.
    Kenapa bisa begitu ya?
    Apa cacat mtherboard sehingga saya harus retur motherboardnya?

  255. Rahmat H berkata

    om mohon pencerahan. motherboard saya soundnya menyebabkan gak bisa bunyi padahal device sudah terinstal sempurna. tak coba tambah soundcard gak mau menginstal devicenya, setelah dimatikan tak coba pegang beberapa komponen alhasil pada komponen berbentuk segi empat berkaki banyak banget ada tulisannya via, sngat panas, tolong om cara ngatasinnya gimana? maklum harta satu2nya. kasus baru sekitar seminggu.

  256. ViChi Comp berkata

    mazzz Q mw nx nich…..
    Laptopq ni g’ tw npa….Q ud nyalain tp pas tampilan starting windows tiba2 prosesnya lngsung berhenti and lngsung padam laptopnya…..
    Q ud coba masuk ke Bios trus tunggu beberapa saat tp g’ ada mslah apa2, laptopnya jg g’ restart…..
    kira2 apnya yg rusak yach….??
    tlong d bantu ya…. :)

  257. anto berkata

    mas aku punya mb p4, masalahnya mb itu gak mau idup
    1. disambung pwr sup yang hidup cuma fan prosesor aja
    2. dipasang prosesor fan prosesornya mati
    3. tidak ada suara bip sama sekali (dipasang memori dll di slotnya pci dilepaspun juga begitu gak ada suara bip nya)
    jadi kerusak mb ku dipanya ya ya mass kira-kiranya tu
    tanks.

  258. abrory70@yahoo.com berkata

    mo xnak nich sob,
    q kn pxa komputr, trs td mlm q cba psang kpas dlam keadaan ON, stlah q clokkan eh tba tba mati total sob, kra kra apnx ya yg rusak,!
    Q tung komenx y sob, krn bs dktakn q bru 2 bln pnx komputr.

  259. roni berkata

    g bisa msk bios cuma keluar tampilan merk VGAnya aja abis itu blank item
    mohon petunjuknya
    blz via email

  260. Hendri Kusuma berkata

    mainboard berbuih Keluar cairan pas skitar slot memory+vga, gmna ya?

  261. ken 4 rock berkata

    +an saran gan. kalo susah angkat kapasitor, jng paksa salah2 board lecet jalur jd putus. amannya pasang belakang board aja gan, posisi tidur. lanjutkan !!!

  262. mardani berkata

    om mo nanya ne cari kapasitor elco Chemicon KZG 1500uF 6.3v 8mm dimana ya??mohon petunjuknya

  263. darmod berkata

    bos ane juga maw nanya,ane pnya desktop,gygabite,core i3,ram 4gb,cpu 3.10ghz,hdd,500 gb,problem saya,saat komputer sedang on,tiba2 keyboard ama mousenya macet kalau ada nyalain lampu,ataw apa aja asal ada hubungan stop kontact listrik,,,tolong dijelasin kira2 apa yg menyebabkan itu terjadi?

  264. irfan berkata

    mas,laptop toshiba untuk masuk menu bios biasanya itu F2,tapi laptop ane gak bisa,knpa ya mas????

  265. rina novi berkata

    sore,,, saya novi,,,, saya mau nanya niy… dan mohon bantuannya…
    saya juga punya masalah dengan komputer saya,,,,
    jadi sebelumnya komputer saya sering panas,, dan kalo udah panas pasti bakal langsung mati,,,, sebelumnya saya pernah ngalamin kayak gini juga…
    dan kesalahan emang terletak di fan nya sama power supplay nya… dan emang langsung diganti,,, terus sebelumnya prosesor nya saya kasih pasta pendinginnya juga…
    nah yang pengen saya tanyain…. sekarang juga kayak gitu masalahnya… tapi untuk fan sama power supplay nya sehat walafiat… prosesor udah saya kasih pasta lagi,,,, tapi kok pas di hidupin malah muncul pesan error banyak bener…. tadi nya pesan error karena salah pasang kabel…
    tapi kok sekarang pesan error nya “inserting an index entry into index bla bla bla….” itu kenapa ya…????
    makasih sebelumnya…. ^_^

  266. hendri setiawan berkata

    met sore para master komputer mau tanya nih tentang mobo, maklum orang awam saya ^_^

    jadi begini masalahnya, tadi pagi ada kawan bawa komputer minta di isntal ulang, nah setelah di colok semua perkabelan dan akhirnya saya hidupkan, setelah saya tekan tombol power pada casing si komputer hidup tapi tidak mau tampil ke monitor dan lampu keyboard seperti numlock,caps lock,scrol lock berkedip terus, setelah saya cek semua dalamnya CPU nya g ada kabel yang tidak terpasang, kira” ada masalah dimananya ya, sedangkan sebelum di bawa ke tempat saya komputer nya masih baik” saja….
    mohon bantuannya buat para master ^_^

