Sebuah Catatan Kecil

We are agree that Knowledge is FREE…

Dan Jessica pun berSyahadat menerima Islam

Posted by Heri Setiawan pada November 17, 2006

Kisah MualafHari Sabtu, 14 Oktober lalu, dilakukan buka puasa dengan mengundang tetangga-tetangga non Muslim di Jamaica Muslim Center, salah satu mesjid yang saya pimpin di kota dunia ini. Acara ini kami namai “Open House Iftar”. Memang unik, karenanya asumsinya buka puasa itu adalah mengakhiri puasa yang dilakukan oleh kaum Muslimin. Tapi sore itu, justeru hadir bersama di antara lima ratusan Muslimin di Jamaica Muslim Center puluhan non Muslim dari kalangan tetangga.

Menjelang buka puasa itu saya tiba-tiba saya dikejutkan oleh seorang murid saya yang baru masuk Islam seminggu menjelang bulan puasa. Namanya Carissa Hansen. Beliau yang telah saya ceritakan proses Islamnya terakhir kali. Bersama beliau juga datang seorang gadis belia yang nampak sangat muda. Dengan jilbabnya rapih, saya menyangka dia seorang gadis Libanon atau Palestina.

Setelah menyampaikan ucapan selamat datang, gadis tersebut memperkenalkan diri dengan malu-malu. “Hi, I am Jessica”. Tentu dengan ramah saya balas sapaannya dengan “Hi, how are you? Welcome to our event!”.

Tiba-tiba saja Carissa menyelah bahwa Jessica ini ingin sekali tahu Islam. Rupanya Jessica bekerja merawat orang-orang “handicapped” (cacat) di kota New York. Dalam salah satu kelas khusus bagi orang-orang cacat inilah, Jessica bertemu dengan Carissa yang baru sekitar 2 minggu masuk islam. Carissa yang memang bersemangat itu menjelaskan kepadanya siapa dia dan Islam yang dianutnya.\

Setelah berkenalan beberapa saat saya ketahui kemudian bahwa Jessica ini berayah seorang Muslim keturunan Suriah tapi beribu Spanyol. Namun demikian, selama hidupnya belum pernah belajar Islam. Menurutnya, ayahnya memang orang Suriah tapi dia tidak pernah mengajarnya bahasa Arab (barangkali dimaksudnya Islam). Bahkan (maaf) dia menggelari ayahnya “Cassinova”, yang awalnya saya sendiri tidak tahu artinya. Ternyata dia menjelaskan bahwa “cassinova man” itu adalah seseorang yang “dating many women at the same time”. Menurut Jessica lagi, ayahnya kini sakit keras. Punya lima anak dari 5 ibu yang berbeda.

Oleh karena memang ayahnya tidak melakukan ajaran agama, apalagi mengajarkan anaknya agama Islam, Jessica sendiri merasa lebih Katolik mengikuti agama ibunya. Oleh karenanya, walaupun tidak ke gereja, dia merasa ada ikatan dengan agama Katolik ibunya.

Sore itu, setelah bertanya beberapa hal, tiba-tiba saja dia menyelah “I think this is the right religion to follow”.

Saya kemudian menjelaskan lebih detail mengenai islam dan dasar-dasar Iman. Alhamdulillah, bersamaan dengan acara buka puasa hari itu saya tuntun Jessica mengucapkan syahadah “Laa ilaaha illa Allah-Muhammadan Rasulullah” diringi pekik takbir kaum Muslimin yang sedang mencicipi buka puasa.


Beberapa hari kemudian saya tanya “did you tell your family regarding your Islam? “ Dian menjawab “not yet, but studying doing my prayer secretly”. Ketika saya tanya apakah Bapaknya juga belum tahu kalau dia Muslim? Dia mengatakan bahwa “my father does not want to know that”. Saya tanya kenapa? Dia bilang “If he knows he will be embarrassed being a Muslim but never told us about his religion”. Saya hanya mengatakan “astaghfirullah”.