  267. cholil berkata

    mas saya mo nanya ni,kompi saya kalo di on nyala tetapi monitornya gak mau nyala,teru aku restart baru monitor nya nyala.jadi setiap ngidupin harus direstart terus,kenapa ya

  268. ruslan berkata

    mas sya mau tnya ??

    komputer sya tuh CPU nya hidup, tapi ko monitor nya kedip2 lampu power nya
    #mhon bantuan nya mas. . .

  269. Yudi berkata

    Mas PC saya restat2 ja ,
    dy tmpilannya sebatas windows setelah itu balek lagi
    gmana tu mas
    mohon bantuannya donk!!

  270. lendaur berkata

    Numpang komen gan…..

    ●๋•αѕѕαŁαмυ’αŁαιкυм..●๋•

    Komentar² berisi prtanyaan đαяι mulai thn 2007 smp 2012 (agan adminya ќэмαηα ya?) hehehehe.
    Mata smp jereng bacanya, akan tetapi ĝαќ nemu 1pun penanya γαηĝ pnya problem šαмα dg inyonk…..

    1. Kasus pertama:

    Ini spek pc inyonk
    Mobo P4v8x-x
    proc 2.4GB intel p4
    Memori DDR 2×512 (ada 3slot)
    Vga jifors 256Mb FX5500
    Hdd ata 60GB
    Smuanya lancar jaya udah 2tahun (lbih sih kyknya) smp ktika inyong мαυ nambh memory jadi 3buah 3×512 (sblumnya cma 2bh) Baru đιšιηι muncul masalah……..
    Kompi šαмα skali ĝαќ bisa buting…..
    Smpt kepikiran ќαŁαυ slot memori no3 γαηĝ bermasalah lantas inyong copot memori γαηĝ dislot №: 3 tsb, sth dilepas PC kmbali normal spt dugaane inyonk, kesimpulanya slot memori №: 3 γαηĝ brmasalah, lantas inyong penasaran, masa sih slotnya γαηĝ rusak? Sdangkan ќαŁαυ memori γαηĝ rusak lbih ĝαќ mungkin lagi cos baru.
    Iseng² berhadiah inyonk pasangin memory di slot №: 3 & №: 2 eh……lancar dan tentu pke “jaya” :D giraaaang bgt….. PC sgr inyong sutdaoen kan?
    Dlm hatine nyonk brarti вιšα nih inyong pasang memori 3,3nya…… :)

    Stlh inyong pasang memori 3×512 ternyata modar lgi …… Trus dicabut satu memorinya γαηĝ dislot №: 3
    Kembali lancar…… ќηρ ini kok вιšα begini yak????

    2. Mobo P4v8x-x kan ada port buat sata, kira² (ќαŁαυ вιšα si jngan kira² ya) вιšα gak ќαŁαυ dipasangin/kombain antra SATA + ATA baik HDD maupun DVD rom?

    Mudah²an dng kterangan panjang x lebar diatas para master вιšα menolong sesama… :D 【✖サⅰ..サⅰ..サⅰ..✖】=))

    Tenkgyu bifor
    _____________________________________________

    Skdr Berbagi pengalaman.
    Temen inyonk PC’nya matot, ĝαќ ada tanda² kehidupan, γαηĝ ada hanya terdengar suara berdenging, itupun sngt pelan…..
    Sang monitor teriak “no signal”
    Lantas semua hadwer inyong lepas & diriinstal,sambil berharap masalah hanya listrik statis….. hasilnya NOL pke besar….!
    Ksimpulan PS nih γαηĝ modar, trus inyong cabut PS tsb đαяι mobo trus inyonk hidupin (bagi γαηĝ belum tau Cara Cek PS tinggal agan short pin hijau ke pin hitam/ground trus Colokin kabel PS ke stop kontak) ternyata PS normal!
    Kmudian PC tsbt inyong bwa kerumah inyonk barang kali listrik ditempat tman inyong tdi terlalu rendah. Мαυ ngukur tegangan AC gak bawa multitester ditambah itu PC cma pke stabilizer ala kadarnya (dmi tidak mengatakan jelek, takutnya temen inyonk baca ini :D 【✖サⅰ..サⅰ..サⅰ..✖】=)) )

    Stlh sampai rumah, ternyata mmg bnar, llistrik yang teganganya dibwah toleransi γαηĝ jdi Sumber penyakit!
    PC вιšα hidup walau gak вιšα buting, hnya вιšα masuk Bios. tpi ada tanda khidupan (ا لْحَمْدُ الِلّهِ )
    Obatnya direpair windowsnya gan….. ќηρ repair? Cos inyong jujur aja males nginstal lgi apikasi ² γαηĝ sdah ada sblumnya, keuntungan repair adalah seluruh data γαηĝ di C Aman terkendali (berikut file γαηĝ terinfeksi virus tentunya:p).
    Stlh proses repair selesai, PC sehat kembali.
    Saran inyonk biar agan/aganwati ĝαќ ngalamin ksus ini ya pke stabilizer γαηĝ servo motor, biasanya merek matsuna** harga skitar 200rban.
    CMIIW ya maklum nyubi

    Jangan pelit ќαŁαυ punya tips berdasarkan pengalaman,
    Indahnya berbagi
    ミ★ωαѕѕαŁαмυ’αŁαιкυм★彡

  271. Daniel Wu berkata

    mas bisa tanya ?
    waktu saya mau pasang vga ATI RADEON ke komputer saya,,kenapa kok gak muncul tampilan,.?
    kemudian serta di lepas VGA nya,,lalu pasang di VGA board,,,kok ada tampilannya,..
    minta penjelasan dari situ mas,.

  272. mav mas sya mw tnya.
    sya pnya komp asus p5p800s.
    klw sya hidup kan ada bcaan.
    “chasis intrude”
    “fatal error”
    “cmos setting wrong”
    dan komp gk bsa diapa2in lg mas.
    tuh gmna ya mas cra memperbaiki nya .????
    tolong bantuan nya ya mas.

  273. dian berkata

    mohon bantuan dan tip pemecahanya..

    masalah:pertama komputer setelah dinyalakan tiba2 tampilan dilayar ga jelas rusak acak2an.dan juga macet…lalu di instal ulang ,tapi tetep terjadi…
    lama2 terjadi masalah selanjutnya yaitu mati sendiri setiap di hidupkan 5 menit…dan sekarang malah mati total,klo di hidupin powernya cuma muncul suara tit tit…tit tit..tit tit…terus berulang2..gabisa nyala…

    tolong bantuanya siapa yg bisa memecahkan masalah saya..mohon bantuannya..

  274. purnosidi berkata

    kenapa vga nvidia di linux ga bisa normal seperti pakai windows yah

  275. Lanang berkata

    motherboard saya p4s-la
    bisa nyala tapi tidakl terdeteksi oleh monitor
    apanya yang rusak yah…….

  276. Lanang berkata

    satunya lagi hp invent indiana supply untuk batry cmos rusak…jadi kalo abis mati lampu ato abis lepas jeck listrik cukup repot booting……. bisa dioprek gak sih suplply ke batry cmos….

  277. gejala sama seperti yang disebutkan..
    kondisi lainnya : lampu indikator Hard Disk saya nyala tanpa berkedip (klo di pasang ATA) tapi klo dipasaang SATA, gak nyala sama sekali, ada pencerahan?

  278. Hosni Somi berkata

    somi hosni

    pas waktu start,,, end masuk bios,,,, tapi ada pesan “cpu fan error””
    dan trus perintah F1 untuk lanjut ke windows..
    trus fan untuk prosessor saya ganti baru,, tapi tetap masih ada cpu fan error,,,

    mohon petunjuknya…..

    makasih….

  279. darwis berkata

    bang, saya mau tanya ?
    kok sound saya untuk asus p5pe- vm kok gak keditek ya…?
    pada hal saya sudah donwload sound nya sesuai dengan nomor dan seri yang di minta, tapi kok gak bisa….?
    malah yang keluar perintah error
    tolong ya bang

  280. ilyas berkata

    salam kenal mas.. saya punya mobo asus P5G41T-M LX3 baru tiga bulan saya pakai udah tidak bisa nyala lagi alias dilayar monitor tidak tampil tapi kipas prosescor ada jalan mohon pencerahannya trims. by. ilyas…

  281. mrs.m berkata

    salam kenal mas,saya punya Notebook DELL sekarang lg bermasalah juga pada maotherboard nya ,Nb saya tidak bisa lg bisa menerima arus,ketika baterai habis,
    bagaimana solusi nya mas??
    diperkirakan biaya perbaikan nya 1,5 juta :(

  282. Sutra berkata

    Mas mobo saya setelah saya ganti elconya kok malah ga bisa nyala sama sekali, bahkan kipas prosesornya aja ngga mau muter padahal lampu led mobo nya nyala???