Kini Jessica rajin mengikuti acara-acara ceramah atau pengajian saya. Pada hari Raya yang lalu Jessica ikut kami sekeluarga keliling silaturrahim ke berbagai rumah. Begitu senangnya hingga berkata: “I never experienced such a wonderful day”.

Jessica termasuk anak yang gagal sekolahnya. Ketika berumur 16 tahun terpaksa menikah karena hubungannya dengan seorang pemuda. Dia tidak menamatkan SMA sekalipun. Setelah menikah ternyata dia menjadi bulan-bulanan suami yang pemabuk dan bahkan pengkonsumsi narkoba. Perkawinan itupun tidak berumur panjang. Sejak itu pula, ayah Jessica mengalami penyakit jantung kronis dan kesehatannya semakin menurun. Maka dengan sendirinya hanya ibunyalah yang mencari nafkah memenuhi kebutuhan keluarga. Inilah yang mendorong Jessica kemudian untuk bekerja membantu sang ibu.

Kini Jessica bertekad untuk kembali belajar dan bercita-cita untuk menjadi perawat. Alasannya karena dia senang membantu orang lain. Dua hari lalu Jessica menelpon saya memberitahu bahwa dia berjuang untuk shalat di rumahnya. “I feel it’s not clean, and my brother is laughing at me when he sees me doing it”. Saya terkejut karena saya kira Islamnya masih dirahasiakan. Ternyata menurutnya, semua sudah tahu kecuali ayahnya. Dia masih sungkan memberi tahu ayahnya karena menurutnya jangan sampai tersinggung sedangkan dia sekarang ini sakit keras.

Saya ingatkan Jessica “jika kamu berhasil menyadarkan ayahmu sebelum meninggal, maka itu pemberian yang paling berharga dari seorang anak kepada seorang ayahnya”. Jessica hanya tersenyum secara berucap “I hope so. Pray for me!”

Semoga Allah selalu menunjuki jalanmu Jessica!

New York, November 2, 2006, M. Syamsi Ali, Penulis, adalah imam Masjid Islamic Cultural Center of New York. yang juga penulis rubrik “Kabar Dari New York” di http://www.hidayatullah.com

Sumber:

http://mualaf.com/modules.php?name=News&file=article&sid=408

23 Tanggapan to “Dan Jessica pun berSyahadat menerima Islam”

  1. taufik said

    seorang muslim tak akan terjebak, jika di dalam hatinya nasih ada iman,ALLAH maha tahu yang tidak kita ketahui, hanya setitik udara ilmu yang diberikan-NYA kepada kita, jadi mengapa kita merasa kita lenih tahu sari orang lain

  2. anonymous said

    Subhanallah…Subhanallah… Terharu sekali sy baca kisah ini…

  3. Ninik said

    Saya sgt terkesan dengan kisah2 mualaf ini, ternyata byk orang diluar islam yg memiliki ketertarikan dgn islam jauh lebih besar dr pd orang islam sendiri.sungguh d sayangkan.semoga dengan semakin byknya muslim yg membaca kisah ini menjadikan mereka termasuk saya lebih serius belajar ttg islam dan berusaha untuk menjadi contoh di lingkungan terkecil mereka sendiri

  4. mohamedo ali said

    mudah-mudahan hal itu terjadi jg kpada orank yg paling q kasihi dan sayangi! amin ya Allah!

  5. abdul kadir djaelani said

    Karena yang bagi jessica karena allah telah memilihnya sebagai saksinya di bumi. Selamat berbahagian dengan nikmat islam dan iman, semoga dikuatkan iman dan keilmuannya.

  6. Maddison said

    You have made some really good points there. I checked on the net for more info about the issue and found most individuals will go along
    with your views on this web site.
    See this: Maddison, http://ckeditor.com/users/majusia11

  7. That is really attention-grabbing, You are an excessively skilled
    blogger. I’ve joined your rss feed and look ahead to looking for extra of your excellent post. Additionally, I’ve shared
    your web site in my social networks

  8. Hello there I am so happy I found your site, I
    really found you by mistake, while I was looking on Yahoo
    for something else, Anyhow I am here now and would just
    like to say thank you for a fantastic post and
    a all round enjoyable blog (I also love the theme/design), I don’t have time to read it
    all at the moment but I have bookmarked
    it and also included your RSS feeds, so when I have time I will be
    back to read much more, Please do keep up the great work.

  9. Ogół ludzie, których poznałeś – dosłownie wszyscy – nie
    pojawili się w tym miejscu przypadkowo. Przyszli, by
    Ciebie czegoś nauczyć. Z formuły wybieramy sobie ludzi,
    jakich mamy spotkać przed narodzinami.
    Jakkolwiek dzisiaj zagłębie się w niejaki,
    specyficzny rodzaj poznania, mianowicie: Bliskości Inkarnacyjnej.

    Podejrzewam, iż każdy ma w otoczeniu osobę, którą
    znaliśmy w poprzednich wcieleniach… Jak na przykład to odczuć?

  10. Leonida said

    You made some decent points there. I looked on the net to learn more about the issue and found most individuals will go along with your views on this website.

  11. Każdy ludzie, których poznałeś – dokładnie wszyscy – nie pojawili się w tej okolicy przypadkowo.
    Przyszli, by Cię czegoś nauczyć. Z formułki wybieramy sobie
    ludzi, których mamy spotkać przed narodzinami.
    Jednak dzisiaj zagłębie się w jedynka, specyficzny rodzaj poznania, to znaczy:
    Bliskości Inkarnacyjnej.
    Podejrzewam, że każdy ma w otoczeniu osobę, którą znaliśmy w poprzednich wcieleniach…
    Na miarę to odczuć?

  12. Robert said

    Dan Jessica pun berSyahadat menerima Islam Sebuah Catatan Kecil

  13. Gilberto said

    Right here is the right web site for anybody who wishes to find out about this topic. You understand so much its almost tough to argue with you (not that I personally would want to…HaHa). You definitely put a fresh spin on a subject that’s been written about for decades. Excellent stuff, just great!

  14. sex said

    First off I would like to say wonderful blog!
    I had a quick question that I’d like to ask if you do not mind. I was curious to find out how you center yourself and clear your mind before writing. I have had difficulty clearing my mind in getting my ideas out. I do take pleasure in writing but it just seems like the first 10 to 15 minutes are lost simply just trying to figure out how to begin. Any ideas or tips? Appreciate it!

  15. Howdy! I’m at work surfing around your blog from my new iphone
    4! Just wanted to say I love reading through your
    blog and look forward to all your posts! Carry on
    the superb work! pożyczki z komornikiem

  16. Hello i am kavin, its my first occasion to commenting anyplace, when i read this piece of writing i
    thought i could also create comment due to this brilliant piece of writing.

  17. Howdy! Do you know if they makle any plugins to assist with SEO?
    I’m trying to get my blog to rank for some targeted keywords but I’m not
    seeing very good success. If you know of any please share.
    Appreciate it!

  18. Darla said

    I blog often and I seriously thank you for your information.
    This great article has truly peaked my interest. I will take a note of your blog and keep checking for new information about once per week.
    I opted in for your RSS feed as well.

  19. Tiara said

    When I originally commented I appear to have clicked on the -Notify me when new comments are added- checkbox and now whenever a comment is added I get four emails with the same comment. There has to be an easy method you are able to remove me from that service? Cheers!

  20. Hey there! Would you mind if I share your blog with my myspace group?
    There’s a lot of folks that I think would really appreciate your content.
    Please let me know. Thanks

  21. Dɑn Jessica pun berSyahadat menerima Islazm Sebuah Catatan Kecil

  22. Get 5 Free Clash of Clans and is unable to get past.

    You have to carefully keep on clash of clans cheat tool following the instructions as well as recent mobile hit Puzzle & Dragons.
    You will not have to jailbreak for getting access to the menu of the buildings, the defense material.
    It is one of the best examples is mobile phone.

  23. Emilio said

    Hi, I loog oon to your blogs oon a regular basis. Yoour story-telling stye is
    awesome, kewep up the gookd work!

Tinggalkan komentar