  283. Yoga Agustawan berkata

    saya pasang warnet pake pc build up hp..pertama hidup bunyi beep terus menerus dah lampu indikatornya menyala merah..apa kira2 masalahnya ini

  284. Yoga Agustawan berkata

    diari-teknisi.blogspot.com

  285. Adju Santos berkata

    Motherboard P45S33 : Udah keluar tmpilannya tpi gk ada respon/ lanjut

  286. Presly berkata berkata

    computer saya terkadang bisa hidup terkadang sulit untuk di hidupakan(mati) saat tindis power tidak mau hidup,,hanya lampu keybord yg menyalah,..tetapi terkadang seperti normal,ketika tindis power komputer hidup normal dan bisa pake hingga ber jam2….di saat computer di matikan hingga berjam2,,ketika mau di hidupkan lagi sulit untuk di hidupkan,hanya lampu keybord yg menyalah,,lampu led,fan tidak hidup…ketika di diamin sebentar dalam kondis power sudah di tindis sebelumnya computer hidup dengan sendirinya.dan bisa pakai secara normal hingga ber jam2,tetapi juga memang tidak bisa hidup,…binggung nihh,,padahal saya sudah ganti powersuplay,kipas pendingin prosesor,batrey cmos,…

  287. Presly berkata berkata

    computer saya terkadang bisa hidup terkadang sulit untuk di hidupakan(mati) saat tindis power tidak mau hidup,,hanya lampu keybord yg menyalah,..tetapi terkadang seperti normal,ketika tindis power komputer hidup normal dan bisa pake hingga ber jam2,terkadang jugacomputer mati mendadak,ketika coba dihidukan lagi computer tidak hidup,nanti menunggu berjam2 baru ketika di hidupkan computer bisa hidup dan di saat computer di matikan hingga berjam2,,ketika mau di hidupkan lagi sulit untuk di hidupkan,hanya lampu keybord yg menyalah,,lampu led,fan tidak hidup…ketika di diamin sebentar dalam kondis power sudah di tindis sebelumnya computer hidup dengan sendirinya.dan bisa pakai secara normal hingga ber jam2,tetapi juga memang tidak bisa hidup,…binggung nihh,,padahal saya sudah ganti powersuplay,hardisk,casing,kipas pendingin prosesor,batrey cmos,…bantu doangggg,,,,,,??help me..???

  288. Marudut berkata

    wahhh…..Sangat bermanfaat semua komentnya…..:)

    Sebelumnya aq punya komputer gan,,saya cuman iseng2 aja membersihkan cpunya karna banyak debu,, batre cmos dan kabelnya smua aq cabut. setelah selesai aq bersihkanaq pasang kembali , dan saya hidupkan kembali, jadi gk tampil tapi cpunya hidup. Aq cek lagi cpunya ternyata pemasangan batre cmosnya terbalik, saya balekkan lagi sperti semula gk mau lagi tampil, tapi cpunya hidup sperti normal.
    nah pertanyaanya ialah : Kira kira Apanya yang rusak kalau pemasangan batre cmosnya ter balik.dan pada apa saja pengaruhnya ??
    Trimakasih,,,:)
    di tunggu jawabannya…Ke @mail: gfahriendi@yahoo.co.id
    SALAM SUKSES

  289. jack berkata

    gan mau tanya ni .. laptop aq mati tapi klo pin 4 kaki yg 12 volt di cabut trus di on , baru bisa jalan di liat dari brputarnya fan … krusakan nya dmna ?…

  290. riski ananda berkata

    Laptop saya axioo,klw dihidupkan dia hidup,tapi pas ada tulisan starting windows dia mati tapi hidup lagi,ada bunyi seperti alarm juga.kira2 apa yang rusak

  291. fajar berkata

    Mas, mau tanya masalah mobo biostar TA790GXE +128M lampu indikator error D1 dan D2 off dan 4 led indikator phase on, trus ga ada suara speaker beep, monitor off. semua komponen PSU, ProC, Memori, Hdd bagus sudah saya coba di mobo biostar TA690G bekerja normal. Kira2 masalahnya apa ya mas? saya dah coba reset bios atau hardreset bahkan dah coba cabut pasang bios hasilnya sama.

  292. Farizz berkata

    Gan permisi tumpang tanya ini saya ada problem sdikit…
    Pc saya jadi tiba berat akan program tetapi saya gk buka program 1 pun nah pas saya cek task manager trnyata ada “Svchost.exe dari system semuanya cpu ke pake kesana ampe 99 saya coba end process beberapa kali pun gk bisa mala ada tulisan “the operation could not complete”…
    Itu gmana ya solusinya?? Saya juga sempet instal ulang…

  293. robinson berkata

    Kami mampu memberikan pinjaman bertindak tingkat murah untuk
    individu dan
    anggota masyarakat yang membutuhkan dana untuk menyelesaikan tagihan, kami
    menawarkan
    pinjaman yang cukup besar yang dapat Anda andalkan. Untuk pinjaman Anda
    aplikasi
    email kami melalui gmail. Janesmithrobinson@gmail.com
    Tertarik pelamar peminjam mengisi formulir di bawah ini
    INFORMASI PEMINJAM *
    * Nama lengkap: ………………….
    * SEX * ………………………..
    * Negara ……………………..
    * Negara: ……………………….
    * Tanah: …………………………
    * Nomor telepon: ………….
    * Telefon: ……………………..
    * Jumlah yang dibutuhkan sebagai pinjaman: ……….
    * Jangka waktu Pinjaman: ………………
    * Pendapatan Tahunan: ………………
    * Garansi: …………….. .
    * Pembayaran: bulanan atau tahunan
    Terima kasih dan Tuhan memberkati
    Salam
    mr robinson

  294. Saya Suka Blog Ini…….Bermanfaat……

  295. mas.. capasitor hamil di MB aku ukuran 820uf-6.3v bs gak di ganti ama ukuran yg lain?? fungsinya apa aja di MB itu capasitor itu ?? mohon kasih referensi fungsi capasitor di MB… m1513ah@yahoo.com

  296. eko berkata

    gan meh tanya cpu booting awal normal.. tp setelah masuk desktop dan saya shutdown.. kipas power supply dan kipas prosesor tetep berputar,, solusinya bgmana gan tthanx….

  297. eko berkata

    please.. help me

    • Joko Nugroho berkata

      kelihatannya error pada mobo gan, coba reset mobonya, bisa dengan melakukan clear cmos + lepas batery selama 5 menit lalu pasang kembali dan hidupkan insya Allah beres, kalau masih belum bisa kemungkinan error pada bios yang nggak bisa menerima perintah dari bos nya hehehe, bercanda gan….kalau udah begitu terus ada solusi yang agak extrime, begini coba lepas mobo dari casing – lepas batery – lakukan jumper clear cmos lalu rendam dengan air yang sudah di campur detergen dan sikat mobo secara perlahan menggunakan kuas / sikat gigi bekas setelah bersih biarkan selama 15 menit lalu angkat dan ganti rendam di air bersih selama 2 jam, setelah tercapai 2 jam jemur mobo di terik matahari dan jangan sampai kena hujan, sori akhir2 ini kan musim hujan hehehe…penjemuran harus di lakukan paling lama 2 – 3 hari untuk menghindari lembab pada mobo / kalau mau cepat setelah di jemur 1 hari lalu open dengan suhu 150c tapi mobo harus di bungkus menggunakan alumunium foil agar tidak rusak dan setelah kering betul baru mobo pasang kembali untuk di coba, semoga berhasil, ini pengalaman saya selama ini menjadi service computer gan. by DUTA Computer

  298. eko berkata

    Mohon pencerahannya, Mas. Komputer yang sebelumnya tidak apa-apa, keesokan harinya tidak bisa startup. Hanya lampu indikator yang biasanya hijau berubah menjadi kuning dan mengeluarkan suara mendengung. Tidak ada apa-apa pada layar. Saya mohon sarannya.

  299. Gabriel berkata

    Mas Mau Nanya, komputer saya lagi bermasalah nih.. kemaren saya beli komputer dari bekas warnet dengan processor Amd Athlon ™ II X2 255 processor (2 CPUs), ~3.10 GHz. RAM 4GB. VGA ATI Radeon 1 GB. saya gunakan untuk main Game PES 2013. Permasalahnya ketika komputer saya hidupkan tiba-tiba tampilan mati kadang nggak menyala sama sekali, tetapi CPU hidup. lampu NUmlock pun ikut mati.
    ketika saya cek Kipas power suplai masih jalan, thermalpasta pun saya ganti sama headlinknya saya bersihkan hasilnya tetap.
    kadang saya paksa untuk matikan dengan menekan tombol power trus saya hidupkan lagi kadang normal dan kadang nggak mau sama sekali.
    Jadi saya mau pencerahannya dari Mas, apa penyebabnya.
    *Power Suplai Emang keadaanya tiidak seutuh power suplai yang ada, yang nama bekas kan.. cuma masih bisa dipakai.
    Terima Kasih.

  300. akira berkata

    mas m nanya jg ni,konslet pada motherboard asus biasa apa nya yg rusak ni,mohon bantuan mas,
    terima kasih mas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 62 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: